Pestanya Fotografer Pariwisata Jogja

6 min read
0
61

Sebagai kota pariwisata, Jogja menyuguhkan keindahan panorama alam dari deret pegunungan menawan, gunung berapi hingga lautan dengan bibir pantainya yang mempesona. Selain tentu saja tradisi budaya, seni, kuliner hingga keramahan masyarakatnya menjadi magnet yang kuat bagi pelancong dari berbagai daerah.

Mengabadikan moment keseruan saat berwisata tentu sebuah hal yang wajib dilakukan sebagai pelancong, dari kamera profesional hingga gawai yang selalu ada dalam setiap perjalanan.

Dokumentasi pribadi yang menyimpan kenangan, eksistensi di media sosial hingga bisa dijual sebagai produk foto menjadi berbagai keuntungan dikala mengabadikan sebuah kenangan berwisata. Salah satu yang tak bisa dilupakan adalah bahwa foto yang dihasilkan bisa membuahkan prestasi saat memenangkan sebuah kompetisi fotografi.

Lomba Foto genpi

Mewadahi sobat fotografer, Dinas Pariwisata DIY mengadakan sebuah agenda menarik bagi para penggiat lomba fotografi yang bertajuk Tourism Photograph Hunting di tahun 2022 ini dengan tema besar “Pesona Jogja”. Gelaran ini mempunyai beberapa agenda yang menjadi sebuah pesta bagi kalangan fotografer, diantaranya Kompetisi Foto Online (lewat media sosial Instagram), Workshop Fotografi, Kompetisi Foto Offline (Hunting Foto) hingga Memotret Foto Konseptual.

Dinas Pariwisata DIY melalui akun resminya Visiting Jogja mengunggah poster di Instagram sebagai awal dimulainya lomba foto online pada tanggal 8 April silam yang berlangsung hingga acara puncak pada tanggal 14 Mei 2022.

Berikut agenda Tourism Photograph Hunting 2022 :

  1. Kompetisi Foto Online (instagram) : 8 April – 8 Mei 2022
  2. Workshop Fotografi : 13 Mei 2022
  3. Kompetisi Foto Offline (Hunting Foto) : 13 – 14 Mei 2022
  4. Hunting Foto Konseptual : 14 Mei 2022

Dalam kompetisi foto baik secara Online maupun Offline ini memperebutkan hadiah total Rp. 39.000.000,- dengan 9 pemenang setiap kategori. Berikut rincian hadiah lomba foto yang berlaku untuk 2 kategori :

Juara I                                 : 5.000.000

Juara II                                : 4.000.000

Juara III                              : 3.000.000

Juara Harapan I                : 2.000.000

Juara Harapan II               : 1.500.000

Juara Harapan III              : 1.000.000

Dan 3 foto favorit mendapatkan masing-masing 1.000.000

 

Sementara untuk Wokshop Fotografi, Dinas Pariwisata DIY akan menggandeng fotografer yang berkompetensi di masing-masing bidang dengan mengangkat 3 tema yakni :

  • MEMOTRET PERTUNJUKAN/EVENT
  • Oleh : Misbachul Munir – Profesional Photographer
  • TOURISM PHOTO STORY
  • Oleh : Angger Timur – Creative Storyteller
  • MELIHAT LEBIH DEKAT PARIWISATA JOGJA
  • Oleh : Singgih Raharjo – Kepala Dinas Pariwisata DIY

Lomba Foto Genpi

Ketua panitia Tourism Photograph Hunting 2022, Benny Sapti (Bidang Pemasaran Dispar DIY) menyampaikan bahwa workshop yang akan berlangsung 13 Mei 2022 mendatang dilaksanakan di Ballroom Hotel Alana Yogyakarta, yang rencananya akan berlansung dari jam 8.00 – 11.30 WIB.

Menurutnya, tema yang diambil dalam workshop ini akan bermanfaat bagi fotografer, penggiat event atau kegiatan dan para pelancong yang suka mengabadikan perjalanannya lewat foto dan merangkainya menjadi sebuah cerita yang menarik. Secara umum tujuannya adalah mengembangkan potensi wisata Jogja lebih apik dari segi konten dan penyelenggaraannya.

Acara puncak Tourism Photograph Hunting ini akan diselenggarakan di Taman Tebing Breksi pada 14 Mei 2022 mendatang dengan berbagai kegiatan seperti Pameran Fotografi, Hunting Foto Konseptual, Penyerahan Hadiah Pemenang Loma Foto dan Peresmian Komunitas Foto “Fotografi Pariwisata” atau FOSTA oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo.

Dalam pernyataannya, Singgih Raharjo berharap agenda fotografi ini akan dilaksanakan secara rutin tahunan guna mempromosikan pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta, karena konten foto juga merupakan strategi efektif untuk memancing wisatawan berkunjung ke Jogja.

Thomas Chris selaku Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga Ketua Umum Genpi Jogja menyatakan akan berkontribusi secara totalitas karena agenda ini menjadi pesta para fotografer untuk melampiaskan hasrat berkompetisi yang selama ini telah dirindukan kehadirannya oleh karena halangan pandemi Covid-19.

Dukungan dari berbagai kalangan seperti Canon Indonesia, Gudang Digital Camera, Genpi Jogja, Lowo Ijo dan Askara Nalini Films tentu akan memberi kontribusi yang menguntungkan bagi pelaksanaan kegiatan pesat fotografi di Jogja ini.

 

Load More Related Articles
Load More By Kazebara
Load More In Event