Peringati Ulang Tahun ke-75 HB X, Kraton Jogja gelar Pameran Bojakrama

6 min read
1
68

genpijogja.com –  Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat gelar rangkaian kegiatan untuk memperingati 32 Tahun bertahta sekaligus Ulang Tahun ke-75 Sri Sultan Hamengku Buwono X. Rangkaian kegiatan peringatan ini dimulai sejak tanggal 2 April 2021 yang bertepatan dengan Hari Ulang tahun Sri Sultan Hamengku Buwono X. Rangkaian kegiatan ini terdiri dari Pementasan dan Pameran Temporer Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta. Pameran Temporer Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta dibuka mulai tanggal 2 April hingga 27 Juni 2021 mendatang. Hal ini disampaikan langsung oleh Gusti Bendara, selaku Penghageng Kawedanan Hageng Punokawan Nitya Budaya pada press conference Jumat (2/4) di Keraton Yogyakarta.

Pameran BOJAKRAMA: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta

“Tahun ini seperti tahun sebelumnya ada pameran temporer. Pameran kali ini mengangkat tema jamuan kenegaraan Keraton Yogyakarta, yang menampilkan mulai dari sejarah, alat makan dan budaya makan di Keraton itu sendiri”, jelas Gusti Bendara.

Pameran Temporer Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta menyuguhkan berbagai tradisi jamuan di Yogyakarta sejak masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I (1755-1792) dan perkembangannya hingga saat ini. Tradisi ini semakin berkembang pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono VIII yang banyak memadukan gaya khas Yogyakarta dengan budaya barat. Salah satu yang khas yakni munculnya Rijsttafel, sajian nasi dan berbagai lauk pauknya lengkap tersedia di satu meja besar.

60 set koleksi yang ditampilkan kepada publik, merupakan peralatan makan & minum yang terbuat dari perak, porselin hingga kristal koleksi Keraton Yogyakarta. Tak hanya itu, Pameran Temporer Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta juga menghadirkan cerita mengenai perjamuan kenegaraan lengkap dengan foto-foto dan ilustrasinya.

Pameran BOJAKRAMA: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta

Pameran Temporer Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta diawali dengan pembukaan yang disiarkan melalui kanal Youtube Keraton Yogyakarta pada Jumat (2/4) pukul 18.30 WIB. Pada pembukaan Pameran Temporer Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta juga ditampilkan Beksan Kuda Gadhingan yang disiarkan secara premier.

Pameran Temporer Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta ini dapat dikunjungi dengan menaati protokol kesehatan yang ada. Tempat yang digunakan tak hanya satu bangsal melainkan ada dua bangsal yang dipakai, yakni Bangsal Srimanganti dan Bangsal Patehan. Pengunjung juga bisa melihat bahwa di Bangsal Manis sering diadakan jamuan kenegaraan dengan berbagai menu ala barat yang diikuti beragam seni pertunjukan yang menjadi bagian dari ritual jamuan Keraton Yogyakarta. Banyak hal yang bisa pengunjung dapatkan saat berunjung ke dalam Pameran Temporer Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta. Semuanya dikemas secara menarik mulai dari asal bahan baku, masuk ke dapur hingga diletakkan diatas meja makan. 

Pameran BOJAKRAMA: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta

Fajar Widjanarko, selaku Kurator Pameran Temporer Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta menjelaskan bagaimana manajemen dapur dimasa lampau serta berbagai pasokan makanan yang masuk ke dalam Keraton Yogyakarta. “Dapur diatur sedemikian rupa, pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono IX tiap istri mengantarkan makanan buatannya masing-masing kepada Sri Sultan yang kemudian akan diambil semuanya dalam satu piring besar. Nah, tiap masakan istri Sri Sultan ini memiliki kekhasannya masing-masing”, jelas Fajar.

Pameran Temporer Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta juga menghadirkan berbagai kegiatan edukasi, seperti sudut kurator yang mengenalkan berbagai koleksi perlengkapan makan dan minum secara daring. Tak hanya itu, masih ada serangkaian kegiatan seperti Virtual Tour, Workshop Minum Teh dan pentas Musikan Mandalasana yang akan meramaikan peringatan bertahtanya Sri Sultan Hamengku Buwono X tahun ini.

Untuk dapat berkeliling Pameran Temporer Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta, pengunjung cukup membayar Rp 20.000 sebagai tiket masuk. Pameran Temporer Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta buka mulai pukul 08.00 sampai pukul 14.00 WIB. Namun, selama bulan Ramadhan, Pameran Temporer Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta hanya akan buka di hari Jumat – Minggu pukul 11.00 – 17.00 WIB. Untuk kamu penggemar kuliner, Pameran Temporer Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta wajib masuk wishlist kunjungan.

Load More Related Articles
Load More By Pras Chandrawardhana
Load More In Event