Mau Naik Kereta Bandara Menuju YIA? Begini Caranya

7 min read
0
132

genpijogja.com – Sejak Desember 2019, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah mengumumkan bahwa semua maskapai penerbangan akan pindah dari Adisutjipto Airport di Sleman ke Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo.

“Yang tadinya JOG menjadi YIA, itu ada di 29 Maret (2020). Sehingga nanti serentak, yang domestik dan internasional seluruhnya akan dipindahkan. Sebanyak 16 pergerakan penerbangan internasional dan 150 domestik,” ungkap General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) untuk Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Agus Pandu Purnama.

Kepindahan ini tidak diikuti penerbangan pesawat baling-baling (propeller). Pesawat jenis ini akan tetap berada di Adisutjipto Airport di Sleman.

Mau Naik Kereta Bandara Menuju YIA Begini Caranya (2)

Agus juga menjelaskan bahwa pemindahan aktivitas pelayanan dimaksudkan untuk mengoptimalkan peran Yogyakarta Internasional Airport (YIA) sebagai pintu masuk untuk kawasan DI Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan. “Ya nanti tanggal 29 Maret, aktivitas penerbangan akan dipindahkan ke bandar udara yang baru,” kata Pandu saat ditemui media, Kamis (13/2/2020).

Yogyakarta Internasional Airport (YIA) memiliki terminal seluas 219.000m2 yang mampu menampung 20 juta penumpang per tahunnya dengan runway seluas 3.250 x 45m2. Selain itu Yogyakarta Internasional Airport (YIA)  juga didukung oleh akses kendaraan baik bus maupun kereta api yang memudahkan para penumpang.

“Kami melihat bahwa YIA ini bisa mendorong aksestabilitas orang yang mau ke tempat-tempat wisata misalnya Borobudur. Ini bisa dijangkau langsung dari YIA,” lanjutnya.

Data Angkasa Pura 1 Yogyakarta mengungkapkan bahwa pembangunan Yogyakarta Internasional Airport (YIA) telah memiliki multiplier effect bagi kawasan DIY, khususnya Kulon Progo.

Keberadaan bandara itu telah meningkatkan pertumbuhan ekonomi di bagian DIY paling barat tersebut. Selain itu, proyek pembangunaN Yogyakarta Internasional Airport (YIA) juga berhasil menurunkan tingkat pengangguran di Kulon Progo dari 3,7% pada 2015 menjadi 1,4% pada 2018 atau yang paling tinggi ke posisi terendah se-DIY.

Terkait kepindahan semua maskapai penerbangan dari Adisutjipto Airport di Sleman ke Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo, pemerintah telah membangun sejumlah akses demi kemudahan transportasi publik bagi wisatawan.

Mau Naik Kereta Bandara Menuju YIA Begini Caranya

Wisatawan dari luar kota yang hendak naik kereta bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) bisa mengawali perjalanan dengan turun di Stasiun Wojo Purworejo lalu melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta Internasional Airport (YIA)  naik shuttle bus Damri.

Setelah tiba di Yogyakarta Internasional Airport (YIA), wisatawan bisa langsung membeli tiket kereta bandara di loket tiket. Tiket kereta bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA)  ini bisa dibeli secara on the spot atau go show maupun menggunakan aplikasi KAI Access.

Pihak bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA)  pun telah merilis jadwal kereta bandara terbaru di akun Instagram @bandarayogyakarta agar wisatawan lebih mudah mengupdate informasi terbaru.

Jadwal pemberangkatan pertama kereta bandara dimulai dari Stasiun Maguwo Sleman pukul 10.40 WIB, dengan pemberhentian di Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 10.49 WIB, Stasiun Wates Kulon Progo pukul 11.15 WIB, hingga berhenti di Stasiun Wojo Purworejo pada pukul 11.26 WIB.

Penumpang kereta bandara kemudian diarahkan untuk menaiki shuttle bus Damri yang telah disediakan untuk langsung menuju area keberangkatan Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo. Harga tiket shuttle bus Damri dibanderol Rp15.000 per orang, akan tetapi free jika penumpang bisa menunjukkan tiket pesawat keberangkatan.

Sebaliknya, jika wisatawan mengawali titik keberangakatan dari Yogyakarta Internasional Airport (YIA)  bisa langsung membeli tiket kereta di loket Damri. Shuttle bus akan berangkat menyesuaikan waktu keberangkatan kereta di Stasiun Wojo Purworejo, yaitu mulai pukul 14.04 WIB.

Kereta bandara dari Yogyakarta Internasional Airport (YIA) akan tiba di Stasiun Tugu sekitar pukul 14.43 WIB dan terakhir di Stasiun Maguwo pada pukul 14.55 WIB.

Mau Naik Kereta Bandara Menuju YIA Begini Caranya (3)

Selain naik kereta bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA), wisatawan punya alternatif lain, yaitu dengan menaiki kereta Prambanan Ekspress (Prameks) yang berhenti di 2 (dua) stasiun terdekat dari Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo.

Wisatawan bisa naik kereta Prambanan Ekspress (Prameks) dan berhenti di Stasiun Wates atau Stasiun Wojo Purworejo. Tiket kereta Prambanan Ekspress (Prameks) bisa langsung dibeli pada hari keberangkatan maupun secara online menggunakan aplikasi KAI Access.

Setelah naik kereta Prambanan Ekspress (Prameks) dan berhenti di salah satu stasiun, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo dengan naik bus Damri atau ojek online. Waktu tempuh dari Stasiun Wates atau Stasiun Wojo Purworejo menuju Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo pun tidak terlalu jauh berbeda, yaitu sekitar 15 menit perjalanan.

Melansir dari akun Instagram @bandarayogyakarta, wisatawan juga bisa menggunakan layanan Damri, SatelQu dan taksi berargometer jika ingin diantar langsung ke Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo tanpa perlu berpindah moda transportasi.

Load More Related Articles
Load More By pacarkecilku
Load More In Tips Traveling