Nugget Tempe Daun Kelor, Jadi Lauk atau Cemilan Sama Lezatnya

7 min read
0
30

genpijogja.com – Daun kelor merupakan tanaman hijau asal India Utara yang telah ribuan tahun dikenal akan kaya nutrisi dan banyak dimanfaatkan sebagai obat.

Organisasi Kesehatan Dunia alias WHO bahkan menganjurkan anak-anak dan bayi mengkonsumsi daun kelor dalam upaya menghindari gizi buruk.

Kebanyakan orang terkadang menganggap pohon kelor sebagai tumbuhan liar karena batangnya yang kecil dan berdaun rimbun. Jangan salah, daun dari pohon kelor ternyata memiliki beragam manfaat. Selain sebagai obat, ia dapat diolah menjadi berbagai variasi makanan yang bergizi.

Baru-baru ini aku menemukan salah satu hasil olahan Nugget Tempe Daun Kelor. Nugget tempe tanpa MSG.

Nugget sendiri pertama kali dipopulerkan oleh gerai cepat saji asal Amerika. Nugget menjadi primadona lauk karena praktis dan lezat. Pada jamannya, nugget diperkenalkan sebagai alternatif lauk menyehatkan yang terbuat dari daging sapi.

Namun saat ini banyak sekali variasi nugget, mulai nugget daging ayam hingga nugget sayuran. Rasanya yang mudah diterima oleh semua lidah membuat nugget disukai oleh berbagai kalangan.

Baca juga: Pecah di Mulut, Brownies Salak Kayana Khas Sleman Bikin Ketagihan

nugget tempe daun kelor

 

Dibuat oleh pegiat UMKM Kabupaten Sleman, Nugget Tempe Daun Kelor menjadi frozen food pilihanku yang proses memasaknya singkat namun tetap enak dan bergizi.

Minggu sore, satu bungkus Nugget Tempe Daun Kelor berlabel warna hijau, sudah ada di tanganku. Tanpa menunda lagi, aku langsung saja membuka kemasannya yang bertuliskan Nugget Tempe Daun Kelor dengan isi 12 biji.

Setelah memanaskan minyak, tak ragu aku mengeksekusi makanan andalan sejuta umat yang bentuknya persegi panjang itu. Sesuai ekspektasi, tidak perlu lama menunggu nugget tempe matang.

Hanya perlu sekitar 2 (dua) menit untuk membolak-balik permukaannya hingga tampak warna kuning keemasan, khas warna nugget seperti pada umumnya.

Aroma nugget tempe menguar ke seluruh ruangan hingga aku tidak sabar menyantapnya.

Bahan yang paling terasa saat pertama kali menggigitnya adalah rasa tempe beriringan dengan tekstur crunchy dari tepung panirnya. Mungkin karena sebagian besar komponennya adalah tempe.

Namun pada kunyahan kedua, aku dapat merasakan gurihnya rasa ayam beradu bumbu di dalam mulut.

Umumnya, Nugget Tempe Daun Kelor dijadikan lauk utama sebagai pendamping nasi. Tapi begitu enaknya, saya memilih memakan Nugget Tempe Daun Kelor tanpa nasi sebagai cemilan alias digado.

Kadang, aku mencampurnya dengan bumbu samyang dan menyantapnya bersama semangkuk mie rebus.

Awal-awal Ramadhan, saat sahur, aku yang selalu terbangun menjelang imsak, memilih memasak Nugget Tempe Daun Kelor karena simple dan tidak menghabiskan waktu lama. Nugget jadi alternatif lauk terbaik kalau waktu sahurmu tidak banyak.

Baca juga: Renyahnya Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman

nugget tempe daun kelor

 

Bagi ibu-ibu yang anaknya tidak suka makan sayur, Nugget Tempe Daun Kelor bisa menjadi solusi. Berkedok nugget dan rasa tempe, anak-anak akan tetap mendapatkan kandungan sayuran dari daun kelor.

Dilansir dari Healthline, daun kelor mengandung vitamin dan mineral. Selain itu, daun kelor kaya akan antioksidan, dapat menurunkan kadar gula darah, menurunkan kolesterol dan bahkan bisa mencegah kanker.

Nugget Tempe Daun Kelor saya temukan melalui SlemanMart.id. Kamu juga bisa menemukan Nugget Tempe Daun Kelor di Instagram @SlemanMart yang menjajakan produk-produk UMKM Sleman.

Produk Nugget Tempe Daun Kelor bisa diorder langsung dengan menghubungi nomor whatsappnya di 082223918005.

Meskipun dibuat tanpa pengawet, Nugget Tempe Daun Kelor dapat bertahan hingga 2 bulan lamanya disimpan di kulkas.

Bahan tempe yang diolah menjadi nugget mungkin bukan selera semua orang. Namun bagi saya, daun kelor ini tepat untuk diolah bersama tempe karena kebanyakan lidah orang Indonesia familiar dengan rasa tempe itu sendiri. Selain itu, tingginya nutrisi yang terkandung di dalam tempe bisa menjadi alasan untuk mencicipinya.

Kalau kamu pilih Nugget Tempe Daun Kelor jadi lauk atau cemilan saja?

Baca juga artikel tentang Kuliner atau tulisan menarik lainnya Dzatarisa Almas.

Cara membeli Nugget Tempe Daun Kelor

Nugget Tempe Daun Kelor bisa dibeli secara online melalui Slemanmart.id, akun instagram @SlemanMart atau langsung chat admin wa.me/+6289523390203

Satu kemasan Nugget Tempe Daun Kelor berisi 12 potong nugget dan dibandrol dengan harga Rp16.000 per kemasan.

Lokasi PLUT Koperasi & UKM Sleman

PLUT Sleman berlokasi di jalan Candi Gebang, Beran Kidul, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511. Tepat di depan rumah dinas Bupati Sleman.

Silakan klik google maps untuk lokasi PLUT Sleman yang lebih lengkap.

Sleman Mart adalah fasilitas layanan dari Pemerintah Kabupaten Sleman di bawah garis komando Dinas Koperasi dan UKM Sleman melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sleman.

Produk-produk yang dijual di PLUT Sleman adalah produk UMKM Sleman.

Ayo, kita borong bareng produk UMKM!

Load More Related Articles
Load More By Dzatarisa Almas
Load More In Review