Pecah di Mulut, Brownies Salak Kayana Khas Sleman Bikin Ketagihan

9 min read
0
49

genpijogja.com – Dipasarkan sejak Agustus 2020, Brownies Salak Kayana menantang kerasnya zaman. Salah satu produk UMKM Kabupaten Sleman ini lamat-lamat merangkak menembus badai pandemi Covid-19 yang memukul telah berbagai sektor perekonomian.

Kendati terbilang baru, Brownies Salak Kayana layak disandingkan di kancah kue-kue kekinian. Terlebih lagi, ada secuil alasan mulia dibalik tercetusnya ide produk Brownies Salak Kayana yang ternyata rendah gula.

Hari itu, aku melihat daftar produk-produk unggulan UMKM Kabupaten Sleman. Dari sekian banyak jenis makanan dan minuman yang mengangkat potensi lokal, mataku langsung terbelalak melihat menu olahan buah salak.

Siapa bilang buah salak tak bisa diolah kembali menjadi berbagai hal? Di tangan para pelaku UMKM Kabupaten Sleman, buah salak sukses disulap menjadi aneka macam hidangan yang rasanya bikin ketagihan.

Salak tiba-tiba menjelma kaya. Tak sekadar dinikmati buah utuhan saja, salak ternyata juga bisa diolah menjadi berbagai macam menu, termasuk nastar, brownies, dodol, dan bakpia.

Hm… Sebagai pecinta salak, rasanya tak sabar untuk bisa mencicipi semua meski kali ini baru berkesempatan untuk menikmati sekotak Brownies Salak Kayana saja.

Baca juga: Segarnya Minum Ombena Yellow Seabed

Brownies Salak Kayana

Puasa hari ke-5, setelah penantian panjang, Brownies Salak Kayana olahan UMKM Sleman akhirnya tiba di tangan. Artinya, tinggal selangkah lagi terjawab semua macam rasa penasaran. Namun, kubuka dulu dengan mencari secuil kabar lewat media sosial.

Untukmu yang hendak mencari informasi soal Brownies Salak Kayana, bisa berselancar di laman Slemanmart.id, Instagram @oleholehjogjabrowniessalak, dan WhatsApp bisnis di nomor 08112954118.

Brownies Salak Kayana dibagi menjadi dua. Ada Brownies Salak Gula Semut dan Brownies Salak Gula Semut Gluten Free. Keduanya dipatok harga sekitar Rp 50.000,- saja. Ramah di kantong kan untuk ikut menyejahterakan produk lokal?

Brownies Salak Kayana yang dibungkus kemasan kardus berwarna coklat terpampang nyata di depan mata. Kemasan makanan ber-tagline “Oleh-Oleh Khas Sleman Yogyakarta” itu dilengkapi dengan identitas produk yang seakan menandakan bahwa pemilik usaha telah memikirkannya matang-matang.

Dilihat dari luar, penampilannya barangkali tak semewah produk brownies mainstream lainnya. Namun, Brownies Salak Kayana menawarkan desain sederhana, tetapi bisa diadu dalam hal rasa.

Singkat cerita, ruang kamar mendadak dipenuhi aroma salak. Setelah kemasan Brownies Salak Kayana dibuka, aroma salak langsung menyeruak kuat.

Meski aroma salak sangat dominan, tetapi bau roti sesekali bisa dirasakan. Aku jadi membayangkan, andai bisa menghirup langsung Brownies Salak Kayana setelah keluar dari pemanggang, bagaimana ya aromanya?

Setelah kemasan seluruhnya terbuka, ekspektasi tinggi pada Brownies Salak Kayana kembali dikabulkan setelah melihat toppingnya.

Baca juga: Sensasi Segar Green Earth by Bena

Brownies Salak Kayana UMKM Sleman

Brownies Salak Kayana kaya akan topping. Buah salak tampak melimpah, dipotong dengan ukuran tak terlalu kecil. Menurutku, hal inilah yang membuat Brownies Salak Kayana ‘bukan kaleng-kaleng’.

Tak sabaran, Brownies Salak lantas dipotong menjadi beberapa bagian dengan pisau yang ternyata sudah disiapkan di dalam kemasan. Sepotong bagian ku ambil lantas dinikmati perlahan.

“Emmm… enak!” gumamku lalu mengambil potongan kedua, seakan lupa punya tanggung jawab mengulasnya.

Jujur ini baru kali pertama aku merasakan brownies rasa salak buatan salah satu UMKM Sleman, bernama Kayana. Berangkat dari rasa antusias, cita rasanya sukses bikin puas.

Sebab tak hanya aroma, potongan buah salak asli juga merata di dalam. Hal itu membuat tekstur Brownies Salak Kayana tak monoton. Kelembutan kue dicampur potongan buah salak pecah di dalam mulut.

Manis-sepet bercampur di lidah. Begitu kiranya definisi rasa Brownies Salak Kayana. Rasa buah salak dominan, tetapi rasa kue coklat-nya pun tak jauh tertinggal. Ibarat kata, takaran antara rasa coklat dan buah salak pas.

Baca juga: Rasa Unik Bakpia Mutiara, Kulit Renyah, Isian Lumer dan Sensasi Semriwing

Brownies Salak Kayana Khas Sleman

Soal rasa manis, Brownies Salak Kayana tak sepekat produk serupa lainnya. Sebab produk ini memakai gula semut, bukan gula pasir.

Gula semut kerap diartikan sebagai gula kristal atau gula merah versi bubuk yang biasanya dibuat dari bahan dasar nira pohon kelapa.  Konon katanya, gula semut punya kandungan kalori rendah dan cocok untuk menghindari diabetes.

Usut punya usut, Brownies Salak Kayana ternyata memilih gula semut agar juga bisa menyasar mereka yang punya ‘kebutuhan khusus’ soal makanan.

“Agar Brownies Salak bisa dinikmati oleh semua kalangan, termasuk penderita diabetes, anak autis, dan orang sakit,” kata pengelola saat dihubungi.

Di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung melandai, pengelola Brownies Salak Kayana mengaku penjualannya belum maksimal. Meski begitu, mereka akan tetap berusaha bahkan terus mencoba berinovasi mengembangkan produk lainnya.

Untukmu yang membaca artikel ini, mari bersatu tangan membantu sesama dengan membeli produk UMKM pengangkat potensi lokal agar kian sejahtera.

Baca juga artikel tentang Sejarah atau tulisan menarik lainnya Hernawan.

Cara membeli Brownies Salak Gula Semut Gluten Free

Brownies Salak Gula Semut Gluten Free bisa dibeli secara online melalui Slemanmart.id, akun instagram @SlemanMart atau langsung chat admin wa.me/+6289523390203

Satu kotak Brownies Salak Gula Semut Gluten Free dibandrol dengan harga Rp50.000 per kotak.

Lokasi PLUT Koperasi & UKM Sleman

PLUT Sleman berlokasi di jalan Candi Gebang, Beran Kidul, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511. Tepat di depan rumah dinas Bupati Sleman.

Silakan klik google maps untuk lokasi PLUT Sleman yang lebih lengkap.

Sleman Mart adalah fasilitas layanan dari Pemerintah Kabupaten Sleman di bawah garis komando Dinas Koperasi dan UKM Sleman melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sleman.

Produk-produk yang dijual di PLUT Sleman adalah produk UMKM Sleman.

Ayo, kita borong bareng produk UMKM!

Load More Related Articles
Load More By Hernawan
Load More In Review