Nasi Bebek Sambal Hitam: Tak Perlu ke Madura, Cukup ke Godean Saja

6 min read
1
21

genpijogja.com – Membahas Jogja memang tak pernah ada habisnya. Mulai dari kekayaan budaya yang beraneka ragam, lembaga pendidikan formal hingga lembaga pendidikan non formal yang berkualitas.

Belum lagi ratusan obyek wisata dan cinderamata yang unik hingga keberagaman kuliner yang tak terhitung lagi jumlahnya. Semuanya lengkap tersebar hingga seluruh penjuru Jogja.

Kuliner masa kini tak sekedar untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia. Kuliner di samping kebutuhan juga sebagai gengsi atau hanya sekedar menjadi ajang rekreasi dari kepentingan rasa.

Menjajaki aneka kuliner yang ada di Jogja memang mudah. Tinggal pilih saja karena ada banyak kuliner menarik, unik dan yang pasti tetap tidak membuat kantongmu kekeringan.

Nasi Bebek Sambal Hitam Cak Rizky: Tak Perlu ke Madura, Cukup ke Godean Saja

Ratusan bahkan ribuan jenis makanan dapat dijadikan buruan di Jogja. Dengan harga yang biasa-biasa saja, terjangkau, bahkan “Wah, murah”.

Bukan  sekadar  “aku wes tau mangan kae“, tapi juga bisa mengajak “kono kae enak, ayo baleni“. Bukan tentang dia, tapi tentang rasa, dan harga tentunya.

Rasa enak dan harga ramah di kantong, itulah yang membuat banyak kuliner di Jogja tetap ramai dan eksis.

Untuk pemburu kuliner tidak akan mempermasalahkan jarak demi memanjakan lidah. Baik itu kuliner otentik Jogja, fusion dan kekinian, atau yang “import” dari daerah lain.

Nasi Bebek Sambal Hitam Cak Rizky: Tak Perlu ke Madura, Cukup ke Godean Saja

Kali ini saya menuju barat kira-kira 10 (sepuluh) kilometer dari Tugu Jogja. Tujuanku hanya satu: Nasi Bebek Khas Madura.

Setelah sampai di depan kantor Kapanewon (Kecamatan) Godean maju sedikit ke barat sekitar 150 meter, posisi kedai Nasi Bebek Khas Madura berada di utara jalan (Dusun Senuko, Kabupaten Sleman).

Kamu bisa mengikuti panduan dari aplikasi penunjuk arah Gmaps berikut Nasi Bebek Khas Madura Jalan Godean.

Kamu akan dengan mudah mendeteksi kedainya karena di depan terdapat papan bertuliskan “Nasi Bebek Khas Madura RIZKY”.

Kedai Nasi Bebek Khas Madura bersebelahan dengan penjual nasi goreng dan grosir alas kaki. Kedai ini tidak terlalu luas, kira-kira ukurannya 5×5 meter.

Nasi Bebek Sambal Hitam Cak Rizky: Tak Perlu ke Madura, Cukup ke Godean Saja

Jika ingin sekedar kuliner bebek, sebenarnya di sepanjang jalan Godean akan banyak dijumpai penjual makanan yang menyediakan menu bebek goreng. Yang membedakan, hanya kedai ini saja yang menyediakan sajian bebek goreng dengan sambal hitam khas Madura.

Cak Rizky yang sebagai pemilik kedai mengatakan, “Selain sambal hitam khas Madura andalannya, juga bisa menyediakan sambal “pencit” ketika sedang musim mangga”.

Sebagai pendamping bebek, Cak Rizky juga menyediakan ayam untuk melayani selera pembelinya. “Harga bebek kan lebih mahal jika dibanding harga ayam. Selain itu juga terkadang melayani pelanggan yang seleranya beda. Tidak semua pelanggan menyukai hidangan bebek,” ujar Cak Rizky.

Selain alasan perbedaan selera pelanggan, usut punya usut ternyata selera Cak Rizky dengan istrinya juga berbeda.

Cak Rizky suka bebek sedangkan istrinya menyukai ayam. Walapun berbeda, sambalnya tetap sama. “Ya sambal hitam semua,” lanjutnya sambil terkekeh.

Bebek potongan bagian dada

Nasi bebek sambal hitam khas Madura buatan pria asal Bangkalan ini membuatku ketagihan. Gurih lembutnya daging bebek akan beradu dengan gurih pedas sambal hitamnya.

Apalagi jika bebek sambal hitam khas Madura ini disajikan dengan nasi putih panas yang asapnya masih mengepul. Bahkan nasi plus sambal saja “wis nglawuhi” dalam istilah bahasa Jawa.

Bisa menambah selera makan. Pedas sambalnya tidak terlalu menyengat, tetapi sangat terasa.

“Itu bahan bakunya dari minyak bebek. Stok sambal tergantung berapa ekor saya memotong bebek. Semakin banyak bebek yang saya potong, sambal yang saya siapkan juga akan lebih banyak,” ujar pria beranak satu ini.

Menurut Cak Rizky, untuk mendapatkan bebek potong di Jogja tidak begitu sulit. Tapi Cak Rizky belum menemukan pemasok dengan harga yang lebih murah lagi, agar bisa jualan lebih murah lagi.

Seporsi nasi bebek dijual dengan harga Rp27.000 dan hanya tersedia mulai dari jam 5 (lima) sore hingga habis. Bagaimana, penasaran dengan Nasi Bebek Sambal Hitam khas Madura?

Load More Related Articles
Load More By Dewangga Liem
Load More In Kuliner