Menpar Arief Yahya Luncurkan Grab Andong di Malioboro Night Festival 2019

6 min read
0
74

Malioboro Night Festival 2019 kembali diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Jumat malam (23/8) berpusat di Monumen Serangan Oemum 1 Maret 1949 Yogyakarta dengan puncak acara peluncuran Grab Andong oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.

“Peluncuran Grab Andong menjadi trending topic dengan hastag #WonderfulAndongJogja. Kreativitas patut diacungi jempol karena andong menjadi transportasi ikonik tradisional yang digabungkan dengan platform digital yaitu Grab”, ungkap Arief Yahya kepada rekan media.

“Sebanyak 70% wisatawan search n share sudah menggunakan digital dan 51% wisatawan yang datang di Indonesia adalah milenial. Jadi, penggunaan platform digital seperti Grab ini sudah tidak bisa dihindari”, lanjutnya.

Menpar yang berasal dari Banyuwangi ini juga menyampaikan tentang 5 destinasi wisata yang ditetapkan sebagai destinasi super prioritas. DIY tepatnya Joglosemar menjadi salah satu destinasi super prioritas dengan ikon Borobudur. Pemerintah pusat memberikan anggaran untuk Jogjlosemar sebesar 2,1 Trilliun rupiah.

MNF 2019

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwana X mendukung adanya Grab Andong ini karena gaya hidup dunia sudah berubah, semua sudah berbasis digital. Destinasi harus menjadi hal yang membanggakan bagi kaum milenial.

“Saya berharap agar bisa menjadi acuan pengembangan destinasi wisata DIY dengan kesadaran untuk banting stir dari persepsi tradisional lama ke alam pikiran para milenial. Dimana Malioboro Night Festival ini dapat dipackaging guna memperkuat Malioboro sebagai ikon Yogyakarta untuk meningkatkan brand image”, jelas Sri Sultan HB X.

Diluncurkannya Grab Andong bertujuan untuk meningkatkan daya tarik pariwisata dan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Yogyakarta serta menambahkan pengalaman unik dan menarik bagi wisatawan. Dengan adanya Grab Andong, Grab berusaha meningkatkan juga penghasilan para kusir andong di Yogyakarta. Bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan Paguyuban Andong Yogyakarta serta Fakultas Kedokteran Hewan UGM kuda yang digunakan akan mendapat perawatan dan dijaga staminanya.

Neneng Goenadi selaku Managing Director Grab menyampaikan bahwa peluncuran Grab Andong ini menandakan dukungan Grab untuk melestarikan tradisi, budaya, dan pariwisata di Yogyakarta. Grab bekerja sama dengan paguyuban andong dan fakultas Kedokteran Hewan UGM untuk merawat kuda-kuda yang digunakan. Penghasilan juga akan kembali untuk kesejahteraan dan perawatan kuda.

Menpar Arief Yahya Luncurkan Grab Andong di Malioboro Night Festival 2019
Menpar Arief Yahya Luncurkan Grab Andong di Malioboro Night Festival 2019

Malioboro Night Festival dibuka dengan fashion show pada sore hari kemudian dilanjutkan live musik, pentas seni tradisional, pengukuhan pengurus Pordasi DIY periode 2019-2023 dan peluncuran Grab Andong oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Grab Andong akan menjadi transportasi ikonik umum tradisional yang berbasis digital.

“Malioboro Night Festival 2019 telah memasuki tahun ke empat. Acara ini merupakan upaya untuk lebih meningkatkan kunjungan dan memperlama masa tinggal wisatawan ke Jogja”, jelas Singgih Raharjo Kepala Dinas Pariwisata DIY.

Malioboro Night Festival 2019 dan peluncuran Grab Andong dihadiri oleh Menteri Pariwisata Ir. Arief Yahya, M.Sc, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, SH., M.Ed, Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Agus Arif Nugroho, S.STP, M.Si, Ketua Umum PP Pordasi Eddy Sadak, MBA, Ketua Pordasi DIY KPH. Yudanegara, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi dan Excecutive Director Grab Indonesia Ongki Kurniawan serta Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah Drs. I Nyoman Suradirja.

Baca juga: Millenial Tourism Corner, Upaya Menarik Milenial Jogja Terjun di Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya sendiri selama beberapa mengadakan kunjungan kerja ke beberapa wilayah di DIY dan Jawa Tengah dalam rangka memajukan destinasi super prioritas Joglosemar. Sejumlah agenda seperti pembahasan Integrated Tourism Masterplan (ITMP) Kawasan Pariwisata Borobudur di De’loano Glamping, Millienial Tourism Corner dan puncaknya meresmikan Grab Andong Yogyakarta di Malioboro Night Festival 2019.

Peluncuran Grab Andong oleh Menpar Arief Yahya dan Gubernur DIY Sri Sultan HB X ditandai dengan dibunyikannya lonceng khas andong. Rangkaian acara Malioboro Night Festival 2019 berlangsung meriah. Acara yang dipandu oleh Andito Tio dan Venerabella Arin ini ditutup dengan penampilan dari band beraliran ska yaitu Tipe-X.

Baca juga artikel menarik lainnya Sany Maya.

Load More Related Articles
Load More By Sany Maya
Load More In News