Melihat Jejak Yogyakarta dalam Pameran Linimasa Prangko

5 min read
0
27

Jejak-jejak Kota Yogyakarta dan Malioboro hadir dalam Pameran Linimasa Prangko di Hotel Phoenix Yogyakarta, Selasa (6/6/2023).

Pameran bertajuk “Bertemu Malioboro” ini dibuka oleh Pj Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo S.H, M.Ed, dan akan berlangsung 6 hingga 9 Juni 2023 mendatang.

Pameran tersebut menghadirkan visualisasi yang mengisahkan perjalanan Yogyakarta melalui linimasa prangkonya. Prangko menjadi media pameran yang telah dipergunakan sejak tahun 1950-an, bahkan Yogyakarta telah menjadi wajah Indonesia melalui berbagai benda pos. Bersama benda-benda koleksi dari 19 museum di Kota Yogyakarta, dijahitlah sebuah cerita perjalanan Yogyakarta dengan segala keistimewaannya.

Pameran Linimasa Perangko Hotel Phoenix 2023

“Dengan adanya pameran dan launching prangko ini sebagai media promosi yang pasti sangat efektif. Sebab, prangko adalah media yang bisa ke mana-mana, sehingga menjadi bagian strategis dari promosi Kota Yogyakarta, khususnya bagi Malioboro di Hari Ulang Tahun ke 76 pemerintah Kota Yogyakarta,” kata Singgih di sela pembukaan Pameran Linimasa Prangko.

Singgih mengatakan bahwa pameran ini merupakan momentum yang sangat baik untuk dapat secara bersama-sama mengangkat kembali dan lebih menduniakan Malioboro menjadi bagian dari Kota Yogyakarta.

“Prangko adalah media yang sangat efektif untuk promosi, karena tidak hanya sebagai media untuk berkirim surat, tapi juga dapat digunakan sebagai koleksi,” imbuh Singgih.

Sementara itu, dalam sambutannya Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta, Ir. Aman Yuriadidjaya mengatakan acara ini dan segala rangkaiannya sangat berarti bagi pemerintah Kota Yogyakarta.

Terutama Malioboro, karena tempat ini, kata Aman, pada hakikatnya merupakan sebuah media perlintasan dimensi bagi banyak kepentingan, sehingga perlu untuk menjadi sesuatu yang dikuatkan.

“Bahkan, boleh dikatakan bahwa Malioboro ini adalah Leading Museum bagi Yogyakarta,” jelas Aman.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Yetti Martanti, S.Sos., M.M menambahkan bahwa Pameran Linimasa Prangko merupakan pengiring agenda besar Kota Yogyakarta yakni peringatan HUT ke 76 Pemerintah Kota Yogyakarta.

PC Ambarrukmo Hotel

Peringatan ini ditandai dengan salah satu momen penting yakni Peluncuran Sering Prangko Malioboro yang resmi diluncurkan pada Rabu (7/6/2023) esok.

“Untuk sampai pada momen hari ini, Pemerintah Kota Yogyakarta telah menggandeng tenaga ahli dari berbagai latar belakang keahlian, baik ahli sejarah, arsitektur urban design, antropologi, maupun seni untuk melakukan penelitian, pengkajian dan diskusi tentang seluk beluk Malioboro sebagai sebuah laboratorium komunal yang melintasi zaman,” papar Yetti.

Pameran Linimasa Prangko menampilkan sebuah visualisasi perjalanan Malioboro dari masa ke masa melalui benda-benda pos atau filateli.

Dalam pameran ini juga ditampilkan karya beberapa lukisan penanda zaman Malioboro milik Pemerintah Kota Yogyakarta yang merupakan hasil goresan tinta pelukis Astuti Kusumo.

Pameran Linimasa Perangko 2023

Acara pembukaan Pameran Linimasa Prangko diawali dengan diselenggarakannya talkshow bertema “Malioboro dan Prangko”.

GKBRAA Paku Alam menambahkan “Saya turut bahagia , Malioboro diabadikan dalam Prangko. Saya pengumpul Sampul Hari Pertama dan aktifitas filateli ini tetap tumbuh” turut hadir Narasumber Ir. Ika Putra, M.Eng, Ph.D yakni Pakar Tata Rancang Kota UGM, Dr. Soewarno Wisetrotomo selaku Kurator Seni Rupa dari Fakultas Seni Rupa Pascasarjana ISI Yogyakarta, serta R. Krisna Eka Putra.

Load More Related Articles
Load More By Pras Chandrawardhana
Load More In Event