Home Destinasi Digital Masak Tiwul Bersama Nick, Bule Australia di Pasar Kakilangit

Masak Tiwul Bersama Nick, Bule Australia di Pasar Kakilangit

3 menit waktu baca
23
Thiwul. Foto Milik IG @pacarkecilku
Thiwul. Foto Milik IG @pacarkecilku

Puluhan tahun lalu, tiwul merupakan makanan pokok pengganti nasi di daerah tadah hujan seperti Mangunan, Bantul. Namun dewasa ini saat beras bisa dibeli oleh seluruh masyarakat di sana, tiwul justru berubah sebagai oleh-oleh khas Mangunan. Saat ini tiwul juga berhasil menjadi salah satu menu di destinasi digital Pasar Kakilangit. Siapa sangka seorang Nick, bule asal Australia, tertarik untuk belajar memasak tiwul di Pasar Kakilangit.

Penganan satu ini berasal dari bahan dasar singkong. Prosesnya, singkong dikupas dan dibersihkan lalu di jemur hingga kering. Singkong kering ini disebut gaplek. Tidak bisa langsung dimasak, gaplek harus ditumbuk hingga halus menjadi tepung. Tepung inilah yang kemudan dikukus hingga matang, baru bisa disebut tiwul.

Tiwul memiliki dua varian, yaitu tiwul manis dan tawar. Tiwul manis, biasanya dicampur dengan parutan kelapa di jadikan camilan. Tiwul tawar, biasanya disajikan dengan sambel terong, ikan asin, dan rebusan sayur sebagaimana makan nasi pada umumnya. Bahkan, di Pasar Kakilangit ada yang namanya tiwul goreng. Olahannya seperti olahan nasi goreng.

Zaman makin berkembang, kini telah ada inovasi pembuatan tiwul yang sudah siap dikukus. Tak perlu harus menanam singkong, menjemur dan harus menumbuknya hingga menjadi tepung. Kalian tinggal mengolahnya seperti mengolah beras menjadi nasi.

Kabar gembira, pada gelaran Pasar Kakilangit Sabtu, 25 Agustus 2018 jam 07.00 WIB bakal ada yang spesial. Pasar Kakilangit akan kedatangan tamu seorang selebgram dari Australia yang suka masak, Nick.

Berawal dari interaksinya di instastory bersama salah satu anak GenPI Jogja bernama Tika, Nick bermaksud ingin belajar memasak olahan lokal bersama orang lokal.

Dalam agenda tersebut, Nick akan belajar memasak tiwul bersama Bu Wanti, salah satu pedagang yang menjual tiwul di Pasar Kakilangit. Jika kamu juga tertarik untuk belajar memasak thiwul, ayo merapat ke Pasar Kakilangit. Kita masak-masak bersama.

Muat Lagi Dari Elizhabet Elzha
Muat Lebih Banyak Di Destinasi Digital