Mau Bikin Video? Ini 5 Source Backsound Gratis Bebas Copyright

7 min read
0
219

genpijogja.com – Apa kabar, Guys? Tentunya semua baik-baik saja kan. Kali ini gue akan membahas seputar tentang backsound atau musik, karena video tidak terlepas dari adanya material yang satu ini. Tanpa musik, video sebagus apapun akan terasa hampa dan kurang membangun cerita. Video dan musik saling melengkapi satu sama lain.

Sebelum membahas tips mendapat musik tanpa copyright, mari kita bahas dulu fenomena Video Content Creator sekarang. Konten video memang menjadi sesuatu yang sangat diminati oleh kaum Milenial. Salah satu media sosial yang memfasilitasi konten video adalah YouTube. Siapa pun bisa mengakses YouTube, baik untuk menjadi penonton maupun menjadi kreator. YouTuber adalah sebutan untuk konten kreator di YouTube.

Sebagai YouTuber, kamu bisa membangun channel dan mengelolanya sendiri, mulai dari pemilihan konten di pra-produksi sampai tahap penyuntingan di pascaproduksi.

Tahap akhir dari pembuatan video adalah mixing. Apa itu mixing? Mixing adalah tahap penggabungan seluruh unsur suara yang membangun video, seperti sound effect dan background music.

Dalam tahap pascaproduksi ada dua komponen yang harus diperhatikan, yaitu visual effects dan sound effects. Sound effects dan background music akan menjadi komponen yang juga menentukan menarik atau tidaknya sebuah video.

Pada dasarnya sound effect dan background music digunakan untuk membangun mood konten video. Yang harus kamu perhatikan, apakah musik untuk video bebas copyright atau tidak. Salah sedikit, bisa-bisa kamu akan terjerat hukum atau minimal video kamu ditarik oleh pihak YouTube. Seram kan?

Apa itu copyright? Copyright atau hak cipta adalah hak kepemilikan karya atau konten secara eksklusif oleh pencipta karya yang didapatkan secara otomatis setelah deklarasi. Undang-undang yang mengatur tentang hak cipta adalah Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014.

Pada dasarnya, copyright bertujuan untuk melindungi karya pencipta agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu kamu harus berhati-hati dalam memilih sound effects dan background music yang akan kamu gunakan pada konten video kamu.

Peraturan copyright yang ketat akan membuat kamu kesulitan untuk mencari musik apa yang dapat kamu gunakan untuk konten video. Tapi tenang, kamu bisa tetap menemukan musik tanpa copyright atau bebas royalti. Dengan menggunakan musik tanpa copyright dengan benar, maka kecil kemungkinan kamu bermasalah dengan copyright.

Tapi tenang, kali ini gue akan membagikan 5 (lima) rekomendasi penyedia musik (backsound) yang keren dan tentunya terlepas dari copyright. Yuk simak!

1. Audio Library — Music for content creators

Salah satu penyedia backsound gratis bebas copyright yang ada di platform YouTube. Jika kalian ingin mencari musik genre happy atau sinematik song kalian bisa menggunjungi channel YouTube ini. Kalian bisa mencarinya di link ini.

Baca juga: 5 Software Mobile Editing Video Yang Super Keren

2. Vlog No Copyright Music

Platform yang satu ini masih sama, penyedia backsound bebas copyright. Untuk kalian yang suka nge-vlog pas banget nih. Vlog No Copyright Music menyediakan berbagai musik yang cukup lengkap kalian bisa mendownloadnya secara gratis di sini.

Baca juga: 5 Hal Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Membuat Video Traveling

3. Monstercat: Uncaged

Monstercat: Uncaged penyedia backsound bebas copyright ber-genre pop. Jika kalian ingin mencari musik yang ber-beat rancak, Monstercat: Uncaged-lah tempatnya. Cocok banget dengan footage video yang bersemangat. Kalian bisa download di link ini.

Baca juga: 5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Sebelum Membuat Konsep Video

4. MrSuicideSheep

MrSuicideSheep penyedia musik bebas copyright berikutnya yang dapat diandalkan sebagai alternatif untuk backsound apa yang pas dengan footage video kamu. Kamu bisa dapatkan di link ini.

Baca juga: 5 Software Editing Video Yang Kamu Wajib Punya

5. Majestic Casual

Rekomendasi dari gue yang terakhir adalah Majestic Casual. Ini salah satu penyedia backsound bebas copyright yang cocok dengan video yang ber-genre slowmotion. Majestic Casualdapat di cari melalui platform YouTube di link ini.

Baca juga: 5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Sebelum Membuat Konsep Video

Segitu dulu info pencarian tentang backsound bebas copyright dari gue. Sebenarnya kalau kalian adalah seorang instrument akan lebih baik lagi jika kalian membuat backsound dengan olahan kreatif sendiri. Tapi jika kalian tidak mengerti sama sekali musik ataupun kalian butuh cepat dan instan agar tidak memakan waktu, gue sarankan untuk mengunjungi situs – situs di atas.

Nah, jika kalian punya rekomendasi lain tentang situs-situs yang membagikan backsound bebas copyright yang keren, kalian bisa share di kolom komentar. Jangan lupa untuk berbagi info menarik lainnya.

Ok Guys, segitu dulu dari gue, sampai ketemu di next level berikutnya. Salam Brewok!

Baca juga artikel tentang Tips Fotografi atau tulisan menarik lainnya Gerry Herbiyan.
Load More Related Articles
Load More By gerry herbiyan
Load More In Tips Fotografi