Piknik Aman dan Nyaman Untuk Generasi Milenial

5 min read
0
87

Piknik dengan rasa aman dan nyaman tentu menjadi dambaan semua orang. Selain memang untuk me time atau family time, bagi sebagian orang piknik adalah upaya untuk bersosialisasi dan mencoba hal baru. Bagi generasi piknik bisa jadi sebagai kebutuhan untuk belanja konten untuk mengisi akun media sosial. Tak ayal jika kamu generasi milenial harus melakukan perencanaan dan persiapan yang matang  mulai dari kondisi tubuh, kelengkapan alat dokumentasi, hingga kendaraan.

Sebagai generasi yang social minded, generasi milenial rela merogoh kocek lebih dalam agar piknik menjadi sempurna. Peralatan dokumentasi yang canggih dengan harga mahal menjadi daftar utama yang harus dibawa. Bahkan tak sedikit yang rela memodifikasi kendaraan bermotornya untuk bisa dipasang kamera agar bisa mengambil konten selama perjalanan. Dalam tulisan ini akan membahas tips sederhana untuk mewujudkan piknik yang aman dan nyaman bagi generasi milenial.

1. Ketahui dan kenalilah rute menuju destinasi yang akan dikunjungi.

Kehadiran teknologi masa kini dapat membantmu untuk memberikan wawasan awal sebelum melakukan perjalanan. Caranya, kamu bisa membaca ulasan para trevel bloger atau wisatawan yang pernah datang ke tempat yang akan kamu tuju. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan. Apabila kita sudah mengetahui jalur dan kondisi lapangan harapannya akan menekan risiko tersesat.

2. GPS (Global Positioning System)

Meski saat ini kehadiran teknologi memberikan kemudahan dalam , tapi ada kalanya hambatan hadir dalam perjalanan seperti ponsel mati atau tidak mendapat signal. Saat Global Positioning System-mu tak dapat digunakan,  jangan pernah malu bertanya kepada penduduk lokal saat merasa kehilangan arah.

3. Gunakan kendaraan yang sesuai dengan medan.

Hindari menggunakan kendaraan matic untuk rute di pegunungan. Jangan lupa selalu memeriksa kendaraan di bengkel sebelum melakukan perjalanan jauh.

4. Siapkan peralatan dokumentasi seperlunya.

Kalau tujuanmu hanya untuk piknik, bawalah alat-alat seperlunya saja. Membawa peralatan secukupnya akan  membuat bawaanmu lebih ringan dan mudah dalam pengawasan.

5. Jangan tidur larut malam.

Tidur lebih awal sebelum melakukan perjalanan bisa membantu kamu untuk rileks. Tidur cukup dapat menghindari kantuk selama perjalanan. Harapannya, kamu tidak hanya membahayakan dirimu sendiri atau pengguna jalan lain.

6. Parkir Kendaraan pada tempat yang disediakan.

Jangan pernah meninggalkan kendaraan tanpa kunci ganda. Kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi apalagi di tempat yang tidak kita kenali.

7. Jika kehilangan kendaraan, apa yang harus kamu lakukan?

Jangan pernah panik. Saat ini Ditlantas Polda DIY telah memiliki sistem aplikasi blokir online. Aplikasi ini difungsikan sebagai bentuk perlindungan dari kepolisian terhadap keamanan hak milik kendaraan bermotor yang dimiliki oleh masyarakat.

Kamu hanya perlu datang ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu  (SPKT) baik yang berada di Polsek, Polres, Polresta, atau pun Polda. Petugas SPKT akan langsung melakukan verifikasi data kendaraan bermotormu melalui laporan online dan memprosesnya. Saat itu juga, petugas akan melakukan pemblokiran identitas kendaraan bermotormu di pangkalan data regident kendaraan bermotor. Tidak perlu menunggu lama, surat keterangan blokir bisa langsung segera dicetak.

Launching Aplikasi Blokir Online di Ditlantas Polda DIY. Dok. PoldaDIY
Genpi Jogja bersama Polda DIY
Load More Related Articles
Load More By Elizhabet Elzha
Load More In Tips Traveling