Menikmati Papeda Papua dan Bir Pletok Jakarta Di Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay)

6 min read
0
25

genpijogja.com – Kamu suka wisata kuliner dan mencicipi aneka masakan nusantara? Ada warung makan baru nih, di jalan Utara Stadion No.90 (depan Jogja Bay), Ngemplak, Sleman.

Puas main di Jogja Bay, kamu bisa langsung mampir ke Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay). Kepo aja ke akun instagramnya di @WKBay. Meskipun namanya mirip, tapi Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) ini gak ada hubungannya sama sekali dengan Jogja bay. Letaknya yang strategis di dekat Stadion Maguwo juga mudah dijangkau dengan kendaraan apapun.

WKBay Lapak Makanan

Tempat ini asyik banget buat nongkrong di sore hari sampai malam hari. Bagian depan Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) ini bentuknya mirip dengan foodcourt. Tinggal pilih menu khas daerah mana yang kamu suka.

Beragam sajian khas nusantara ada di sini. Ada masakan khas Jakarta, Papua dan masakan peranakan. Masakan peranakan adalah masakan yang tercipta karena pengaruh budaya Cina. Contohnya galantine dan lontong cap gomeh. Makanan ini justru tidak ada di Negeri Cina sana. Dua-duanya asli makanan Indonesia.

GenPi Jogja berkesempatan menghadiri pembukaan Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay). Banyak menu Nusantara yang disajikan. Sesi makan malam yang serasa berkeliling Nusantara. Ada bir pletok, bakmi, galantin, ikan bumbu kuning, papeda, tahu bakso, jangkruk, aneka masakan kepiting dan masih banyak lagi.

Gimana sih suasana Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay)?

Masuk lebih ke dalam, kamu akan melewati lorong hijau warna-warni. Kenapa lorong hijau? Di lorong ini berjejer beragam tanaman sayur. Sayuran ini di tanam menggunakan planter bag. Di bagian atap lorong dipasang lampu warna-warni yang instagramable buat berfoto di malam hari.

Keluar dari lorong, kamu bakal disambut kedai kopi. Selain makanan Nusantara, kamu bisa memesan secangkir kopi. Di area belakang Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) yang luas ini, ada banyak tempat duduk di bawah naungan pohon jati.

Baca juga: WKBay, Warung Makan Oke Dekat Jogja Bay

WKBay Bagia belakang

Saat awal pembukaan Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) memang belum ada pohon bambu yang ditanam. Tapi pemilik WKBay, Ibu Betty menyampaikan bahwa Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) akan mengoleksi 30 jenis bambu dari Yogakarta.

Hal ini disampaikan dalam acara pembukaan Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) hari Sabtu, 21 Oktober 2019. WKBay buka dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Tenang, fasilitasnya lengkap kok. Ada layanan wifi gratis, biar kamu betah nongkrong di sana. Tempat ini juga cocok untuk keluarga. Setelah seharian jalan-jalan keliling Jogja, makannya di Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) saja.

Pemilik kedai makanan khas Jakarta, Nugroho, mengatakan sulit untuk menjadi anggota Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) ini. “Gak gampang jualan di sini. Karena memang dituntut memiliki cita rasa yang khas daerah asalnya. Gak boleh sembarangan. Harus sama”, ungkap beliau.

Nugroho juga bercerita soal sejarah teciptanya bir pletok. Ternyata bukan minum beralkohol. Bir Pletok merupakan minuman khas Jakarta yang diciptakan saat penjajahan Belanda. Terbuat dari ramuan rempah yang dibuat dengan cara dikocok di dalam wadah bambu.

“Jadi ada suara pletok-pletoknya gitu”, jelas pak Nugroho. “Warnanya juga mirip banget sama bir di masa itu, jadi ikutan di sebut bir deh, sama masyarakat Jakarta”.

Saat ditanya harapan ke depan, Nugroho menyampaikan bahwa ke depan ingin sama-sama berjuang mensukseskan Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay). “Ini adalah warung kita bersama”, lanjutnya.

Baca juga: Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) Sajikan Kuliner Nusantara Pilihan

WKBay Pak Singgih

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo dalam acara pembukaan, mendorong Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) bergabung dengan PHRRI dan berperan aktif memajukan wisata Jogja, sebagai pelengkap. “Jogja sudah punya atraksi, salah satunya Jogja Bay. Akses yang mudah dengan adanya bandara baru. WKBay termasuk ke dalam amenitas”, terang Singgih kepada tamu undangan.

Kamu penasaran dengan menu-menu nusantara yang ada di Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay)? Langsung saja datang bersama keluarga atau teman-teman. Dijamin rasanya benar-benar khas daerah asalnya.

Baca juga artikel terkait WKBay atau tulisan menarik lainnya Kazebara.
Load More Related Articles
Load More By Kazebara
Load More In Event