Menikmati Kopi Dengan Suasana Persawahan di Sederek Kopi

5 min read
0
143

Apakah kamu tahu bahwa Jogja terbagi oleh 4 Kabupaten dan 1 Kota Madya. Salah satunya adalah Kabupaten Bantul.

Bantul dikenal dengan moto-nya ijo royo-royo yang artinya tidak ada sejengkal tanah pun yang ditelantarkan sehingga baik di musim hujan maupun di musim kemarau dimana pun akan tampak suasana hijau yang rindang. Tak heran jika daerah Bantul masih dipenuhi dengan area persawahan.

Hamparan hijau sawah nampak jelas menghiasi disetiap daerah kabupaten Bantul. Tak hanya area persawahan yang begitu banyak, namun juga warung kopi yang mulai menjamur di Bantul, Salah satunya adalah “Sederek Kopi”.

Warung Kopi yang terletak di Jl. Jembatan Gantung, Ngrancah, Sriharjo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta ini berada disisi bawah dari Kebun Buah Mangunan. Cara menuju ke warung kopi ini cukup mudah.

Kamu bisa mengandalkan google maps sebagai penunjuk jalan, tinggal masukkan saja pada kolom pencarian  “Sederek Kopi”. Lokasinya berada di jalan menuju jembatan gantung Imogiri yang saat ini hanya tinggal sisa-sisa besi jembatan yang rusak karena hantaman arus banjir yang menerjang kali Oya beberapa waktu lalu.

Warung kopi ini terletak tepat dipinggir area persawahan yang berlatar belakangkan perbukitan Gunungkidul. Karena lokasinya yang berada diarea persawahan membuat warung kopi ini tampak berbeda dengan warung kopi pada umumnya.

Meja Bar Sederek Kopi
Meja Bar Sederek Kopi

Tak hanya sebatas tempat menikmati kopi, namun sang pemilik mempunyai sebuah tujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat sekitar, bahwa kopi di Indonesia itu memiliki varietas bermacam-macam, melalui secangkir kopi kamu bisa menambah persaudaraan.

Menurut sang pemilik, untuk menikmati secangkir kopi itu nggak harus mahal, yang mahal itu cerita diantara secangkir kopi. Benar saja harga menu diwarung kopi ini hanya dipatok mulai Rp.5000,- hingga Rp.15.000,-.

Bagaimana? murah bukan.

Menu Es Kopi Avocasso
Menu Es Kopi Avocasso

Menu yang ditawarkan di sini pun cukup unik, salah satunya adalah Kopi Palsu. Eitsss…tenang dulu, kopinya asli kok hanya saja nama Kopi Palsu diambil dari kepanjangan Kopi Pandan Susu.

Tentu saja kopi tersebut terbuat dari perpaduan antara kopi hitam yang dibuat dengan tekhnik pour over lalu dipadukan dengan susu dan ditambahkan pandan. Bisa dibayangkan kan? bagaimana aroma harum pandan bertemu dengan kopi susu. Kopi Palsu sendiri cocok dinikmati dengan es maupun panas, tergantung selera saja.

Ada lagi menu Kopi Avocasso, kopi yang satu ini termasuk yang paling unik karena terbuat dari perpaduan kopi espresso dengan buah alpukat. Sensasinya seperti menikmati jus alpukat susu namun ada aroma dan rasa kopi yang begitu lembut didalamnya.

Tak hanya menu-menu unik tersebut yang tersedia, menu seperti kopi tubruk dan juga manual brew pun tersedia disini. Untuk pilihan menu non-coffee sendiri tidak banyak, yaitu hanya tersedia coklat dan juga teh.Untuk menu makanan yang tersedia disini yaitu mie rebus dan mie goreng.

Daftar Menu Sederek Kopi
Daftar Menu Sederek Kopi

Warung kopi ini buka setiap hari dari pukul 17:00 WIB hingga 23:00 WIB. Jika kamu mau berkunjung, waktu yang paling tepat adalah sekitar pukul 17:00 WIB, supaya bisa menikmati sinar mentari menyapu hamparan sawah dan berakhir dengan semburat senja.

Namun jika kamu berkunjung di malam hari suasana disini juga terasa syahdu. Menikmati secangkir kopi berlantunkan suara alam menjadi salah satu daya tarik warung kopi ini. Suara jangkrik, katak, belalang dan hembusan angin yang menyapu tumbuhan padi pun menghiasi obrolan malam diwarung kopi ini.

Load More Related Articles
Load More By Kevin Andy
Load More In Tempat Nongkrong