Mencecap Nikmat Sate Kambing Pak Jogo

7 min read
0
309

Saya adalah satu dari sekelompok kecil umat manusia yang tidak terlalu doyan dengan sate kambing. Biasanya, alasan yang digunakan oleh orang-orang untuk tidak makan sate kambing adalah karena alasan-alasan medis, seperti menghindari darah tinggi, terlalu banyak kolestrol dan sebagainya. Tapi alasan saya tidak terlalu menyukainya hanyalah karena saya masih belum bisa menemukan titik kenikmatan dari olahan daging kambing tersebut.

Hingga kemudian, kabar tentang kelezatan sate kambing di Sate Pak Jogo hadir dan mengubah persepsi saya soal makanan ini. Meskipun sekarang lebih dikenal sebagai “Sate Kambing & Ayam Pak Jogo”, namun sate kambing Pak Jogo masih saja menjadi menu andalan serta sebagai daya tarik utama mereka. Akhirnya, saya mendatangi warung “Sate Kambing & Ayam Pak Jogo” seorang diri untuk makan malam.

Saat datang kemari, kita akan merasakan keramahan seorang ibu yang akan mencatat pesanan kita. Ada banyak sekali olahan menu kambing dan juga ayam yang tersedia untuk dipesan di “Sate Kambing & Ayam Pak Jogo”. Mulai dari sate, tongseng, gulai bahkan hingga nasi goreng. Harga yang dibandrol untuk setiap menunya pun hanya berkisar 20 ribuan saja untuk satu porsi.

Karena saya kemari untuk merasakan sate kambing, maka saya memesan menu utama mereka yang satu ini, dan juga ditambah segelas es teh manis.

salah satu pegawai Sate Kambing Pak Jogo sedang membakar sate

Sambil menunggu pesanan, saya menghabiskan waktu dengan melihat-lihat interior ruangan mereka yang terkesan kuno dengan dinding-dinding yang sedikit lapuk. Tidak seperti rumah makan mewah yang semuanya baru dan serba mengkilap. Tapi justru menurut saya, dari situlah kesan legendaris di “Sate Kambing & Ayam Pak Jogo” muncul. Seolah, tempat ini masih menyajikan sate yang sama sejak 1984, tahun dimana Pak Jogo mulai membuka warungnya.

Saking terkenalnya “Sate Kambing & Ayam Pak Jogo” ini, di beberapa sudut, kamu juga bisa menemukan foto-foto artis terkenal yang juga menikmati masakan di warung ini. Sebut saja seperti Farah Quinn, Tukul Arwana, serta artis-artis lain yang ikut menampakkan wajah bahagianya di dalam figura.

Kemudian pesanan saya datang. Terhitung tidak sampai 15 menit saya menunggu, menu pesanan saya sudah tersedia di atas meja. Sepiring nasi putih, sate kambing, serta segelas es teh manis tentunya. Sate kambingnya terhidang tanpa tusuk, dan memang dengan begini jauh lebih memudahkan kita untuk menyantapnya.

Sate kambing +nasi & es teh

Sate kambing ala “Sate Kambing & Ayam Pak Jogo” tersaji dalam baluran kecap manis yang begitu kental. Jika menikmatinya dalam kondisi apa adanya, maka hanya manisnya saja yang akan terasa. Mereka memang tidak menyediakan sambal ataupun saos. Sebagai gantinya, ada cabe utuh tersedia di meja dan siap digunakan.

Saya penasaran dan coba mulai mengaduk cabai untuk disatukan ke dalam sate. Ternyata, perpaduan antara biji cabai dengan kecap manis di dalam sate kambing ini sangat pas. Kenikmatan itu ditambah dengan dagingnya yang tidak amis dan tidak alot. Bumbunya pun meresap sampai ke bagian dalam daging yang empuk.

Seperti biasa, sate kambing ala “Sate Kambing & Ayam Pak Jogo” disajikan bersama potongan kubis. Sate Pak Jogo menyediakan potongan kubis yang begitu kecil dan tipis, sehingga kerenyahan sayurannya terasa lebih ringan. Sangat ideal untuk menemani setiap gigitan daging yang masuk ke mulut.

Saya begitu puas dengan sajian yang mereka hidangkan. Tidak heran juga jika banyak orang yang tergila-gila dengan sate kambing olahan “Sate Kambing & Ayam Pak Jogo”.

Warung “Sate Kambing & Ayam Pak Jogo” berlokasi di Jalan Plumbon, Modalan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Tidak sampai 5 menit jika kamu berjalan kaki ke arah barat dari Jogja Expo Center (JEC). Tepat di sebelah utara pohon beringin yang ada di dekat sana. Sangat cocok buat kamu yang sedang berada di JEC dan ingin mampir ke kuliner khas Bantul yang legendaris ini.

Setiap harinya, “Sate Kambing & Ayam Pak Jogo” dari pukul 09.00 WIB dan akan tutup pada pukul 21.00 WIB. Biasanya, banyak orang menikmati warung “Sate Kambing & Ayam Pak Jogo” sebagai tempat makan siang ataupun makan malam bersama keluarga. Sehingga, selain yang berada di halaman utama, sudah disiapkan tempat parkir lain persis di depan warung yang memang dikhususkan untuk kendaraan roda empat.

“Sate Kambing & Ayam Pak Jogo” benar-benar memberikan saya pengalaman terbaik dalam makan sate kambing dan merubah persepsi saya tentangnya. Berikutnya adalah giliran kamu yang harus merasakannya.

Selamat menikmati Sate Kambing & Ayam Pak Jogo!