Home Kuliner Menyapa Malam di Angkringan Mbak Ika Karangnongko

Menyapa Malam di Angkringan Mbak Ika Karangnongko

6 menit waktu baca
75

Sobat Genpi, tentunya pernah berkunjung ke Kulon Progo, kan? Kota yang berada di ujung kulon D.I.Yogyakarta ini tengah gencar melakukan pengembangan potensi daerah. Tentunya agar lebih siap dalam menghadapi perkembangan zaman.

Terlebih dengan adanya pembangunan bandara baru di Kulon Progo, New Yogyakarta Airport (NYIA), pemerintah Kabupaten Kulon Progo pastinya paham akan hal ini. Dengan adanya bandara ini otomatis jumlah wisatawan akan meningkat, kebutuhan publik pun juga meningkat.

mbak ika

Menghadapi itu pemerintah telah menyiapkan fasilitas-fasilitas penunjang, diantaranya adalah fasilitas umum yang bisa untuk bersantai di Alun-Alun Wates. Berbagai lampu kota juga di perindah dan di perbanyak demi kenyamanan wisata malam di Kulon Progo.

Dari wisata kita bergeser sedikit ke kuliner, karena wisata juga punya hubungan erat dengan kuliner. Kali ini kita akan membahas tentang wisata kuliner malam di Kulon Progo.

Memang masih jarang kuliner malam di Kulon Progo, tapi dengan adanya proyek diatas kemungkinan kuliner malam untuk berkembang sangat besar. Berikut ini salah satu rekomendasi yang wajib sobat wisata kunjungi.

Sobat wisata, kalian tau gak, apakah nama monumen yang ada di foto bawah ini?

mbak ika 2


Yups, ini adalah foto monumen Nyi Ageng Serang. Monumen ini berada di simpanglima Karangnongko. Monumen ini sangat ikonik bagi kota wates. Nah sobat wisata, bagi kalian yang hobi keluyuran malam. Di sisi utara Jl Nasional, simpanglima Karangnongko ini ada sebuah angkringan yang patut kalian kunjungi.

Ketika senja telah menyapa dan biru tosca mulai menyeruak, tandanya lapak akan segera dibuka. Seperangkat gerobak makanan lengkap siap menyambut jiwa-jiwa yang lelah untuk mengisi perutnya. Angkringan yang namanya ngetrend dikalangan masyarakat Kulon Progo, Angkringan Mbak Ika, begitulah mereka menyebutnya.

Memang nama ini adalah nama trend yang di berikan oleh para pelanggan. Bahkan nama ini tidak ada sangkut pautnya dengan pemilik angkringan, Siti Rojinah yang sebenarnya warga asli purworejo. Kini menjadi warga wates tinggal bersama suami dan anak-anaknya di Kedungdowo, Wates.

Awalnya mbak Siti ini adalah seorang penjual makanan di Terminal Purworejo, sedangkan suaminya juga sering ikut membantu ibunya berjualan makanan di Simpanglima Karangnongko. Setelah menikah akhirnya memutuskan untuk membuka usaha bisnis kuliner sendiri yang waktu itu masih jarang ditemui.

Akhirnya berdirilah angkringan yang berada di depan toko sepeda Liem dan Tirta Jaya Ice Cream Shop ini. Mereka berjualan secara bergantian setiap harinya.

mbak ika 3

Selayaknya angkringan pada umumnya, tempat ini menjadi langganan bagi semua kalangan. Usia muda ataupun tua, pekerja maupun mahasiswa semua berkumpul disini.

Seperti mbak Khusnul yang kami temui ketika berkunjung ke angkringan mbak Ika. Apa sih yang membuatnya berkunjung ke sini?

Beliau menjawab, ”Suasananya enak mas, menunya juga komplit. Dan yang lebih penting, murah mas… maklum anak kos”

Memang suasana disini menjadikan setiap pengunjung betah. Dengan pemandangan monumen Nyi Ageng Serang yang disorot lampu kota, serta hiruk pikuk keramaian jalan nasional Jogja-Purworejo yang menjadi nadi transportasi antar provinsi. Setengah jam tidak akan cukup untuk menikmati segelas susu jahe di angkringan ini.

Kabar baiknya, Angkringan Mbak Ika akan dengan senang hati menyambut kalian yang sedang liburan, meski dihari besar sekalipun angkrimgan akan tetap buka. Tak jarang para pelancong yang sedang liburan berkumpul disini bersama teman-teman kampung. Tapi bagi kalian yang mau kesini jangan terlalu larut.

mbak ika 1

Buka mulai sekitar jam 19.00 WIB menu angkringan akan segera habis diborong pembeli. Terutama wedang bajigur yang menjadi favorit para pelanggan.

Oh iya, sudah tahu kan wedang bajigur? Wedang bajigur itu semacam susu jahe, dengan ditambahi irisan roti dan kolang-kaling. Tapi entah mengapa wedang bajigur disini terasa nikmat. Selain wedang bajigur adapula kupat tahu dan menu khas angkringan pada umumnya. Sate usus, bakso tusuk, sate telur puyuh, gorengan, sego kucing dan sebagainya.

Muat Lagi Dari Dody Hendro W
Muat Lebih Banyak Di Kuliner