Home Kuliner Menikmati Pagi dan Kopi di Kopi Merapi

Menikmati Pagi dan Kopi di Kopi Merapi

5 min read
0
0
124

Siapa yang tak tahu dengan Gunung Merapi, gunung dengan ketinggian 2930 mdpl dan terletak di tengah Pulau Jawa ini terkenal dengan keganasannya. Siapa sangka pasca erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 lalu, area Gunung Merapi atau lebih tepatnya sisi selatan Gunung Merapi malah menjadi daerah wisata yang berkembang pesat dan dikenal dengan wisata Lava Tour.

Dimana para pengunjung diajak untuk menjelajahi sisa-sisa keganasan erupsi Merapi dengan mobil jeep ataupun motor trail. Namun tak cukup rasanya jika hanya menjelajahi sisa-sisa erupsi tanpa mencicipi sensasi secangkir kopi merapi.

Tak jauh dari jalur Lava Tour terdapat sebuah warung kopi, namanya adalah Warung Kopi Merapi. Lokasinya  juga tak jauh dari tempat wisata The Lost World Castle dan juga Stonehenge. Jarak warung kopi ini dengan puncak Gunung Merapi hanya sekitar 7 Km.

photo_2019-02-04_16-23-27

Warung Kopi Merapi terletak di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Dulunya warung kopi ini bernama Warung Kopi Petung. Namun lama-kelamaan warung kopi ini lebih dikenal dengan nama Warung Kopi Merapi.

Warung kopi ini merupakan satu-satunya bangunan yang berada diarea tersebut dan dibangun dari sisa-sisa bangunan pasca erupsi Gunung Merapi.

Warung kopi ini sendiri mengusung konsep tradisional, karena cara pengolahan kopinya masih dengan metode disangrai menggunakan wajan dari tanah liat dan kayu sebagai bahan bakar, menarik bukan?

photo_2019-02-04_16-23-21

Suasana di warung kopi ini cukup sejuk di pagi hari, sangat nyaman untuk bersantai bersama keluarga maupun sahabat karena lokasinya yang jauh dari keramaian kota. Apabila cuaca sedang cerah, pengunjung bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi yang terlihat jelas disisi utara warung kopi ini. Sambil menikmati kopi diatas kursi kayu dan meja yang terbuat dari batu sisa erupsi, sesekali terlihat truk pasir dan rombongan jeep wisatawan yang sedang melintas di Kalikuning.

Tak sedikit juga orang yang sedang asik berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi. Warung kopi ini buka dari pukul 08:00 WIB hingga 14:00 WIB, namun apabila ada rombongan pengunjung ingin memesan tempat untuk waktu diluar jam buka tersebut juga bisa. Jika berkunjung saat weekend tentukan jam yang tepat, karena biasanya Warung Kopi Merapi akan dipenuhi dengan rombongan Lava Tour dipagi hingga siang hari.

photo_2019-02-04_16-23-30

Menu yang ditawarkan cukup terjangkau, yaitu mulai Rp 4.000,- hingga Rp 12.000,-. Untuk kopi yang disajikan di warung kopi ini berasal dari perkebunan yang terletak di tanah vulkanik lereng-lereng Gunung Merapi.

Di warung kopi ini hanya tersedia 2 jenis kopi, yaitu kopi robusta dan arabika Merapi. Untuk makanan pendamping di sini tersedia aneka gorengan seperti mendoan, gedang goreng, tahu susur dan bakwan, ada juga mie instan sebagai makanan beratnya. Tersedia juga menu teh, wedang jahe, wedang secang dan susu hangat.

_DSC7655

Tak lupa para pengunjung yang ingin membeli kopi merapi sebagai buah tangan juga bisa membelinya di warung kopi ini. Tersedia dalam bentuk bubuk dalam kemasan yang siap diseduh dirumah. Bagi yang ingin berkunjung ke warung kopi ini bisa melalui Jalan Kaliurang ke utara hingga sampai perempatan Pakem lalu ambil arah ke Cangkringan.

Beberapa kilometer, ada papan petunjuk menuju Wisata Lava Merapi dan Petilasan Rumah Mbah Maridjan. Setelah melewati pos retribusi Wisata Lava Merapi, ambil arah kanan menuju Desa Petung hingga beberapa ratus meter melewati area perkampungan Desa Petung, akan terlihat bangunan dipinggir jalan dengan tulisan Kopi Merapi. Namun apabila masih bingung dengan petunjuk tersebut, bisa juga menggunakan aplikasi maps di smartphone.

Load More Related Articles
Load More By Kevin Andy
Load More In Kuliner