Home Destinasi Wisata Menikmati Kesejukan di Puncak Kebun Teh Kulon Progo

Menikmati Kesejukan di Puncak Kebun Teh Kulon Progo

5 menit waktu baca
39

Udara dingin yang menyelimuti daerah pegunungan, munculnya kabut saat pagi dan sore hari menjadi salah satu sajian khas yang bisa ditemui di salah satu destinasi puncak di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya di kawasan Samigaluh. Destinasi tersebut bernama Kebun Teh Nglinggo, merupakan perkebunan teh yang dikelola dan dikembangkan oleh masyarakat agar menjadi salah satu wisata favorit di Kulon Progo.

Kekompakan masyarakat menjadi salah satu point dalam pengembangan daerah wisata ini, tentunya pemerintah juga berperan dalam pengembangan wisata tersebut. Harapannya terjadi sinergi antara masyarakat dan pemerintah untuk bersama-sama membangun serta lebih mengenalkan destinasi yang asri dan alami dari wilayah Kulon Progo, mengingat sebentar lagi Kabupaten Kulon Progo akan menjadi pintu gerbang bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Jogjakarta.

Banyak hal yang dapat dilakukan ketika berkunjung ke kebun teh Nglinggo ini, selain berfoto kalian bisa juga berjalan dan berkeliing di hamparan kebun teh yang hijau, atau sekedar berkeliling mendaki hingga ke puncak untuk mendapatkan pemandangan yang indah, diantaranya dari puncak kalian bisa melihat kawasan magelang dan purworejo dari ketinggian. Ketika cuaca sedang cerah maka pemandangan yang disuguhkan akan sangat memanjakan mata.

Setelah puas berkeliling foto dan menikmati pemandangan dan dilana rasa lelah serta lapar maka jangan ragu untuk mampir ke beberapa kedai yang ada di area kebun teh ini, kedai tersebut menyediakan aneka makanan serta minuman, bahkan tidak jarang akan menemui kuliner khas dari kabupaten Kulon Progo seperti Geblek. Jangan sampai lupa untuk mencicipi teh hasil olahan petaninya ya, rasanya nikmat karena pengolahan menggunakan metode sangrai menggunakan kuali untuk menjaga cita rasa teh.

Bagi yang ingin berkunjung ke Kebun teh Nglinggo jika dari arah kota Jogja, silakan arahkan kendaraan ke arah barat melewati jalur selatan, menyebrangi jembatan progo hingga sampai perempatan kenteng nagguan, dari sana silakan ambil jalan ke arah kanan, ikuti jalan tersebut hingga sampai di perempatan dekso yang ditengah-tengahnya ada tugu kecil, nah dari perempatan tersebut ambi jalan ke kiri terus saja ikuti petunjuk yang sudah tersedia di pinggir jalan.

Yang perlu diperhatikan adalah kendaraan harus dalam keadaan prima karena medan menanjak yang cukup panjang akan menemani perjalanan anda. Jika masih bingung silakan bertanya pada warga sekitar dijamin mereka akan membantu dengan senang hati, jangan lupa untuk bertanya dengan sopan ya. Alamat lengkap kebun teh ini berada di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Berjarak sekitar 40km dari Jogjakarta.

Harga tiket masuk kebun teh ini terbilang murah, hanya 5ribu rupiah per orang, sedangkan tarif parkirnya yaitu 2ribu rupiah untuk motor dan 5ribu rupiah untuk mobil. Jika kalian ingin menikmati spot foto yang tersedia di bukit maka harus membayar lagi sebesar 3ribu rupiah.

Fasilitas yang ada di kebun teh ini terbilang cukup lengkap mulai dari area parkir, toilet,mushola, warung, spot foto hingga homestay atau penginapan.
Segera agendakan untuk berkunjung ke kebun teh ini karena pemandangan indah dan sejuk sudah menanti kunjungan kalian.

Bagi yang suka ketenangan silakan berkunjung pada hari biasa karena jika weekend maka pengunjung akan membludak. Jangan lupa juga membeli oleh-oleh khas yang ada di kebun teh Nglinggo ini ya seperti Teh dan Kopi hasil olahan warga, peyek pegagan dan juga gula aren, semua itu bisa dibeli di warung-warung yang ada di area kebun teh Nglinggo.

Muat Lagi Dari Rohmad Dangu Purwanto
Muat Lebih Banyak Di Destinasi Wisata