Home Tips Persiapan Traveling Seru Di Musim Hujan

Persiapan Traveling Seru Di Musim Hujan

5 min read
0
0
60

Berbagai tempat wisata di Indonesia biasanya ramai ketika pertengahan tahun. Hal ini karena sebagian besar wisatawan memilih menunggu hingga musim kemarau untuk berpergian. Padahal jalan-jalan saat musim hujan seperti sekarang tidak kalah menyenangkan. Rumput dan pepohonan sedang hijau-hijaunya. Panasnya matahari pun tak terlalu menyengat di kulit. Coba siapkan ini, agar liburanmu tak terhalang meski hujan:

  • Amankan Barang Bawaan

Berpergian di waktu hujan bukan hanya badan yang harus diperhatikan, jangan lupakan barang bawaan. Apa lagi benda-benda elektronik seperti telepon genggam, kamera, dan kabel-kabel pengisi daya yang rawan bila berhadapan dengan hujan. Siapkan tas atau wadah kedap air untuk melindungi gawai kesayanganmu. Begitu juga dengan dokumen penting seperti kartu identitas dan tiket. Khusus kamera, ada tips lain di sini yang bisa diikuti agar umurnya panjang umur.

  • Selipkan Baju Ganti

Meski kini prediksi hujan sudah dengan mudah didapatkan lewat ponsel pintar, alam selalu punya misterinya sendiri. Bukan tidak mungkin ketika kamu sedang asyik berwisata di luaran, hujan tiba-tiba saja menyambangi. Tak perlu buru-buru mencari tempat teduh bila tak membawa apapun. Nikmati lah seperti saat kecil dulu. Kamu cukup membawa satu stel baju ganti yang dikemas aman sepanjang perjalanan. Pastikan baju yang dipilih berbahan ringan dan mudah dilipat sehingga tak perlu memakan banyak tempat. Jadi sewaktu-waktu kehujanan di jalan, kamu tak perlu memakan waktu untuk pulang dan berganti pakaian.

  • Hubungi Teman Lokal

Sebelum mengunjungi suatu daerah baik di musim hujan ataupun tidak, usahakan perluas jariangan pertemanan. Punya banyak teman akan membantumu mendapatkan rekomendasi terbaru yang jarang wisatawan lain punya. Pada musim hujan, teman-teman yang tinggal di tujuanmu berlibur bisa membantumu dengan memberikan informasi pola cuaca di sana. Mereka juga yang paling tau medan apakah tempat yang mau kamu tuju aman untuk dikunjugi ataupun tidak. Jadi meski mereka tak bisa selalu menemani saat kamu berlibur, mereka sudah membantu memastikan renana perjalananmu aman dan nyaman.

  • Berolahraga

Hal lain yang tak kalah penting sebelum liburan di musim hujan adalah kesehatan badan. Angin dan hujan yang tak menentu bisa saja membawa banyak virus dan bakteri yang bisa menyerang di perjalanan. Olahraga dapat membantu kamu menjaga stamina badan dan menggerakkan otot-otot yang selama ini kurang pemanasan. Kamu bisa jogging sekitar lingkungan rumah, bersepeda, atau melakukan senam kecil yang tak membutuhkan banyak persyaratan. Tambahkan juga dengan makan makanan yang kaya akan protein dan serat agar kamu tak mudah mengalami masalah kesehatan selama liburan. Ayo jangan malas bergerak, agar liburanmu tetap menyenangkan!

  • Catat Tempat Wisata Cadangan

Berwisata di kala hujan, terlebih jika tujuanmu adalah wisata alam memang memiliki berbagai tantangan. Bila sudah bertanya jauh-jauh hari kepada orang lokal dan dipastikan aman, ketika kamu datang bisa jadi kondisinya berubah. Maka, siapkan alternatif tempat lain dalam itinerary mu. Tempat-tempat di dalam ruangan seperti museum dan kafe-kafe kini sudah semakin beragam dan menyenangkan kok. Kalau kamu berlibur ke Jogja, ada banyak referensi kafe dan museum yang bisa kamu kunjungi.

Baca juga artikel menarik lainnya Rizka Ita.

Load More Related Articles
Load More By Rizka Ita
Load More In Tips