Home Destinasi Wisata Menilik Keindahan Curug Sidoharjo, Curug Tertinggi di Kulon Progo

Menilik Keindahan Curug Sidoharjo, Curug Tertinggi di Kulon Progo

5 menit waktu baca
24

Kulon Progo, kabupaten yang terletak di wilayah paling barat dari Daerah Istimewa Yogyakarta ini, ternyata menyimpan segudang destinasi wisata yang tak kalah indah dibandingkan destinasi wisata lain. Bahkan Kulon Progo masih menyimpan banyak destinasi alami dan belum terjamah wisatawan. Salah satunya adalah air terjun atau disebut juga dengan Curug Sidoharjo.

Curug Sidoharjo berlokasi di desa Sidoharjo, kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo. Dengan ketinggian sekitar 70 meter serta memiliki sudut 90 derajat, menjadikan Curug Sidoharjo menjadi curug tertinggi yang ada di kabupaten Kulon Progo.

Hawa sejuk dan  dinginnya air pegunungan dapat langsung kita rasakan disini. Bagi yang ingin bermain air silakan berenang di kolam yang terletak di bawah air terjun. Pastinya berhati-hati ya, jangan terlalu merapat ke tebingnya.

Penasaran dengan lokasinya?

Simak rute berikut untuk sampai di Curug Sidoharjo ini. Jika kalian dari arah Jogja, cukup arahkan kendaraan ke barat melewati ringroad barat/ Demak Ijo ambil arah ke daerah Godean. Setelah itu lurus melewati jembatan Progo.

Selanjutnya perempatan Nanggulan ambil kanan menuju arah Dekso, setelah sampai di perempatan Dekso (ada tugu di tengah) ambil kiri menuju arah Samigaluh. Lurus ikuti jalan menanjak, sekitar 3 km ada pertigaan (di jalan menanjak) ambil kanan ke arah MTS Sidoharjo. Jalan ke arah Curug Sidoharjo persis berada di sebelah MTS Sidoharjo.

Oiyah, berhubung tempat ini belum dikelola secara profesional/resmi, maka HTM/retribusi masih gratis atau jika sungkan bolehlah membayar seikhlasnya. Bagi yang ingin berkunjung dapat menitipkan kendaraan di halaman rumah warga sekitar pintu masuk Curug Sidoharjo.

Tenang, kendaraan dijamin aman asal kita sopan. Dari tempat penitipan, kita harus tracking sejauh 1 km untuk mencapai lokasi Curug Sidoharjo. Siapkan fisik ya? Meski begitu, tenang saja. Jalur menuju Curug Sidoharjo landai namun kita harus tetap berhati-hati karena jalan lumayan sempit.

IMG_0929

Semua perjuangan tersebut akan terbayar lunas ketika kita sampai di lokasi Curug Sidoharjo ini. Hamparan pemandangan menghijau alami khas perbukitan di sekitar Curug Sidoharjo akan menyambut kedatangan kita.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini yaitu ketika musim penghujan. Jika datang di saat musim kemarau, debit air Curug Sidoharjo berkurang cukup banyak sehingga pancuran airnya tidak terlalu terlihat.

Sebagai curug yang alami dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, fasilitas yang ada di sekitar Curug Sidoharjo sampai saat ini baru tersedia kamar mandi/toilet serta ruang ganti. Belum ada warung atau kios yang menjual aneka makanan maupun camilan.

Ada baiknya saat berkunjung ke Curug Sidoharjo, pastikan perut sudah kenyang atau kalian bisa membawa bekal sendiri seperti air mineral maupun snack ringan untuk dinikmati bersama teman-teman. Tapi ingat, sampah yang kalian bawa jangan dibuang sembarangan ya? Warga sekitar Curug Sidoharjo sudah menyediakan banyak tong sampah, jadi mari jaga kebersihan Curug Sidoharjo agar tetap bisa dinikmati keasriannya oleh banyak orang.

Sebagai pengingat bahwa Kulon Progo bagian utara merupakan daerah berbukit yang lumayan tinggi. Maka ada baiknya sebelum melakukan perjalanan ke sini, siapkan dan pastikan kendaraan kalian dalam keadaan fit. Kalian bakal berpetualang melewati tanjakan-tanjakan jahat sepanjang jalur wisata ini.

Meski daerah ini bisa dijangkau dengan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, kami sarankan sebaiknya menggunakan roda dua saja. Ini mengingat adanya beberapa jalur yang sedikit rusak. Tapi tak perlu khawatir, suguhan pemandangan indah akan menemani perjalanan kalian menuju lokasi. Selamat berlibur.

Muat Lagi Dari Rohmad Dangu Purwanto
Muat Lebih Banyak Di Destinasi Wisata