Panen Raya Setiap Akhir Pekan Di Raminten

6 min read
0
44

genpijogja.com – Weekend Alert! Sudah tahu dimana tempat yang cocok menghabiskan akhir pekanmu kali ini? Jika kamu mencari tempat yang asik, mudah dijangkau, murah dan tidak terlalu jauh dari perkotaan, mending ke utara saja. Ada tempat makan bernuansa budaya Jawa yang terkenal di Jogja. Lokasinya berada di jalan Kaliurang No.16, Kopatan, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman.

Melihat maskot dari restoran ini saja, pasti banyak orang yang sudah mengetahuinya. Sosok perempuan bersanggul Jawa dengan pakaian kebaya dan berlipstik tebal. Selain di jalan Kaliurang, restoran ini juga bisa ditemui di daerah Kotabaru. Patung dari maskot ini selalu menunggu tamu di pintu masuk. Di manakah tempatnya?

Baca juga: Jonggrang Menyapa Pengunjung Raminten Kaliurang
Panen Raya Setiap Akhir Pekan Di Raminten
Panen Raya Setiap Akhir Pekan Di Raminten

Jika yang terbesit dalam pikiranmu adalah Raminten, itu adalah jawaban yang benar! Lokasi The Waroeng Of Raminten Kaliurang bersebrang jalan dengan The Praja Coffee and Resto milik Raminten, tempat kongkow millenial untuk menghabiskan waktu.

Tapi jujur, ada banyak hal baru yang didapatkan jika memilih datang ke The Waroeng Of Raminten Kaliurang. Tempat ini bukan sekedar untuk makan, tapi juga mengajak tamu belajar budaya dan seni. Terutama seni pertunjukan dan edukasi membatik.

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk datang ke The Waroeng Of Raminten. Kemarin Jumat, 5 Oktober, saya bersama dua orang teman datang sejak pukul enam sore demi menanti pertunjukan drama tari. Drama yang saya tunggu bertajuk Panen Raya. Sebuah tarian yang dibawakan oleh 30 orang penari bercerita kehidupan para petani saat di sawah.

Baca juga: Kenalkan Ketoprak Kepada Milenial, Raminten Gelar Jonggrang The Story of Prambanan Temple Gratis

Sebelum menikmati pertunjukan drama tari Panen Raya, saya dan pengunjung lain disuguhi dulu penampilan pembuka berupa Tari Angguk Raminten, tarian daerah khas Kulon Progo yang dikemas ulang. Tarian dengan alunan musik energik ini begitu menghibur karena 7 (tujuh) penari begitu luwes membawakannya.

Terlebih lagi saat mereka mulai mengenakan kacamata hitam. Hingga saat ini tarian angguk masih sering dijumpai di Jogja meskipun hanya diwaktu- waktu tertentu seperti hajatan dan festival budaya.

Karena drama tari Panen Raya nantinya akan berlangsung seru dan sayang sekali jika dilewatkan, sebelum dimulai, baiknya memesan makanan dan minuman terlebih dahulu. Jangan bingung pilih yang mana ya, karena ada beragam jenis makanan dan minuman yang bisa dipesan di The Waroeng of Raminten Kaliurang.

Panen Raya Setiap Akhir Pekan Di Raminten
Gudir, Puding Jawa Di Raminten

Soal rasa tak perlu dikhawatirkan, misalnya saja olahan pencuci mulut bernama Gudir yang saya pesan di The Waroeng of Raminten Kaliurang ini. Teksturnya yang lembut lumer di mulut dengan manis yang pas bagi orang yang tidak terlalu suka manis seperti saya. Gudir sendiri merupakan sebutan untuk puding dalam bahasa Jawa.

Seru! Tarian Panen Raya dengan jalan cerita suka duka para petani ditampilkan secara runtut. Diawali dengan para penari laki-laki yang membawa cangkul dan penari wanita yang menari seolah-olah menanam benih padi. Tapi merawat padi tidaklah mudah, hama datang merusak semua tanaman.

Para petani pun berdoa dan meminta berkah pada Dewi Sri, sang dewi kesuburan. Mereka pun akhirnya bersuka cita merayakan Panen Raya. Tak berhenti hanya di situ saja, tarian ini dilanjutkan dengan flashmob yang mengajak pengunjung untuk menari bersama di atas panggung The Waroeng of Raminten Kaliurang.

Baca juga: The Praja Coffee and Resto, tempat nongkrong ciamik dekat Merapi

Uniknya, para penari yang tampil di panggung Raminten bukan hanya dari berbagai sanggar di sekitarnya saja, melainkan dari paguyuban Moedhi Dharma yang beranggotakan karyawan The Waroeng Of Raminten.

Raminten Group memang menyajikan sajian budaya dalam rasa, juga visual. Beberapa pertunjukan panggung pun digelar beragam, mulai dari kethoprak Jonggrang: The Story of Prambanan Temple di hari Minggu terakhir setiap bulan, pertunjukan reguler drama tari Panen Raya dan tari Bersih Desa setiap hari Jumat dan Sabtu. Tak lupa, jamuan tari Jamu Gendong dan tari Angguk Raminten menjadi suguhan spesial di setiap pembukaannya.

Baca juga artikel tentang Raminten atau tulisan menarik lainnya IKA.
Load More Related Articles
  • Es Dawet Pak Slamet, Es Dawet Sonosewu Yang Ngangenin

    Es Dawet Sonosewu Yang Ngangenin

    genpijogja.com – Jogja sebagai daerah melting pot bagi banyak budaya memiliki kekaya…
Load More By ika
Load More In Event