Mie Ayam Lempar Cak Uji

7 min read
0
1,026

Yogyakarta memang salah satu kota yang memiliki aneka kuliner. Nah, inilah saatnya para mie ayam lovers mencari sesuatu yang baru. Jika kamu ingin mencoba kuliner yang murah, mudah didapat dan diingat serta membekas sebagai kenangan, wajib mencoba kuliner yang satu ini.

Sesuai namanya, Mie Ayam Lempar Cak Uji identik dengan cara masak yang di lempar-lempar, tujuan sesungguhnya untuk meniriskan mie ayam tersebut. Cara itulah yang bikin mie ayam ini unik dan istimewa.

“Hitung-hitung makan sambil dapat hiburan ya?”, ucap salah satu pembeli, ketika saya tanya kenapa memilih makan di Mie Ayam Lempar Cak Uji. Aksi Cak Uji melempar mie ayam itulah yang membuat warungnya selalu ramai di malam hari.

 

Cak Uji, pemilik warung Mie Ayam Lempar berasal dari Jawa Timur. Tepatnya di Lamongan, sebuah kota yang terletak di pantai utara Jawa (Pantura). Cak Uji telah melakukan keahlian tersebut sejak tahun 1991.

Lokasi warung Mie Ayam Lempar Cak Uji berada di tengah kota Yogyakarta, tak jauh dari pusat kota hanya sekitar 15 menit. Dari perempatan Jokteng Wetan (Pojok Beteng Wetan) ke timur, lalu ada lampu merah pertigaan (namanya pertigaan Tungkak), lurus saja sampai bertemu lampu merah perempatan. Lokasinya di sebelah pojokan perempatan barat traffic light jalan Taman Siswa (bagian selatan). Mie Ayam Lempar Cak Uji buka pada pukul 17.30 – 01.00 WIB.

Setelah berhasil menemukannya, saya pun bergegas masuk ke dalam warung tersebut. Malam itu pengunjung yang antre sudah cukup banyak memenuhi kursi-kursi yang tersedia. Beruntung, saya masih mendapatkan tempat. Bahkan selepas saya masuk dan duduk pun beberapa pengunjung baru nampak masuk ke area warung ini.

Setelah saya memesan, Cak Uji penjual mie ayam ini pun langsung meracik. Cak Uji melempar mie ke atas setinggi 1,5 meter. Belum lepas kekagetan saya, Cak Uji kembali melemparkan mie dengan arah 90 derajat ke sebelah kirinya. Pendaratan mie mulus di atas saringan tanpa ada sehelai mie yang jatuh.

Mie Ayam Lempar Cak Uji
Mie Ayam Lempar Cak Uji

Mie Ayam Lempar Cak Uji terkenal sebagai kuliner unik karena di sinilah satu-satunya cara masak mie ayam yang berbeda dengan yang lain di Jogja. Yakni setelah direbus, mie dilempar-lemparkan ke atas, lalu ditangkap dengan serok masak, baru kemudian dimasukkan ke dalam mangkok untuk disajikan. Selanjutnya, mie ayam dihidangkan bersama dua pangsit. Bentuknya mie pipih, mie benar-benar lembut. Kuahnya sedap, ayamnya empuk, dan sawi hijaunya pun cukup banyak. Paduan yang sempurna untuk mengisi perut di malam hari.

Namun, berbeda dengan mie ayam kebanyakan di Jogja yang sebagian besar rasanya manis, Mie Ayam Cak Uji didominasi rasa gurih. Cak Uji justru menghadirkan varian rasa yang memperkaya referensi saya. Tidak terasa manis sedikitpun. Sederhana namun lezat. Cara masak mie ayam dengan atraksi lempar ini tentu menarik perhatian pembeli yang sedang antri atau sedang menikmati mie ayam yang rasanya gurih ini. Itulah kenapa akhirnya warung mie ayam ini terkenal disebut sebagai mie ayam lempar.

Selain mengolah mie, Cak Uji memiliki kelebihan lainnya, yaitu beliau mampu mengingat siapa saja pengunjung yang baru saja datang atau yang dari tadi sudah datang. Jadi, kalau kamu makan di tempat ini, jangan khawatir diserobot pembeli lain yang tidak punya budaya antri. Cak Uji bisa mengingat wajah pembeli dengan baik. Dengan catatan, wajah kamu tampak lho. Kan serem juga, kalau kamu tidak tampak?

Mie Ayam Lempar Cak Uji
Mie Ayam Lempar Cak Uji

Kamu cukup duduk tenang saja, tidak lebih dari 10 menit, mie ayam pesananmu akan datang ke meja. Harganya? Sangat terjangkau. Hanya dengan merogoh kocek dua puluh ribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati dua porsi mie ayam lengkap dengan dua minuman.

Mulanya, warung Mie Ayam Lempar Cak Uji berada di sebelah barat jembatan, lima puluh meter dari lokasi warung mie ayam saat ini. Setelah atraksi Cak Uji yang viral di media sosial, pengunjung yang makin hari makin membludak membuat lokasi warung lama sudah tidak memungkinkan lagi. Sehingga, lokasi warung mie ayam dipindahkan ke lokasi yang sekarang ini berada.

Beberapa tahun yang lalu, aksi lempar-melempar mie oleh Cak Uji memang sempat viral di akun-akun sosial media Jogja. Hal tersebut terbukti saat saya mencoba mewawancarai beberapa pengunjung yang mengaku mengetahui warung Mie Ayam Cak Uji ini dari sosial media. Mereka rata-rata tertarik untuk mencicipi Mie Ayam Lempar Cak Uji setelah membaca beberapa review di internet.

Bagaimana dengan kamu, tertarik untuk mencicipi olahan Mie Ayam Lempar Cak Uji yang gurih dan tentunya istimewa ini?

Mie Ayam Lempar Cak Uji
Mie Ayam Lempar Cak Uji
Load More Related Articles
Load More By Tikha Novita Sari
Load More In Kuliner