Papermoon Puppet Hadirkan MARACOSA, Dekatkan Batik dengan Generasi Muda

6 min read
0
56

Pola-pola batik klasik bukan hanya gambar tanpa makna, setiap pola memiliki nilai budaya dan filosofi sendiri. Selain pola, kisah perjalanan batik yang bertahan hingga sekarang juga tidak kalah menarik. Menghadirkan batik dari sudut pandang yang berbeda, Papermoon Puppet Theatre berkolaborasi dengan Nona Rara Batik menghadirkan “MARACOSA”.

Dalam rangka ulang tahun ke-10, Nona Rara Batik bercita-cita membuat karya yang mengangkat cerita batik dalam bentuk yang berbeda. Bentuk karya dengan nafas baru diharapkan bisa membantu mempertahankan keberadaan batik agar terus relevan untuk generasi selanjutnya. Mendekatkan batik bagi generasi muda agar bisa meneruskan dan menghidupkan batik.

papermoon puppet

“Ini adalah program publik pertama yang dibuat Papermoon setelah Covid-19. Kenapa kami membuat MARACOSA sebenarnya kami diundang oleh Nona Rara Batik. Sebuah brand batik dari Jakarta. Mereka datang ke studio kami awal 2021 menawarkan untuk bekerjasama dalam rangka merayakan ulang tahun yang ke-10,” ungkap Maria Tri Sulistyani Papermoon dalam pembukaan Pameran MARACOSA Minggu (10/4) di Omah Budoyo Yogyakarta.

Karya pertunjukan teater boneka yang dikemas dalam bentuk sinema film ini terinspirasi dari sebuah bangunan pabrik batik tua, kisah perjalanan batik dari generasi ke generasi, sampai ke motif-motif batik berikut makna-maknanya. “Kita bicara banyak tentang apa sih batik, karena mereka masih sangat muda. Itu menarik sekali untuk kami. Aslinya mereka orang Solo dan neneknya dulu pengusaha batik. Ibunya mereka tu gak mau ngerjain batik jadi lompat ke generasi berikutnya,” terang Ria.

pappermoon puppet

MARACOSA yang dalam bahasa Sansekerta berarti “melihat sendiri”.  Masyarakat diajak untuk menikmati pameran dan  penampilan dari Papermoon Puppet Theatre. Semua rangkaian acara MARACOSA berlangsung di Omah Budoyo, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. MARACOSA akan hadir karya fotografi dari Rangga Yudhistira, karya cetak etsa Muhammad Alhaq dan Ing Printmaking, boneka-boneka besutan Anton Fajri, Muhammad Alhaq, Pambo Priyojati, Beni Sanjaya, Hardiansyah Yoga, Retno Intiani dan Maria Tri Sulistyani serta alunan musik dari Yennu Ariendra dalam pameran ini.

Omah Budoyo, Papermoon Puppet Theatre, dan Nona Rara Batik mengajak pengunjung untuk merayakan pertemuan wastra batik dan tenun dengan seni teater boneka, fotografi, cetak etsa, sinema, dan juga musik, melalui pameran MARACOSA dan berbagai aktivitas pilihan di dalamnya. “Waktu itu kami bilang kami tidak mau jika karya ini hanya menjadi karya commision, kita benar-benar ingin berkolaborasi. Kami membicarakan hal yang menarik mengenai limbah batik. Dan ini sangat menarik, Nona Rara juga sangat concern dengan hal ini,” ujar Ria

MARACOSA Papermoon

Di dalam ruang pameran, pengunjung akan melihat bentuk-bentuk batik fauna yang disulap menjadi karya seni 3D. Boneka-boneka binantang dari kain batik berbntuk naga, ikan, rusa dan, serta tokoh Mbah Malam dan cucunya Canting. “Kalau proses membuat boneka untuk MARACOSA ini sangat menarik dan menantang, karena kita berusaha menunjukkan motif-motif batik fauna ke dalam boneka. Papermoon sangat jarang membuat bentuk-bentuk boneka fauna. Seringnya dalam bentuk manusia> Ini jadi pengalaman yang baru dan ternyata metode membuatnya berbeda,” Anton Fajri Papermoon.

Pertunjukkan MARACOSA sendiri menghadirkan kisah Mbah Malam dan cucunya Canting. Kedua orang yang saling menyayangi dan sama-sama mencintai batik. “Kami datang ke satu workshop artisannya di Solo dan kami pulang lalu mengolah perjalanan itu. Mereka mengirimi kami 3 karung besar kain perca dari pabrik. Ini pertama kali kami bekerjsa dengan material kain,” terang Ria. Informasi lengkap mengenai agenda acara bisa dilihat di Instagram @papermoonpuppet dan @omahbudoyo_official.

Agenda Pameran “MARACOSA”

10 April 2022                          : Pembukaan Pameran & Artist Talk (untuk undangan)

11 April- 10 Juni 2022            : Pameran

7 & 21 Mei 2022                    : Pemutaran karya “MARACOSA”

14 & 28 Mei 2022                  : Workshop Puppet Making & Body movement

Load More Related Articles
Load More By Kazebara
Load More In News