Menikmati Sejuk dan Asrinya Hutan Pinus di Kulon Progo

6 min read
0
56

Jika berbicara tentang Hutan Pinus pasti pikiran kita akan tertuju pada hutan pinus Mangunan atau hutan pinus lainnya di Kabupaten Bantul, namun siapa sangka ternyata Kabupaten Kulon Progo juga memiliki hutan pinus yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Bagi yang suka berpetualang ke wisata alam, hutan pinus di Kulon Progo sangat layak masuk dalam daftar kunjungan kalian. Selain tempatnya yang sejuk karena berada di perbukitan Menoreh, suasana yang masih asri dan udara yang segar akan menyambut kalian.

Hutan pinus ini berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Masih satu jalur dengan obyek wisata Goa Kiskendo dan Air Terjun Grojogan Sewu. Bagi yang mau berkunjung bisa melewati jalur arah Kaligesing. Sampai di perbatasan Purworejo dan Kulon Progo ambil belokan ke kiri kemudian masuk ke jalan yang lebih kecil yang hanya muat jika dua mobil berpapasan. Ikuti jalan tersebut sampai menemukan plang petunjuk yang sudah dipasang oleh warga sekitar. Meski pegunungan, jangan khawatir, kondisi jalan sudah cukup bagus dan layak.

cethuk/hutan pinus kulo progo

Bagian yang menarik, sebagian hutan Pinus ini ternyata masuk daerah Purworejo. Ratusan pohon pinus yang berjejer mulai dari Kulon Progo sampai dengan Purworejo ini masih sangat asri. Udaranya pun sangat sejuk, cocok sekali untuk berlibur melegakan pikiran. Jauh dari kebisingan kendaraan dan polusi udara yang ada di perkotaan. Suasana yang sunyi juga menambah kenyamanan para pengunjung.

Dikarenakan kawasan hutan pinus ini masih benar-benar asri dan belum banyak yang tahu, jangan kaget saat kalian berkunjung suasana dan tempatnya sepi. Hanya ada beberapa warga yang bersih-bersih kawasan hutan atau berkegiatan pertanian seperti mencangkul. Jangan segan menyapa atau bertanya kepada warga sekitar. Mereka dengan senang hati menyambut bahkan membantu kalian jika ingin mengambil foto atau sekedar menunjukkan bagian mana yang menjadi spot unggulan.

Tidak sepopuler hutan pinus di Bantul, hutan pinus di Kulon Progo belum diketahui oleh wisatawan dan keindahan alam pegunungannnya masih sangat terjaga. Maka jika ingin mengabadikan momen, kalian bisa memilih sesuka hati mau berpose seperti apa dan di bagian hutan yang mana. Tak perlu khawatir untuk mengantre atau menunggu spot kosong karena hutan pinus ini benar-benar sepi pengunjung, bahkan di musim liburan sekalipun.

Berkeliling hutan pinus, kalian akan mendapati beberapa titik yang sudah mulai dikelola oleh warga. Biasanya mereka membuat taman mini untuk istirahat dan spot foto pengunjung. Hutan pinus ini belum dikelola secara profesional. Jadi, jangan heran jika di kawasan hutan pinus masih minim fasilitas penunjang. Baru ada lahan parkir dan toilet saja. Beberapa warga sekitar juga masih banyak yang bersih-bersih sekitar hutan agar hutan nampak lebih indah.

Sebaiknya ajak teman atau rombongan saat berkunjung ke hutan pinus ini. Suasana hutan pinus yang sepi dan jauh dari pemukiman warga sedikit berbahaya jika kamu datang sendirian. Berkunjunglah ramai-ramai jika berwisata ke hutan pinus di Kulon Progo. Pasti akan lebih menyenangkan jika kamu bersama teman-teman mengabadikan momen saat mengelilingi kawasan hutan pinus ini.

Sedikit tips bagi yang mau berwisata ke hutan pinus Kulon Progo. Siapkan kendaraan dengan baik. Pastikan kendaraan kalian normal karena jalan yang dilalui lebih banyak menanjak. Selain itu siapkan juga bekal atau cemilan karena warung disini masih minim. Bawa jaket atau pakaian yang hangat karena musim kemarau seperti ini udaranya lebih dingin. Terakhir dan yang paling penting adalah selalu jaga kebersihan. Jangan buang sampah sembarangan ya? Mari sayangi dan sama-sama menjaga tempat liburan.

Baca juga artikel menarik lainnya Rohmad Dangu Purwanto.

Load More Related Articles
Load More By Rohmad Dangu Purwanto
Load More In Destinasi Wisata