Pawai Seni Menandai Dibukanya FKY 2018

2 min read
0
104

Festival Kesenian Yogyakarta ( FKY ) ke-30 kembali digelar dengan sebagian besar acaranya mengambil tempat di Komplek Planet Pyramid Bantul. Hajatan seni dan kebudayaan tahunan pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta diselenggarakan selama 18 hari mulai 23 Juli – 9 Agustus 2018.

Tahun ini FKY 30 mengambil sebuah tema yang unik yaitu MESEMELEH. Dimana kata tersebut berasal dari kata Mesem (Bahasa Jawa) adalah “senyum” dan Semeleh (Bahasa Jawa) adalah “ikhlas”. Jadi MESEMELEH adalah senyum yang ikhlas, ada juga sub-tema dari FKY 30 yaitu dalam bahasa jawa “Sa Mesem Ro Leyeh – leyeh” artinya bisa senyum sambil bersantai-santai.

Selain itu, mesem mempresentasikan kedewasaan FKY untuk tetap menyajikan Festival yang menarik, menghibur, dan tidak lupa edukatif. Sedangkan semeleh mempresentasikan FKY sebagai Festival seni yang memberikan ruang kepada semua pihak yang ingin berpartisipasi didalamnya.

Sebagai penanda dibukanya FKY 30, sudah diadakan Pawai seni berbentuk Karnaval Topeng pada 23 Juli 2018 mulai pukul 15.00 WIB dengan mengambil rute Taman Parkir Abu Bakar Ali – Jl. Malioboro – Kawasan Nol Kilometer. Kurang lebih 30 kontingen akan meramaikan pawai ini yang terdiri dari Kelompok Seni, Komunitas Kreatif, Sanggar Tari, Sanggar Seni, dan perwakilan kabupaten dan provinsi diluar Jogja.

“Alasan pawai seni ini dikemas dalam bentuk Karnaval Topeng karena kami ingin mempersembahkan karnaval yang menggambarkan penerimaan atas sifat manusia yang berbeda-beda namun tetap dalam format yang kamual, sifat itu dapat dilihat dari topeng yang digunakan dalam pawai”, tutur Roby Setiawan, Ketua Umum sekaligus Direktur Seni dan Kreatif.

Selama FKY berlangsung akan ada acara unggulan yang akan disajikan antara lain Pasar Seni, Panggung Pertunjukan Panggung Senyap, Workshop dan Lomba kreatif, Pameran Perupa Muda (PAPERU) Seni Rupa, Bursa Seni, Diskusi Seni, Bioskop FKY, Pertujukan Teater, Pembacaan Prosa, dan Jogjakarta Video Mapping Festival.

Load More Related Articles
Load More By Novinto
Load More In Event