Home Kuliner Menikmati Gurihnya Soto Tahu Kemasan

Menikmati Gurihnya Soto Tahu Kemasan

6 menit waktu baca
175

Pagi itu, seorang teman mengajak saya untuk sarapan. Mulanya kami bingung ketika hendak memilih warung mana yang menyajikan sarapan enak dan menyehatkan. Berbekal informasi singkat dari Google Maps, kami mengetahui keberadaan Soto Tahu Kemasan dengan sederet reputasi baiknya yang tida perlu diragukan. Akhirnya kami memutuskan untuk menyambanginya.

Warung Soto Tahu Kemasan ini berlokasi persis di Jalan Ringroad Selatan. Jika dari arah Kotagede, kamu bisa lurus terus mengikutinya lewat jalur lambat, dan warung ini akan berada di gang kedua sebelum jembatan. Papan tanda warung ini akan terlihat cukup besar di sisi kiri jalan ketika kita menyusurinya.

Sesampainya di sana, memang secara fisik yang akan kita jumpai hanyalah sekadar gubuk sederhana yang sebagian besarnya terbuat dari kayu ringan dan bambu. Namun siapa sangka bahwa sepagi itu, warung soto ini sedang menerima banyak pelanggan yang makan di tempat. Bahkan, karena begitu ramainya, kami hampir saja tidak mendapat tempat duduk.

Kami memesan soto tahu biasa untuk dimakan di tempat, dengan minuman standar yang biasa ditemukan di warung-warung. Niatnya memang kami hendak mengobrol dulu sembari menunggu pesanan datang. Nyatanya, baru saja duduk dan belum sempat memulai percakapan, ternyata soto sudah dihidangkan, lengkap beserta dengan minumannya.

Soto Tahu Kemasan

Seperti namanya, soto ini memang menjadikan tahu sebagai lauk utama yang ada di dalamnya. Cocok bagi para vegetarian, karena potongan-potongan daging yang seringnya mengisi soto, di sini akan digantikan dengan irisan tahu bacem yang sama nikmatnya. Tentu saja selain tahu, di dalam kuahnya kamu bisa menemukan nasi, kubis, tauge dan berbagai sayuran lain yang memang biasanya ada di dalam penyajian soto.

Bedanya, kuah yang disajikan dalam soto ini terasa begitu wangi. Sesapan pertama, dan juga seterusnya, terasa begitu gurih. Berbeda dengan soto lain yang seringkali komposisinya tidak terlalu seimbang. Meski tanpa daging, namun kaldu yang digunakan di dalam soto ini justru menggunakan kaldu dari ayam kampung asli.

Selain dari yang tersaji di dalam mangkok, di Warung Soto Tahu Kemasan ini kita juga bisa menambahkan berbagai macam lauk tambahan mulai dari sate ampela, sate usus dan sebagainya. Lauk-lauk tambahan ini memang sudah benar-benar disiapkan untuk menemani semangkuk soto yang merupakan menu utama mereka.

Di atas setiap meja juga sudah disiapkan daun kemangi dalam satu piring khusus yang bisa diambil secara cuma-cuma. Memang tidak dimasukkan ke dalam mangkok karena takaran daun kemangi setiap orang tidaklah sama. Kombinasi antara kuah soto yang gurih dengan daun kemangi yang wangi benar-benar akan memberikan sensasi rasa yang ringan namun mengigit.

Satu hal yang mungkin tidak bisa ditemukan di atas meja adalah sambal. Karena memang cabe disajikan di dalam mangkoknya secara langsung. Itulah kenapa begitu pertama kali kita memesan makanan, kita langsung akan ditanyai apakah mau pedas atau tidak, dan berapa cabai yang ingin kita gunakan. Kustomisasi tingkat kepedasan bisa dilakukan langsung ketika memesan semangkuk soto.

Harga yang ditawarkan untuk makan disini cukup terjangkau. Semangkuk soto sebagai sajian utama hanya dibandrol sebesar Rp. 9000. Kemudian harga aneka lauk tambahannya cukup bervariasi, mulai dari Rp. 3000 hingga Rp. 5000 saja. Sangat pas untuk ukuran anggaran sarapan orang Jogja.

Warung ini buka mulai pukul 6 pagi hingga 2 siang. Cukup singkat memang, karena mereka memang memfokuskan diri untuk sarapan. Namun waktu terbaik untuk mencicipi hidangan lezat dari Bantul ini adalah antara 08.00 – 10.00, dimana itu adalah waktu terbaik untuk melakukan sarapan sambil merasakan hawa segar dari udara pagi.

Tertarik untuk mencoba sarapan dengan kuliner Bantul yang sangat direkomendasikan? Langsung saja datang ke Warung Soto Tahu Kemasan!

Muat Lagi Dari Pandu Rijal
Muat Lebih Banyak Di Kuliner