Meriah! Ratusan Warga Ikuti Jalan Sehat Njeron Beteng untuk Memperingati Mangayubagya 80 Tahun Sultan

3 min read
0
88

Yogyakarta, 26 November 2023 – Ratusan warga Yogyakarta memadati area sekitar Alun-Alun Selatan pada hari Minggu pagi untuk mengikuti event Jalan Sehat Njeron Beteng bersama GKR Indonesia. Acara ini digelar untuk memperingati Mangayubagya ke 80 Sri Sultan Hamengku Bawono X dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat dan aktif bagi masyarakat.

Dengan cuaca cerah mendukung, peserta dari berbagai kalangan mulai berkumpul sejak pukul enam pagi. Acara dimulai dengan opening MC dan sambutan dari GKR Mangkubumi dan ketua panitia. Dalam sambutannya GKR Mangkubumi juga menyampaikan bahwa selain jalan sehat, ada juga rangkaian mangayubagya seperti pembagian sembako. Perayaan seperti ini penting karena ingin bersama dengan masyarakat Mangayubagya di hari ulang tahun Ngarsa Dalem.

Rute jalan sehat melibatkan peserta untuk melewati beberapa landmark kota, termasuk Keraton Yogyakarta dan Tamansari. Selama perjalanan, panitia menyediakan pos pelayanan kesehatan dan hidrasi guna memastikan keamanan dan kenyamanan peserta. Terlihat beberapa panitia juga turut dalam mendampingi selama perjalanan.

“Kami ingin mengenalkan suasana dan lingkungan Njeron Beteng. Selanjutnya juga menjadi ajang silaturahmi para warga masyarakat” jelas GKR Mangkubumi saat diwawancari mengenai tercetusnya event ini.

Selain kegiatan jalan sehat, acara ini juga menampilkan berbagai stan pameran berupa produk-produk lokal dari UMKM setempat seperti minuman tradisional, aneka jajanan, camilan, hingga makanan berat lainnya. Para peserta terlihat memenuhi beberapa lapak yang ada. Tersedia juga booth untuk berfoto yang telah disiapkan sejak pagi oleh panitia.

Para peserta mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia terlihat sangat antusias dalam menyelesaikan jalan sehat dan mencapai garis finish dengan senyuman di wajah mereka. Jalan Sehat Jeron Beteng ini turut dimeriahkan dengan hiburan panggung yang menambah semangat bagi peserta dan panitia. Acara ditutup dengan pembagian doorprize kepada beberapa peserta yang beruntung. Tak tanggung-tanggung, hadiah utama dalam acara ini terdiri dari smartphone, televisi, dan sepeda gunung.

“Hari ini aku datang sama keluarga dan temen-temenku. Niat awal ikutan tuh mau berburu doorprize. Walaupun akhirnya gak dapat, tapi tetep dapat seru dan semangatnya. Tapi menurutku, rutenya kurang jauh, sih” ungkap Mesha sebagai salah satu peserta dari Suryoputran.

Load More Related Articles
Load More By ika
Load More In News