Padukan Gamelan dan Musik Elektronik, Saron Groove Tampil Memukau di ARTJOG 2023

4 min read
0
60

Genpi Jogja – Grup musik Saron Groove kembali tampil memukau di ARTJOG 2023. Memadukan gamelan dan musik elektronik, Ari Wulu dan kawan-kawan menampilkan satu konser tunggal utuh, dalam agenda special performance ARTJOG 2023, Jumat (21/7/2023) malam.

Saron Groove memulai pentas sekitar pukul 20.00 WIB. Berlangsung selama 1,5 jam, mereka membawakan 14 lagu dan disambut meriah oleh penonton yang memadati area panggung.

Penampilan Saron Groove kali ini mengangkat tajuk Caraka Construction. Repertoar panjang yang ditampilkan, merupakan bagian dari misi kebudayaan, yakni membawa gamelan ke dunia internasional.

“Saatnya kita jadi representasi Asia. Tidak hanya sebagai perwakilan Jogja, juga Indonesia. Kami sendiri siap berada di garis depan misi kebudayaan, yang didukung para maestro gamelan di belakang,” kata Ari Wulu yang menjadi pemimpin pertunjukan.

Saron Groove mengemas perpaduan musik elektronik dengan gamelan dengan indah. Dengan energik, mereka memainkan instrumen lagu, termasuk Suwe Ora Jamu dan Jaranan.

Bukan cuma itu, Saron Groove juga berkolaborasi dengan Xue, seorang artis dan Butoh Dancer asal Singapura. Xue muncul di tengah-tengah penampilan dan langsung menjadi sorotan para penonton.

Kolaborasi antara Saron Groove dengan Xue ini bermula dari pertemuan keduanya jelang Pembukaan ARTJOG 2023. Saat itu, Saron Groove tampil pembukaan. Xue datang saat latihan dan mengungkapkan ketertarikannya untuk berkolaborasi.

Ari Wulu mengungkapkan, pertunjukan Xue bersama Saron Groove itu murni kolaborasi. Bukan saling merugikan satu sama lain.

“Pertunjukan murni kolaborasi, kami tidak merugikan dia, dia tidak merugikan kami,” ucap Ari Wulu.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh ARTJOG (@artjog.id)

Sebagai informasi, ARTJOG yang dikenal sebagai momen Lebaran Seni, kini tengah berlagsung di Jogja. Tepatnya di Jogja National Museum, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini, ARTJOG mengusung tema “Motif: Lamaran”. Pameran ini melibatkan 73 seniman yang terdiri dari 51 seniman dewasa serta 22 seniman anak.

Bukan cuma itu, ARTJOG 2023 juga menghadirkan program dan platform pendukung lainnya bagi publik seperti performa•ARTJOG, Young Artist Award, ARTJOG Kids, Exhibition Tour, Meet The Artist, Artcare, dan Jogja Art Weeks.

Untuk menikmati karya seniman secara langsung, pengunjung ARTJOG dibanderol tiket seharga Rp 75.000. Namun, khusus untuk anak usia 6-16 tahun, terdapat penyesuaian harga menjadi Rp 50.000. Sementara itu, anak di bawah 5 tahun dibolehkan masuk secara gratis. Tiket ARTJOG bisa dibeli on the spot atau OTS di loket yang tersedia.

Jangan sampai kelewatan pameran ARTJOG 2023. Pameran ini hanya akan berlangsung hingga 27 Agustus 2023 mendatang. ARTJOG 2023 dapat dikunjungi mulai pukul 10.00 hingga pukul 21.00 WIB di JNM, jalan Prof. Ki Amri Yahya no.1, Gampingan, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

Load More Related Articles
Load More By Hernawan
Load More In Event