Melihat Sisi Lain Kulon Progo Dari Wisata Alam Pulepayung

6 min read
0
18

genpijogja.com – Musim kemarau seperti sekarang ini, berlibur menjadi hal yang paling ditunggu. Mendinginkan tubuh dan pikiran dari panasnya keadaan dan penatnya pekerjaan.

Pastinya kita menginginkan berkunjung ke tempat yang sejuk dan menyenangkan agar selama liburan kita bisa bersantai dan men-charge energi untuk kembali ke rutinitas selanjutnya.

Melihat Sisi Lain Kulon Progo Dari Wisata Alam Pulepayung
Melihat Sisi Lain Kulon Progo Dari Wisata Alam Pulepayung

Wisata alam adalah salah satu pilihan terbaik untuk berwisata saat musim kemarau seperti sekarang. Sejuk dan rindangnya pepohonan akan membuat suasana semakin hangat. Bagi beberapa orang berkunjung dan menikmati keindahan alam, baik desa maupun pegunungan, bisa menciptakan kepuasan tersendiri.

Berbagai daerah berlomba untuk mengelola wisata alam dengan segala keunggulannya, tak terkecuali Kulon Progo. Kabupaten yang berada paling barat dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Saat ini banyak bermunculan destinasi wisata alam yang dikelola baik oleh masyarakat maupun kelompok tertentu. Kabupaten yang menguasai daerah perbukitan Menoreh ini memunculkan berbagai destinasi wisata alam yang layak di kunjungi dan patut dijadikan destinasi pilihan liburan.

Salah satunya wisata alam Pulepayung yang berada di dusun Soropati, desa Hargotirto, kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Wisata alam Pulepayung menawarkan berbagai wahana serta keindahan alam bagi para pengunjung. Ada pula spot foto bagi para pecinta konten yang instagramable, tentunya tersedia pemandu dan staf yang akan membantu dalam pengambilan foto di berbagai spot wisata alam Pulepayung.

Melihat Sisi Lain Kulon Progo Dari Wisata Alam Pulepayung
Melihat Sisi Lain Kulon Progo Dari Wisata Alam Pulepayung

Wisata alam Pulepayung berjarak 10 km dari pusat kota Kulon Progo (ditarik dari Alun-Alun Wates). Wisata alam Pulepayung memiliki jalur tempuh yang lumayan mudah. Bisa dibilang tidak terlalu sulit untuk menemukan wisata alam Pulepayung, cukup arahkan kendaraan kalian ke arah barat dari Alun-Alun Wates melewati RSUD Wates, kemudian ikuti jalan yang mulai menanjak mengarah ke Waduk Sermo.

Benar sekali, wisata alam Pulepayung memang berada di sebelah barat Waduk Sermo. Banyak pengunjung yang menjadikan Waduk Sermo sebagai gerbang wisata untuk mencapai destinasi wisata alam selanjutnya. Nah, memasuki Waduk Sermo, ikuti saja jalan melingkar yang ada di sisi waduk sampai menemukan pertigaan agak besar, kemudian ambil arah ke kanan. Kalau masih bingung, cari pertigaan ini kemudian bisa bertanya ke warga sekitar di mana lokasi wisata alam Pulepayung.

Dari pertigaan tersebut, kalian akan menjumpai pemandu jalan dikarenakan jalan yang akan dilewati selanjutnya mulai menanjak dan berubah menjadi agak sempit. Bagi yang tidak berani membawa kendaraan sendiri bisa menyewa jeep sebagai alat transportasi untuk mencapai obyek wisata alam Pulepayung ini. Namun bagi Anda yang berani membawa kendaraan sendiri, dipersilakan untuk memacu kendaraannya hingga mencapai wisata alam Pulepayung.

Sebagai bonus perjalanan, di sepanjang jalan kalian akan disuguhi suasana sejuk khas pegunungan dengan kerindangan pohon. Juga di beberapa titik, banyak keindahan view yang tentunya sayang dilewatkan begitu saja.

Melihat Sisi Lain Kulon Progo Dari Wisata Alam Pulepayung
Melihat Sisi Lain Kulon Progo Dari Wisata Alam Pulepayung

Harga tiket masuk ke obyek wisata alam Pulepayung ini sebesar Rp6.000 untuk satu orang dan tiket parkir Rp2.000 untuk kendaraan bermotor. Di area wisata alam Pulepayung ini terdapat beragam pilihan spot untuk dikunjungi, mulai dari spot untuk bersantai sampai spot yang memacu adrenalin.

Tidak hanya untuk pengunjung dewasa, tapi spot yang ada di wisata alam Pulepayung juga disediakan untuk anak-anak. Harga per spot pun beragam mulai dari Rp5.000 hingga Rp20.000 untuk satu orang pengunjung.

Dari segi fasilitas obyek wisata alam Pulepayung terbilang cukup lengkap, di antaranya toilet, gazebo untuk bersantai, mushola, tempat sampah dan tentunya warung-warung yang menyediakan aneka kuliner.

Jadi, tunggu apalagi? Segera agendakan untuk berkunjung ke wisata alam Pulepayung dan rasakan sensasi memandang Kulon Progo dari perbukitan.

Load More Related Articles
Load More By Rohmad Dangu Purwanto
Load More In Destinasi Wisata