Millennial Meet Traditional Jadi Tema Festival Bregada Nusantara 2019

5 min read
0
55

genpijogja.com – Festival Bregada Nusantara 2019 akan digelar oleh SMA Negeri 3 Yogyakarta atau Padmanaba mulai dari taman parkir Abu Bakar Ali dan berakhir di Alun-Alun Utara Kraton Jogja pada hari Minggu, 22 September 2019 sejak pukul 07.00 pagi hingga pukul 13.00 WIB.

Ketua Keluarga Besar Alumni Padmanaba Hendri Saparini menyampaikan bahwa tema yang diusung Festival Bregada Nusantara tahun ini adalah “Millennial Meet Traditional”. Lewat tema ini, panitia berharap anak muda di Jogja dapat mengenal Bregada, sekaligus mampu melestarikannnya.

Prescon Festival Bregada Nusantara 2019
Prescon Festival Bregada Nusantara 2019

“Kami berharap ini akan menjadi event tahunan yang menarik tidak saja bagi anak muda, tapi juga bagi wisatawan asing dan dalam negeri. Apalagi yang menjadi bregada ini adalah anak-anak SMA. Millennial”, terang Hendri kepada rekan media dalam jumpa pers di Hotel Neo Malioboro Sky Lounge, Kamis (19/9) sore.

Festival Bregada Nusantara 2019 merupakan rangkaian acara memperingati HUT ke-77 SMA Negeri 3 Yogyakarta atau Padmanaba. “Semalam dilaksanakan tasyakuran (18/9) kemudian pagi ini pacara bendera yang dipimpin oleh alumni dalam naungan Padmanaba”, lanjut Hendri.

Wakil Kraton Jogja sekaligus salah satu almamater Padmanaba KPH Notonegoro berharap Festival Bregada Nusantara tidak hanya menjadi ajang tahunan festival namun dapat menjadi kegiatan ekstrakurikuler siswa. “Dengan menjadi kegiatan ekskul di sekolah, siswa dapat belajar seni tradisi dan budaya,” ujar beliau.

KPH Notonegoro juga menambahkan dengan mempelajari cara menjadi bregada, siswa dapat belajar tentang filosofi budaya, keahlian dan juga kedisiplinan saat berlatih menjadi bregada.

Ketua panitia Festival Bregada Nusantara 2019 Ganang Adjie mengungkapkan harapannya agar anak muda dapat menyukai dan mempelajari kembali budaya tradisional yang saat ini sudah banyak ditinggalkan. “Acara ini untuk kembali belajar sekaligus sebagai ajang eksistensi Millennial. Caranya ya dengan pawai dan festival ini”, papar Ganang kepada rekan media.

Ganang juga menuturkan bahwa panitia membebaskan setiap peserta untuk kreatif dalam menentukan baju, musik dan gerakan. “Ini beberapa hal yang akan dinilai juri, kami membebaskan kreativitas peserta”, imbuhnya.

Memperebutkan piala dari Kementerian Pariwisata, piala dari Kementerian Pendidikan RI, piala dari Gubernur DIY dan piala dari Keluarga Besar Alumni Padmanaba. Festival Bregada Nusantara 2019 ini pertama kali di helat saat lustrum ke XV SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2017. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, serta Kementerian Pariwisata. Dari kegiatan ini diharapkan para generasi muda bisa lebih mencintai dan mempelajari budaya lokal yang penuh nilai filosofis.

“Ke depan Festival Bregada ini diharapkan bisa mencakup lebih luas lagi, tidak hanya terbatas untuk SMA dan SMK DIY saja”, ujar Hendri.

Salah satu pengajar SMA Negeri 3 Yogyakarta R. Heru Adi Prasetya berharap dari Bregada dapat menjadikan siswa tidak hanya mampu secara akademis, tetapi juga bisa menjadi siswa yang berkarakter dan menjunjung tinggi kebudayaan. Mempunyai daya tahan dan daya juang dalam mencapai cita-cita dan impian.

Festival Bregada Nusantara 2019
Festival Bregada Nusantara 2019

Tampil memeriahkan acara pada hari Minggu nanti ada barisan Anglosita Brass mengiringi musik Bregada siswa dan Bregada guru Padmanaba.

Bregada Kraton Jogja bersama Bregada dari Kasultanan Cirebon dan Bregada dari Baluwarti Surakarta juga turut meramaikan Festival Bregada Nusantara 2019. Tak mau kalah, akan hadir juga Bregada unik Imperial Army dari cerita Star Wars, Bregada Alumni dan Bregada Corporate.

“Barisan Bregada unik bahkan berjanji akan menampilkan ide gila untuk menunjukkan keterbukaan terhadap proses kreatif generasi milenial”, pungkas Ganang mengakhiri jumpa pers sore tadi.

Baca juga artikel terkait News atau tulisan menarik lainnya Retnope.
Load More Related Articles
Load More By Retnope
Load More In News