Home Tips Pengen jadi Vlogger? 5 Tips Ini Bakal Bikin Vlog Kamu Makin Kece

Pengen jadi Vlogger? 5 Tips Ini Bakal Bikin Vlog Kamu Makin Kece

7 menit waktu baca
26

Kawans, jumpa lagi kitaaah. Artikel kali ini kita bakal melanjutkan ngobrol tentang video. Bagi yang baru bergabung, kamu bisa baca tulisan mas Jalu di artikel sebelumnya. Ini klik di sini.

Kalau sebelumnya kita sudah ngobrol soal awal mula videografi, peralatan dan berbagai kebutuhan yang menyangkut keterlibatan videografi. Artikel kali ini kita akan membahas sedikit lebih mendalam tentang menggunakan video dalam berbagai kebutuhan dan sekaligus membahas teknik, tips dan trick-nya.

Kawan pernah ga mencermati berbagai video yang tertayang di televisi, media sosial, perfilman, dokumenter dsb? Apa yang membuat beda? Apa pula kesamaannya?

Sebuah video dihasilkan dengan banyak sekali tujuan, dari tujuan itu baru bisa dipetakan beberapa hal sebelum pembuatan konten video tersebut. Yuk kita perhatikan satu-persatu.

VLOG (Video Blog)

Buat apa sih Vlog? Gaya-gayaan? Eksistensi? Apapun itu yang pasti dari sebuah vlog, kalian bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Butuh proses panjang untuk menjadikan vlog menghasilkan uang. Salah satu cara yang bisa ditempuh di awal adalah teknik membuat vlog yang baik dan mengikuti perkembangan tren.

Vlog bisa berisi tutorial, pengenalan & review produk, dokumentasi pribadi hingga digunakan untuk periklanan. Nge-vlog itu bisa dibilang gampang, namun jika berencana membuat vlog yang baik dan enak ditonton harus banyak aspek yang diperhatikan.

Banyak sekali vlog yang asal-asalan, namun terkenal hanya karena konyol. Kalau ga percaya, kamu nonton vlog yang satu ini.

Secara visual, video tersebut sangat buruk. Shake -nya membuat pusing yang menonton. Meski demikian, vlog tersebut berhasil membuat si dia terkenal karena bahasa konyolnya. Ini contoh vlog yang menghibur.

Berbeda dengan vlog yang memang arah dan tujuannya jelas, semisal :

  1. Daily Vlog (Vlog keseharian artis, baik artis youtube maupun artis beneran hahaha)
  2. Travel Vlog (vlog tentang traveling ke suatu destinasi wisata)
  3. Food Vlog (vlog membahas berbagai makanan dari berbagai asal)
  4. Lifestyle Vlog (vlog tentang tren yang sedang naik daun)
  5. Tutorial Vlog (vlog berisi berbagai tutorial)

Berikut ini, mas Jalu berikan beberapa contoh vlog yang punya perencanaan baik dan punya tujuan khusus:

Ga hanya satu, nih mas Jalu kasih contoh vlog lainnya.

Apa yang bisa dipelajari dari vlog diatas?

Kesan Natural

Dalam vlog, sisi natural harus dijaga untuk menonjolkan sisi ke”aku”annya. Tidak melulu video motion itu harus pakai stabilizer, justru pergerakan dinamis lebih membuat video terkesan natural. Smooth motion dengan stabilizer bisa digunakan dalam penampilan suasana jalan, kota, detail produk, dsb.

Unik

Sisi keunikan ciri-ciri vlog selalu ada, seperti saat tiba-tiba muncul, efek tulisan, dan sebagainya. Hal ini biasa dijaga oleh vlogger tetap ada dalam videonya untuk memberi kesan lucu, kekinian dan milenial banget.

Overdoses Selfie

Bahwasannya nge-vlog itu tidak harus selalu memegang kamera sendiri dan shoot ala selfie dengan terus menerus. Vlog yang melulu shoot ala selfie hanya akan membosankan penonton. Bayangkan jika videonya berdurasi 20 menit dan yang muncul hanya wajah kawan selfie dan bicara sana sini. Membosankan!

Kamera

Penggunaan kamera steady, videographer pembantu bahkan drone akan sangat memperkaya konten video lebih enak dilihat. Variasi itu penting, kawans.

Editing

Editing video seperti insert object, text, sound effect dan grading warna sangat penting untuk membuat videomu punya nilai lebih.

Dari sekian tehnik yang digunakan dalam membuat vlog, banyak sekali mengesampingkan komposisi. Hampir 90% tidak menggunakan komposisi secara teknis, karena memang demikianlah vlog yang dibuat harus terkesan “gue banget” dan “suka-suka gue, yang penting lo suka”. Sangat berbeda dengan video-video lain seperti dokumentasi/liputan acara, film/cinematic, ataupun video tutorial dan sejenisnya.

Vlog mempunyai kelas tersendiri, mempunyai penggemar tersendiri. Dan yang pasti vlog pun dibutuhkan hingga saat ini bahkan menjadi tren. Makanya tidak salah jika bapak presiden kita Joko Widodo selalu membuat vlog dalam berbagai kunjungannya ke daerah-daerah, agar generasi milenial lebih bisa menikmati dari sekedar video liputan yang terangkum secara formal dan kaku.

So, kawan siap membuat vlog? Boleh loh ke pasar Kakilangit atau destinasi digital Genpi untuk belajar membuat vlog. Kamu bisa mencoba membuat Food vlog, Travel vlog, Daily vlog, Tutorial vlog hanya dari satu tempat saja, misal pasar Kakilangit.

Yuk, cusss viralkan destinasi digital milik Genpi. Siapkan alat vlog-nya, kawan. Oiya, sebelum gasss ke Pasar Kakilangit, baiknya kamu nonton dulu vlogger cilik di pasar Kakilangit. Genpi Jogja, gasss pol!

  • Camcorder JVC GR DA20 yang pertama kali dipasarkan

    Apa Sih Videografi itu?

    Halo kawans genpi, piye kabare? Sudah merekam kejadian apa hari ini? Rekam jejak mantan ti…
  • Tawur Agung Kesanga - Candi Prambanan - Foto milik IG @jalutajam

    Penari Mancanegara Semarakkan Tawur Agung Kesanga

    Prambanan, 1 Saka 1940 atau bertepatan bulan ketiga tahun 2018 di hari ke 16. Pagi tadi Ca…
Muat Lagi Dari Mas Jalu
Muat Lebih Banyak Di Tips