Mencicipi Mangut Lele Sayur Lompong Cengkir Heritage Resto and Coffe

6 min read
0
21

genpijogja.com – Azan magrib berkumandang ketika tiba di Cengkir Heritage Resto and Coffe. Meski sudah waktunya berbuka, kami tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan terlebih dahulu.

Di bagian depan Cengkir Heritage Resto and Coffe, berdiri bangunan Joglo yang terbuat dari kayu dan meja kursi jaman dulu. Suasana tempo dulunya benar-benar terasa ditambah dengan hiasan barang-barang antik.

Nikmatnya Mangut Lele Sayur Lompong Cengkir Heritage Resto and Coffe

Memang, bangunan dengan gaya jawa seperti ini sudah biasa di kota Jogja. Mulai bermunculan resto dan cafe dengan gaya yang sama. Tapi, Cengkir Heritage Resto and Coffe menyuguhkan menu yang akan sangat jarang kamu temui.

Di mana lagi bisa menjumpai nasi yang berada di dalam kukusan dan dandang, selalu hangat karena diletakkan di atas pawon (tempat memasak masyarakat jawa sebelum adanya kompor)?

Aku sendiri cukup terkejut dengan cara penyajian nasinya. Kamu harus merasakan sensasi mengambil nasi sambil sedikit menghirup asap kayu bakar. Semerbak aroma sangit katanya membuat nasinya justru semakin enak. Nasi yang pulen semakin sedap rasanya.

“Dari dulu konsepnya gitu, mbak. Pakai tungku. Kan kita mengusung heritage,” ujar Fani marketing media sosial Cengkir Heritage Resto and Coffe.

Nikmatnya Mangut Lele Sayur Lompong Cengkir Heritage Resto and Coffe 3

Selesai mengambil nasi kamu bisa bebas memilih sayuran dan lauk yang tersedia di atas meja kayu. Namanya juga mengusung tema heritage. Sayur dan lauknya diletakkan di atas alat makan berbahan gerabah.

Banyak menu unik yang sangat jarang ditemui di restoran lainnya. Di rumah makan ini tersedia makanan dan minuman ndeso.

Untuk makanannya ada sayur lodeh jantung pisang, sayur lompong, tempe lombok ijo, dan sop. Dilengkapi dengan lauk tempe garit, bakwan, terong, telor dadar, ayam goreng, dan mangut lele.

Kalau suka pedas ada sambal terasi yang siap memuaskan lidahmu.

Nikmatnya Mangut Lele Sayur Lompong Cengkir Heritage Resto and Coffe 6

Untuk minumannya tersedia wedang uwuh, jahe, kunyit asam, beras kencur, teh tarik, lemon tea, coklat dan beragam jenis kopi.

Ada mini bar juga loh di bagian dalam. Kamu bisa memesan kopi sekaligus nongkrong di depan bar sambil ngobrol.

Aku sudah berniat memilih manggut lele dan sayur lompong ketika memutuskan berkunjung ke Cengkir Heritage Resto and Coffe. Ketika teringat batang talas, yang ada dalam imajinasi adalah sayur dengan tekstur yang cukup keras.

Ternyata aku salah, sayur lompong teksturnya lunak. Mirip terong yang ditumis dan lembut ketika dikunyah.

Ngangenin sih sayur lompong dan nasi dandangnya. Karena sangat jarang bahkan mungkin paduan yang baru ada di Cengkir Heritage Resto and Coffe ini. Ditambah dengan mangut lele dan sambal terasi, sungguh nikmat.

Nikmatnya Mangut Lele Sayur Lompong Cengkir Heritage Resto and Coffe 8

Kalau kamu lagi tidak ingin makan berat, ada juga pilihan snack tradisional seperti jadah bakar, pisang goreng, dan mendoan. Bisa dijadikan camilan sambil rapat atau ngobrol santai ramai-ramai.

“Kalau camilannya kita yang favorit sih pisang goreng terus ada mendoan sama jadah. Kalau untuk lauknya telur dadar krispi. Sayuran ada lompong, genjer, lodeh jantung pisang,” ungkap Fani.

Cengkir Heritage Resto and Coffe cocok untuk makan bersama keluarga dan rombongan. Kalau kamu ada acara atau rapat, Cengkir bisa jadi pilihan pertama dalam list-mu.

Fasilitas Cengkir Heritage Resto and Coffe lengkap, ada kamar mandi yang bersih, mushola di bagian belakang, tempat yang luas, parkir juga luas, dan live musik di hari tertentu.

“Musik kalau malam hari Selasa. Siang ada hari Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu. Tapi ketika Ramadan ini belum mulai lagi,” tutur Fani.

Nikmatnya Mangut Lele Sayur Lompong Cengkir Heritage Resto and Coffe 1

Mushola Cengkir Heritage Resto and Coffe terletak di samping restoran dan cukup terpencil. Bangunannya unik dan suasanannya sunyi. Cocok sekali untuk beribadah.

Di tepi mushola dipenuhi dengan pepohonan rindang. Kamu juga akan melewati taman kecil ketika berjalan menuju mushola. Cocok sebagai tempat berfoto untuk media sosialmu. Serasa berada di pinggir hutan saking asrinya.

Tidak hanya itu, di taman Cengkir Heritage Resto and Coffe terdapat sungai dengan air yang masih bersih, tapi karena aku datang malam, jadi tidak sempat melihatnya.

Penasaran pengen makan menu ala ndeso dengan suasana asri pedesaan? Langsung saja datang ke Cengkir Resto and Coffe di Jalan Sumberan II NO.4 Dusun Ngentak, Desa Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman.

Load More Related Articles
Load More By Kazebara
Load More In Kuliner