Home Kuliner Menikmati Bothok di Toko Bothok Angkring

Menikmati Bothok di Toko Bothok Angkring

5 menit waktu baca
76

Ternyata nenek moyang kita tidak hanya mewariskan bangunan megah seperti Candi Prambanan dan Borobudur. Akan tetapi makanan khas dibungkus dengan daun pisang dan dikukus menimbulkan aroma  yang menggugah selera. Bothok adalah makanan khas dari bahan dasar parutan kelapa dan umumnya dicampur petai china.

Di Indonesia, ada berbagai macam penyebutan untuk petai china. Yang paling umum adalah kemandlingan (bahasa Jawa) atau lamtoro. Tentunya, lamtoro yang digunakan untuk bothok adalah lamtoro yang kecil, bukan lamtoro besar yang disebut lamtoro gung.

Toko Bothok Angkring

Siapa sangka, saya masih dapat menemukan makanan ini di Bantul. Uniknya, Bothok yang tersedia di sini terdiri dari berbagai macam variasi. Mulai dari Bothok Kecombrang, Udang Kali, Terlur Asin, hingga pedas yang berisi isi cabe. Selain yang disebut tadi masih ada 28 menu Bothok lainnya. Setiap hari selalu ada menu Bothok yang berbeda.

Bothok Kecombrang adalah bothok yang dicampur bunga kecombrang. Aroma khas kecombrang yang wangi biasa digunakan untuk campuran nasi goreng. Dipadukan menjadi bothok, membuat wangi khas kecombrang bercampur dengan gurihnya kelapa. Dimakan dengan nasi hangat rasanya nikmat. Harga satu bungkus Bothok Kecombrang Rp8.000.

Bagi pecinta pete wajib mencoba Botho Pete yang kreyes-krenyes. Pete yang dikukus bersama parutan kelapa sekitar 30 menit masih terasa renyah. Bersanding dengan ikan goreng pasti semakin membuat lidah bergoyang.

Bagi kamu yang ingin menikmati Bothok dengan berbagai campuran, kunjungi saja Toko Bothok Angkring yang berlokasi di Jl. Karawitan No.III, Sanggrahan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184.

Selain menu Bothok yang khas, tetapi juga menyediakan berbagai makanan khas Jawa yaitu Gecok Menthok, aneka Lodeh, Bobor, hingga Brongkos.

Bothok khas Toko Bothok Angkring

Menu minuman menyegarkan yang tidak kalah nikmatnya yaitu Es Pakel. Buah Pakel yang kurang memiliki nilai ekonomi diolah menjadi es yang menjadi salah satu minuman primadona di Toko Bothok Angkring.

Jika menginginkan minuman hangat berbagai wedang yang akan membuat tenggorokan lega tersedia wedang secang, sereh, jahe, teh bunga telang, rosela. Eits, jangan salah. Toko Bothok Angkring juga menyediakan Wedang Pakel yang pastinya tidak akan kamu temui di tempat lain.

Jika Es Pakel dapat predikat sebagai minuman menyegarkan paling primadona, maka untuk minuman dengan predikat unik jatuh pada Teh Bunga Telang. Pengunjung dapat melihat perubahan dari warna ungu menjadi biru saat teh bunga telang dicampur dengan jeruk nipis. Harga aneka minuman mulai dari Rp5.000.

Toko Bothok Angkring bisa dikunjungi mulai pukul 11.00-23.00 WIB setiap harinya. Jika minat memesan Bothok dengan jumlah besar untuk acara arisan hingga kumpul bersama keluarga dirumah. Kita dapat memesan melalui aplikasi di smartphone untuk pesanan jumlah kecil. Jika pesanan lebih dari 10 bungkus bisa gratis ongkir area kota Jogja lho.

Jika ingin makan di Toko Bothok Angkring, kita bisa bebas mengambil nasi sendiri. Menikmati suasana warung dengan dekorasi kayu dan bambu.

Cerita berdirinya Toko Bothok Angkring bermula dari even Pasar Kangen 2018 yang sukses hingga pesanan membludak. Pasar Kangen sendiri adalah even tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2007 di Jogja berlokasi di halaman Taman Budaya Yogyakarta.

“Banyaknya pelanggan yang menanyakan lokasi warung, membuat kami akhirnya mendirikan Toko Bothok Angkring”, jelas mbak Endah, salah satu founder Toko Bothok Angkring. 7 Januari 2019 adalah soft opening dari Toko Bothok Angkring.

Selain melestarikan makanan tradisional yang saat ini sudah sulit ditemui, Toko Bothok Angkring mengadakan Pasar Senggol yang digelar setiap sabtu di minggu ke-3 setiap bulan. Mulai dari produk otentik seperti kopi klumbruk, olahan jamur dan masih banyak lagi mewarnai Pasar Senggol yang unik.

Muat Lagi Dari monyoku
Muat Lebih Banyak Di Kuliner