Home News NEW GAMELAN menjadi Tema Yogyakarta Gamelan Festival #24, Ini Jadwalnya!

NEW GAMELAN menjadi Tema Yogyakarta Gamelan Festival #24, Ini Jadwalnya!

6 min read
0
0
85

Dinas Kebudayaan DIY dan Komunitas Gayam16 kembali bersinergi menyelenggarakan Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) ke-24 yang akan digelar selama 6 (enam) hari sejak Senin, 19 Agustus 2019 hingga Sabtu, 24 Agustus 2019.

Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) adalah festival internasional yang mewadahi pertemuan pemain dan pecinta gamelan di seluruh dunia. Festival ini pertama kali diadakan tahun 1995. Tahun ini, Yogyakarta Gamelan Festival 2019 mengangkat tema NEW GAMELAN.

Gamelan baru (New Gamelan) bukan hanya dipandang dari sisi penyajian dengan gaya atau cara baru, melainkan merespon perkembangan tren sekarang yang harus mampu beradaptasi dengan zamannya. Gamelan baru (New Gamelan) dilihat dari segi spirit bahwa gamelan harus mampu berinovasi untuk bisa diterima generasi zaman now, alias anak muda zaman sekarang.

NEW GAMELAN menjadi Tema Yogyakarta Gamelan Festival 2019 ke #24
NEW GAMELAN menjadi Tema Yogyakarta Gamelan Festival 2019 ke #24

Sebagai pembuka Yogyakarta Gamelan Festival 2019, Komunitas Gayam 16 menggelar acara “Gaung Gamelan” di Titik Nol Kilometer kemarin sore, Senin (19/8). Gaung Gamelan sendiri merupakan bagian dari rangkaian YGF #24 yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 hingga 24 Agustus 2019.

“Mereka memainkan ‘Santi Mulyo’ serentak di empat titik. Sementara lagu sisanya tergantung masing-masing kelompok,” ujar Sudaryanto, Master Gamelan Komunitas Gayam 16 sekaligus pegiat Divisi Program YGF #24.

Gaung Gamelan menampilkan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Karawitan Institut Seni Yogyakarta (ISI). Mereka menampilkan satu gending berjudul “Santi Mulyo” dan tiga komposisi di antaranya “Api Revolusi” dan “Mars 2016”. Sudaryanto mengatakan lagu Santi Mulyo dimainkan tak hanya oleh HMJ Karawitan ISI Yogyakarta tapi juga kelompok lain di tiga lokasi berbeda.

Selain di Titik Nol Kilometer, Gaung Gamelan juga diselenggarakan di tiga titik berbeda. Ketika lokasi itu antara lain Dukuh Kemiri Kecamatan Pakem oleh Sedyo Manunggal, GKJ Sawokembar Kecamatan Gondokusuman oleh Pradangga Sawokembar, dan Desa Sidomulyo Kecamatan Bambanglipuro oleh Omah Gamelan.

“Kenapa kami memilih tema ‘Gaung Gamelan’ karena dari suara gamelan, cara bermain gamelan dan menata gamelan kita belajar kalau gamelan penuh dengan tatanan, kesopanan, juga ajaran kalau pemain gamelan tidak bisa sendiri dan mesti bermain sama-sama. Dan ketika kita bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam segi apapun akan menumbuhkan rasa sebagai manusia yang memiliki kedudukan lebih tinggi”, jelas Sudaryanto.

Terkait ide menyelenggarakan di empat titik lokasi, Sudaryanto menjelaskan pihaknya mengikuti konsep Jawa, yakni Kiblat Papat Lima Pancer.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Yogyakarta Gamelan Festival tahun 2019 diselenggarakan di Plaza Ngasem Yogyakarta sebagai main venue dan beberapa venue lainnya sebagai rangkaian acaranya.

NEW GAMELAN menjadi Tema Yogyakarta Gamelan Festival 2019 ke #24
NEW GAMELAN menjadi Tema Yogyakarta Gamelan Festival 2019 ke #24 (Foto milik Guyon Angkring)

Sederet kegiatan menarik telah disiapkan pihak penyelenggara Yogyakarta Gamelan Festival 2019 agar festival tahunan ini menjadi salah satu festival yang selalu dinanti-nanti oleh penikmat musik. Ini jadwalnya.

Gaung Gamelan. Gaung Gamelan yang bertajuk “Gending” akan diselenggarakan pada hari Senin, tanggal 19 Agustus 2019 di Kawasan 0 Kilometer Yogyakarta, mulai pukul 15.00 WIB sd selesai.

Rembug Budaya. Diskusi terbuka dengan tema “New Gamelan Anyone?” yang akan diselenggarakan pada hari Selasa, tanggal 20 Agustus 2019 berlokasi di Museum Wayang Ukur, Tamansiswa Yogyakarta, mulai pukul 15.00 WIB sd selesai.

Lokakarya. “Bikin sendiri gamelanmu” menjadi tema lokakarya tahun ini yang bekerja sama dengan limbah bunyi. Komunitas musik yang memanfaatkan limbah untuk berkesenian. Lokakarya ini akan berlangsung pada hari Rabu, 21 Agustus 2019 mulai pukul 15.00 WIB sd selesai berlokasi di Komunitas Gayam 16, Mantrigawen Yogyakarta.

Pagelaran. Puncak acara Pagelaran Yogyakarta Gamelan Festival 2019 adalah Pagelaran yang akan diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut berlokasi di Plaza Ngasem pada tanggal 22-24 Agustus 2019 dimulai pukul 19.00 WIB setiap harinya.

Sederet penampil dari dalam dan luar negeri ikut ambil bagian pada pagelaran ini diantaranya adalah Show Seki (Japan), Celia Huet & Friends (France & Yogyakarta), Levin Zimmermann & Friends (Germany & Yogyakarta), Si Paningkah (Solo), Musik Tradisional SMPN 6 (Jepara), Putro Hargo Kawedhar (Bantul), Omah Cangkem (Bantul), Klub Sariswara (Yogyakarta), CSGK (Gunung Kidul) dan Gasita UGM (Yogyakarta).

Baca juga artikel menarik lainnya pacarkecilku.

Load More Related Articles
Load More By pacarkecilku
Load More In News