Naikkan Kunjungan Wisatawan, Tiketdotcom Gandeng Kemenpar dan Genpi Jogja

5 min read
0
46

Dalam upaya peningkatan kunjungan wisata mancanegara ke Indonesia khususnya Jogja, tiketdotcom bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata serta Genpi Jogja menghadirkan satu influencer dari Thailand yaitu Bankpyt (pitayat). Alasan menghadirkan influencer dari Thailand ke Jogja antara lain untuk lebih mengenalkan keindahan Jogja ke warga Thailand. Dengan begitu harapannya kunjungan wisatawan dari Thailand akan meningkat. Selama ini sudah banyak wisatawan dari Thailand yang berkunjung ke Jogja namun destinasi yang dituju  masih terbatas, di antaranya Prambanan dan Borobudur.

Mengapa memilih Jogja sebagai tujuan kali ini? Jogja memiliki banyak sekali destinasi spiritual umat Budha yang merupakan destinasi favorit masyarakat Thailand namun belum terekspose secara keseluruhan. Menurut keterangan dari pihak tiketdotcom dan Kementerian Pariwisata, wisatawan asal Thailand memang mencari daerah wisata yang memiliki sisi spiritual dan sejarah yang tinggi, khususnya umat Budha. Mereka ingin belajar dan menggali sejarah perkembangan umat Budha yang ada di Indonesia. Dengan alasan tersebut maka kunjungan kali ini dilaksanakan di Jogja.

Saat berkunjung ke Jogja, Bankpyt diajak berkeliling mengunjungi berbagai destinasi unggulan di Jogja diantaranya Hutan Pinus Mangunan, Rumah Hobbit, Candi Sambisari, Candi Banyunibo, Candi Prambanan dan tak ketinggalan ArtJog. Saat berkunjung ke Candi Prambanan, tak lupa kami mengajak Bankpyt menikmati pertunjukan tari Legenda Roro Jonggrang, sebuah pementasan tari yang menceritakan tentang kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Diharapkan dengan berkunjung ke beberapa destinasi tersebut akan memberikan pandangan baru tentang pariwisata Indonesia, khususnya daerah Jogja.

Bankpyt juga diajak menikmati aneka kuliner Jogja seperti Soto Bathok, Rumah Makan Bu Ageng dan aneka jajanan pasar. Menurut Bankpyt, kuliner yang ada di Jogja sangat variatif dan memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Pilihan-pilihan kuliner yang unik juga salah satu upaya agar wisatawan mancanegara lebih mengenal aneka destinasi wisata di Jogja, tidak hanya Candi Prambanan, jalan Malioboro dan Candi Borobudur. Masih banyak lagi destinasi wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari destinasi alam, spiritual serta tak ketinggalan wisata kulinernya.

Menurut pihak Kementerian Pariwisata, wisatawan Thailand kebanyakan berkunjung ke Jogja untuk mengeksplore situs spiritual umat Budha seperti candi Borobudur. Selama ini, lenght of stay mereka hanya berkisar 2 hari 1 malam. Padahal jika lebih di gali lagi, masih banyak lagi situs spiritual umat Budha di Jogja yang tak kalah menarik dari candi Borobudur. Kesempatan kali ini pihak Kementerian Pariwisata dan tiketdotcom menggandeng Genpi Jogja untuk membantu mengenalkan situs-situs yang belum diketahui oleh wisatawan dari Thailand.

Dengan pengetahuan baru yang di dapatkan selama berkunjung ke Jogja, Kementerian Pariwisata mengharapkan lebih membuka wawasan wisatawan dari Thailand bahwa destinasi spiritual Jogja, tidak hanya Candi Borobudur dan Candi Prambanan saja. Selain mengunjungi daerah wisata, kunjungan wisatawan mancanegara juga diharapkan akan menaikkan pendapatan bagi masyarakat disekitar destinasi wisata, seperti pedagang souvenir dan aneka oleh-oleh dan lenght of stay yang semakin lama.

Bagi Genpi Jogja sendiri, momen kemarin merupakan momen yang tepat untuk mengenalkan aneka destinasi wisata yang ada di Jogja kepada wisatawan mancanegara dan lebih mengenalkan komunitas Genpi yang ada di Jogja dimana komunitas ini merupakan komunitas binaan dari Kementerian Pariwisata yang bertugas untuk mengenalkan destinasi wisata kepada masyarakat serta wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salam Pesona Indonesia!

Load More Related Articles
Load More By Rohmad Dangu Purwanto
Load More In News