Meretas Rindu di Alun-Alun Wates Kulon Progo

6 min read
0
24

genpijogja.com  – Bagi warga Kulon Progo pasti sudah tak asing lagi dengan nama Alun-Alun Wates, tempat yang menjadi pusat keramaian dari kabupaten yang berada di sebelah barat kota Yogyakarta. Banyak agenda kegiatan pemkab Kulon Progo yang diselenggarakan di Alun-Alun Wates mulai dari acara resmi seperti upacara bendera 17-an hingga pertunjukan seni.

Awal tahun 2000-an, Alun-Alun Wates hanya berfungsi sebagai tempat olahraga beberapa sekolah yang lokasinya berdekatan dengan Alun-Alun ini di pagi hari. Saat malam datang, jalanan di sekitar Alun-Alun Wates berubah ramai dan menjadi showroom favorit anak-anak genk motor untuk berkumpul dan memajang motor. Tak jarang di malam-malam tertentu, kawasan Alun-Alun Wates berubah fungsi menjadi tempat memacu kendaraan di atas aspal.

Baca juga:  Menilik Keindahan Curug Sidoharjo, Curug Tertinggi di Kulon Progo
Meretas Rindu di Alun-Alun Wates Kulon Progo
Meretas Rindu di Alun-Alun Wates Kulon Progo

Seiring berjalannya waktu, pemkab Kulon Progo mencoba mengatur ulang dan memperbaiki tata letak kawasan di sekitar Alun-Alun Wates. Mulai dari penataan lalu lintas, perbaikan dan penambahan sarana olahraga, hingga saat ini sudah semakin rapi dan teratur. Yang paling penting Alun-Alun Wates semakin nyaman dikunjungi bersama kerabat dan keluarga. Yes. Saat ini Alun-Alun Wates yang berlokasi di Terbah, Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jikalau Anda sedang singgah di Kabupaten Kulon Progo.

Salah satu terobosan yang dilakukan pemkab Kulon Progo diantaranya adalah membuka lahan bermain anak yang berada di sisi timur Alun-Alun, penataan pedagang kuliner, juga tambahan penerangan di area lapangan basket dan lapangan tenis. Mirip dengan Alun-Alun Selatan Kota Yogyakarta, Alun-Alun Wates pun dilengkapi dengan wahana permainan untuk anak-anak dan dewasa seperti sepeda/mobil kayuh dengan hiasan lampu berwarna-warni.

Di bagian selatan Alun-Alun, dekat perlintasan kereta api, pemkab membangun pedestrian dan taman bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana sekitar Alun-Alun atau sekedar beristirahat setelah seharian bekerja. Tempat ini cukup luas dan nyaman, dengan bangku-bangku yang siap memanjakan pengunjung. Tak ketinggalan pedagang asongan yang menyediakan berbagai kuliner serta camilan. Sebagai pelengkap, juga disediakan toilet umum bagi pengunjung Alun-Alun Wates.

Dengan adanya perbaikan dan penambahan fasilitas umum tersebut pengunjung Alun-Alun Wates semakin hari, semakin meningkat. Puncak tertinggi kunjungan tentunya weekend. Apalagi jika Anda datang ke Alun-Alun Wates di malam minggu, puluhan orang memadati tempat ini sekadar untuk menghabiskan malam bersama keluarga. Ada juga yang rela berhimpit-himpitan ke Alun-Alun di malam minggu, “Demi menuntaskan rindu”, ujar mereka.

Baca juga: Menikmati sejuk dan asrinya Hutan Pinus di Kulon Progo.
Meretas Rindu di Alun-Alun Wates Kulon Progo
Meretas Rindu di Alun-Alun Wates Kulon Progo

Selain jumat malam dan sabtu malam, Alun-Alun Wates juga jadi salah satu spot favorit di bulan Ramadhan untuk ngabuburit. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di tempat ini, misal joging keliling Alun-Alun sambil menunggu waktunya berbuka. Meski tidak saya sarankan karena takutnya kamu malah batal puasa lebih awal dengan alasan terlalu lelah.

Di bulan Ramadan, kawasan Alun-Alun Wates disulap menjadi tempat beragam penjual takjil berkolaborasi menjual sirup, es buah, bakso, pecel lele dan jangan lupakan angkringan di sudut Alun-Alun. Menikmati kuliner dengan suasana Alun-Alun Wates yang meriah menjadi kenikmatan tersendiri.

Tidak jarang ada pertunjukan musik dari seniman lokal untuk menemani pengunjung. Kebanyakan pengunjung Alun-Alun Wates berasal dari masyarakat sekitar, meski kadang ada pula pengunjung yang berasal dari luar kabupaten. Sebagai pusat kotanya Kulon Progo, tak terlalu heran jika Alun-Alun Wates menjadi tempat favorit berbagai kalangan.

Tertarik berkunjung ke Alun-Alun Wates? Segera agendakan menikmati kawasan Alun-Alun ini bersama teman-teman kalian. Gas Gas Gas!

Baca juga artikel tentang Destinasi Wisata atau tulisan menarik lainnya Rohmad Dangu.
Load More Related Articles
Load More By Rohmad Dangu Purwanto
Load More In Destinasi Wisata