Maniskan Harimu dengan Prank Water Kefir Sweet Galaxy

5 min read
0
40

genpijogja.com – Akhir-akhir ini sering sekali saya mendengar produk mengandung water kefir. Awalnya sih bodo amat, sampai akhirnya rasa penasaran saya membuncah ketika ditawarin untuk review Prank Water Kefir.

Sebelum mereview minumannya, sepertinya seru juga kalau kita kulik dulu tentang, apa sih water kefir itu? Dari hasil interview dengan founder Prank Water Kefir mas Anggit Pramayogi, komposisi water kefir terdiri dari air, gula dan kefir grain (bulir kefir).

Timbul pertanyaan lagi di otak saya, kefir grain ini apa? Berasal dari mana? Searching di mbah Google sepertinya menjadi jalan ninja saya untuk mendapatkan jawaban semua hal yang masih misteri.

Dilansir dari litbang.pertanian.go.id kefir grain yaitu butiran putih yang berbentuk koloni mikrobia terdiri atas beberapa jenis bakteri, diantaranya adalah Streptococcus spLactobacilli dan beberapa jenis ragi/khamir non patogen. Intinya kefir grain atau bulir kefir ini mengandung bakteri baik yang aman dikonsumsi secara rutin karena bisa melancarkan pencernaan.

Prank Water Kefir Sweet Galaxy, Maniskan Harimu
Prank Water Kefir Sweet Galaxy, Maniskan Harimu

“Asal usul kefir grain sendiri belum diketahui pasti, ada yang mengatakan dari kaktus yang ada di Meksiko, ada yang menyebut alga jepang, ada juga yang menyebutnya teratai salju”, jelas mas Pram (panggilan untuk Anggit Pramayogi, red).

Tapi, jika ditilik dari wikipedia kefir telah dikenal dan dikonsumsi masyarakat Pegunungan Kaukasus Utara, Rusia, sejak lebih dari 1.400 tahun yang lalu. Biji kefir diberikan oleh Nabi Muhammad kepada rakyat Kaukasus dan menjadi semacam “pusaka” yang diwariskan secara turun temurun.

Wah, ternyata kefir sudah ada sejak dulu tho?

Nah, Prank Water Kefir sendiri adalah minuman fermentasi yang aman dikonsumsi dengan kadar alkohol di bawah 1%, layaknya minuman bersoda namun lebih sehat. Prank Water Kefir ini ada lima rasa dengan kemasan 200 ml. Memiliki nama-nama unik seperti Sweet Galaxy, Giant Nut, Electric Pikachu, Gun n Roses, dan Pina Colada.

Namun, ketika disuruh memilih satu jenis saja maka pilihan saya jatuh ke Prank Water Kefir Sweet Galaxy. Alasannya sederhana, karena Prank Water Kefir Sweet Galaxy adalah paduan nanas yang seger dan kebaikan buah naga yang kaya antioksidan.

Ketika saya buka botol Prank Water Kefir Sweet Galaxy tercium aroma yang familiar. Saya sempat terdiam untuk mengingat aromanya mirip apa. Aromanya wangi dan sangat soft, dan ketika saya cicipi rasanya sangat manis. Saya bahkan tidak menemukan rasa nanas sama sekali.

Menurut saya, Sweet Galaxy ini lebih enak jika di-mix dengan bahan lain menjadi mocktail atau cocktail. Rasa manis Prank Water Kefir Sweet Galaxy bisa sedikit menetralisir pahitnya kopi, atau minuman beralkohol tinggi.

Prank Water Kefir Sweet Galaxy, Maniskan Harimu
Prank Water Kefir Sweet Galaxy, Maniskan Harimu

“Prank ini seperti wine, semakin lama disimpan semakin soft rasanya,” jelas mas Pram mengenai label bertuliskan tanggal produksi yang digantungkan di leher botol. Prank Water Kefir Sweet Galaxy yang saya nikmati sudah berusia satu bulan dari waktu produksi. Mas Pram mengatakan sebaiknya Prank Water Kefir dikonsumsi setelah dua bulan masa produksi agar mendapatkan rasa yang konstan dan soft.

Nama Prank sendiri diambil dari singkatan nama pangggilan foundernya yang lebih populer dari nama aslinya yaitu, Pram Anggit. Pangsa pasar Prank Water Kefir saat ini masih sekitar Jogja. Harapannya Prank Water Kefir bisa menjadi alternatif oleh-oleh Jogja dengan harga per botolnya Rp25.000.

Load More Related Articles
Load More By Nurya Auris
Load More In Review