Home Destinasi Digital Pasar Sunset Laguna Depok Akan Digelar Perdana

Pasar Sunset Laguna Depok Akan Digelar Perdana

4 menit waktu baca
195

Bantul –Akhir pekan ini akan ada satu lagi destinasi wisata digital di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, yakni Pasar Sunset Laguna Depok. Pasar ini terletak di Laguna Depok (Depok), Kecamatan Kretek, Bantul. Pasar akan mulai dibuka pada Sabtu, 30 Juni 2018 pukul 15.30-18.00 WIB. Pada gelaran perdananya, akan ada penampilan akustik dari band Belok Kiri Jalan Terus (BKJT), serta atraksi layang-layang di sisi selatan amfiteater.

Pasar yang dibuka pada sore hari ini menawarkan kuliner khas lokal yang dijajakan oleh warga setempat. Adapun beragam menu kuliner tersebut, di antaranya Bubur Cemplung, Tahu Campur, Pecel Legendar, dan Wedang Laguna. Pengunjung bisa menikmatinya di gazebo atau amfiteater bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Daya tarik lain dari tempat ini, tentu saja pemandangan matahari terbenam. Pengunjung memiliki pilihan tetap ada di sekitar pasar atau menyusuri sungai untuk menikmati keindahan alam ini. Pasar Sunset Laguna Depok menyediakan trip susur muara Sungai Opak dengan dua opsi rute. Ada trip pendek selama 30 menit dan sunset trip yang bisa dinikmati tergantung pilihan pengunjung.

 

Pemilihan waktu pembukaan destinasi digital ini pun bukan tanpa alasan. Pasar Laguna dibuka pada pertengahan tahun ketika kondisi perairan di Laguna Depok cenderung tenang, tidak melimpah, dan bersih. Sehingga wisatawan yang datang akan memiliki pengalaman mendatangi wisata alam sekaligus kuliner tradisional yang menarik.

Pasar Laguna Depok ini merupakan salah satu inisiasi dari Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jogja. GenPI Jogja bekerja sama dengan warga sekitar dan pemerintah terkait untuk mengembangkan potensi yang ada di kawasan laguna. Selain itu, menurut Galang selaku lurah pasar, keterlibatan warga secara langsung diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan kemandirian warga untuk menghidupkan potensi lokal yang ada.

“Saya berharap eksistensi pasar ini dapat membuat masyarakat semakin sadar dan turut andil dalam mengembangkan potensi destinasi wisata setempat. Dalam rangka mewujudkan itu, Pasar Sunset Laguna Depok menerapkan konsep dari masyarakat untuk masyarakat”, ujar Galang.

Lokasi Pasar Sunset Laguna Depok ini juga berdekatan dengan beberapa tempat wisata lainnya. Ada Pantai Depok, Gumuk Pasir Pasangkusumo, dan Laguna Depok yang bisa dijadikan pilihan sebelum atau sesudah berkunjung ke pasar. Posisi yang strategis ini membuat pengunjung pasar bisa mendatangi beberapa tempat sekaligus dalam satu kali perjalanan.

Kegiatan-kegiatan yang ada di Pasar Sunset Laguna Depok ini bisa terus dipantau melalui beragam media sosial. Pengunjung bisa mengecek berbagai info melalui Instagram maupun Twitter pada akun @pasarlaguna. Akun-akun ini juga bisa dijadikan sebagai sarana berbagi pengalaman pengunjung yang telah menikmati Pasar Sunset Laguna Depok.

 

Penulis : Almas

Muat Lagi Dari Dzatarisa Almas
Muat Lebih Banyak Di Destinasi Digital