Home Tips Persiapan Traveling Seru Di Musim Hujan

Persiapan Traveling Seru Di Musim Hujan

8 menit waktu baca
22
https://www.instagram.com/p/BrDNLL9FhAm/?utm_source=ig_web_copy_link

Berbagai tempat wisata di Indonesia biasanya ramai ketika pertengahan tahun. Hal ini karena sebagian besar wisatawan memilih menunggu hingga musim kemarau untuk berpergian. Padahal jalan-jalan saat musim hujan seperti sekarang tidak kalah menyenangkan. Rumput dan pepohonan sedang hijau-hijaunya. Panasnya matahari pun tak terlalu menyengat di kulit. Coba siapkan ini, agar liburanmu tak terhalang meski hujan:

  • Amankan Barang Bawaan
Ilustrasi Kamera

Berpergian di waktu hujan bukan hanya badan yang harus diperhatikan, jangan lupakan barang bawaan. Apa lagi benda-benda elektronik seperti telepon genggam, kamera, dan kabel-kabel pengisi daya yang rawan bila berhadapan dengan hujan. Siapkan tas atau wadah kedap air untuk melindungi gawai kesayanganmu. Begitu juga dengan dokumen penting seperti kartu identitas dan tiket. Khusus kamera, ada tips lain di sini yang bisa diikuti agar umurnya panjang umur.

  • Selipkan Baju Ganti

Meski kini prediksi hujan sudah dengan mudah didapatkan lewat ponsel pintar, alam selalu punya misterinya sendiri. Bukan tidak mungkin ketika kamu sedang asyik berwisata di luaran, hujan tiba-tiba saja menyambangi. Tak perlu buru-buru mencari tempat teduh bila tak membawa apapun. Nikmati lah seperti saat kecil dulu. Kamu cukup membawa satu stel baju ganti yang dikemas aman sepanjang perjalanan. Pastikan baju yang dipilih berbahan ringan dan mudah dilipat sehingga tak perlu memakan banyak tempat. Jadi sewaktu-waktu kehujanan di jalan, kamu tak perlu memakan waktu untuk pulang dan berganti pakaian.

  • Hubungi Teman Lokal

Sebelum mengunjungi suatu daerah baik di musim hujan ataupun tidak, usahakan perluas jariangan pertemanan. Punya banyak teman akan membantumu mendapatkan rekomendasi terbaru yang jarang wisatawan lain punya. Pada musim hujan, teman-teman yang tinggal di tujuanmu berlibur bisa membantumu dengan memberikan informasi pola cuaca di sana. Mereka juga yang paling tau medan apakah tempat yang mau kamu tuju aman untuk dikunjugi ataupun tidak. Jadi meski mereka tak bisa selalu menemani saat kamu berlibur, mereka sudah membantu memastikan renana perjalananmu aman dan nyaman.

  • Berolahraga

Hal lain yang tak kalah penting sebelum liburan di musim hujan adalah kesehatan badan. Angin dan hujan yang tak menentu bisa saja membawa banyak virus dan bakteri yang bisa menyerang di perjalanan. Olahraga dapat membantu kamu menjaga stamina badan dan menggerakkan otot-otot yang selama ini kurang pemanasan. Kamu bisa jogging sekitar lingkungan rumah, bersepeda, atau melakukan senam kecil yang tak membutuhkan banyak persyaratan. Tambahkan juga dengan makan makanan yang kaya akan protein dan serat agar kamu tak mudah mengalami masalah kesehatan selama liburan. Ayo jangan malas bergerak, agar liburanmu tetap menyenangkan!

  • Catat Tempat Wisata Cadangan
View this post on Instagram

. . Membaca Lontar, Membaca Keabadian. . Menulis di atas daun Tal, sudah dilakukan sebelum abad ke-7 oleh para raja atau orang-orang terpelajar. Hasil dari tradisi menulis tersebutlah yang kita sebut sebagai "Lontar". . Tradisi lontar menghasilkan ribuan koleksi naskah yang bisa ditemukan di Jawa, hingga Nusa Tenggara. . Topik yang ditulis di dalam lontar sangat beragam, mulai dari agama, instruksi, sejarah, hingga puisi. Berdasar jenis aksaranya, terdapat Lontar Jawa dan Lontar Bali. . Ada beberapa kelompok masyarakat yang hingga hari ini masih melestarikan budaya membaca lontar. Masyarakat Desa Kemiren di Banyuwangi dan Masyarakat Adat Bayan di Lombok membaca lontar pada saat acara-acara tertentu. Sedangkan di Bali, tradisi ini bukan hanya membaca tetapi juga menyalin naskah-naskah penting agar tetap abadi. . Proses pembuatan hingga tradisi membaca lontar kemarin Selasa, 15 Mei 2018, dipaparkan pada kegiatan "Membaca Lontar Kuna". . Acara apik ini digagas oleh Museum @sonobudoyo menghadirkan Sanusi Lanus, seorang pelestari dan praktisi lontar dari Bali. Ada pula Fajar Wijanarko @widjanarkofajar selaku filolog dari Museum Sonobudoyo. . Museum Sonobudoyo sendiri memiliki 200 koleksi lontar yang berasal dari Jawa dan Bali. Koleksi ini mulai dikumpulkan sejak tahun 1919 oleh Java Institut. . Lontar-lontar ini berada di ruang pamer dan perpustakaan menunggu untuk kita baca, kita kaji dan kita lestarikan. . Mempelajari lontar kuno juga membuktikan kepada generasi kita bahwa menulis adalah bekerja untuk keabadian. Inilah warisan adiluhung leluhur kita untuk peradaban. . . Liputan @rizkaitaa (Genpi Jogja) . . #genpi #GenPIJogja #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #JogjaTiadaLain

A post shared by GenPI Jogja (@genpijogja) on

Berwisata di kala hujan, terlebih jika tujuanmu adalah wisata alam memang memiliki berbagai tantangan. Bila sudah bertanya jauh-jauh hari kepada orang lokal dan dipastikan aman, ketika kamu datang bisa jadi kondisinya berubah. Maka, siapkan alternatif tempat lain dalam itinerary mu. Tempat-tempat di dalam ruangan seperti museum dan kafe-kafe kini sudah semakin beragam dan menyenangkan kok. Kalau kamu berlibur ke Jogja, ada banyak referensi kafe dan museum yang bisa kamu kunjungi.

Muat Lagi Dari rizkaita
Muat Lebih Banyak Di Tips