Luncurkan Lagu Protokol Kesehatan, Laksanakan! Orkes Sinten Remen Bantu Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

6 min read
0
76

genpijogja.com – Orkes Sinten Remen (OSR) merilis video klip dari lagu terbarunya yang bertajuk ‘Protokol Kesehatan, Laksanakan!’ pada hari rabu (02/12) di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Tamantirto, Kasihan, Bantul. Acara ini juga disiarkan secara live melalui kanal Youtube Butet Kartaredjasa dan Instagram Orkes Sinten Remen.

Acara launching video klip lagu bertajuk ‘Protokol Kesehatan, Laksanakan!’ dipandu langsung oleh Butet Kartaredjasa juga menghadirkan semua pihak yang terlibat di dalam video klip tersebut, termasuk semua personel Orkes Sinten Remen (OSR). Semua personil dengan sigap menggunakan maskernya masing-masing saat hadir di lokasi pembuatan video klip lagu ‘Protokol Kesehatan, Laksanakan!’.

Luncurkan Lagu Protokol Kesehatan, Laksanakan! Orkes Sinten Remen Bantu Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Butet Kartaredjasa, putra dari Maestro Bagong Kussudiardja, selaku pembawa acara menyambut hangat kehadiran lagu ini. “ Tepat setahun meninggalnya Djaduk, saya berhasil menghasut rekan-rekan Sinten Remen agar turut serta dan mengambil langkah dalam situasi pandemi yang belum tau kapan akan berakhir,” ungkap Butet.

Lagu ini diciptakan oleh Kendar Wahyudi, pemain cuk dalam Orkes Sinten Remen hanya dalam waktu 20 menit untuk liriknya. Menurutnya lagu ini cepat jadi dan tanpa kendala berarti dalam proses pembuatannya, yang memakan waktu kurang dari satu bulan. Lagu ini muncul dalam benaknya saat ia sedang bertugas menjaga angkringan rintisannya yang berlokasi di Nitiprayan, Bantul.

“Lirik lagu ini saya ciptakan dengan melihat situasi dan kondisi saat ini dari berbagai media pemberitaan. Lagu ini adalah wujud dari keprihatinan saya sekaligus menjadi sumbangsih saya sebagai seniman untuk negara,” tutur Kendar atau yang  kerap disapa Yudi.

Luncurkan Lagu Protokol Kesehatan, Laksanakan! Orkes Sinten Remen Bantu Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Lagu bertajuk ‘Protokol Kesehatan, Laksanakan!’ mendapat dukungan penuh dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang harapannya dapat menjadi sesuatu yang bermakna bagi Indonesia. Sebagaimana diketahui, Orkes Sinten Remen adalah grup musik yang konsisten menghadirkan karya yang kreatif sejak tahun 1997.

Musik keroncong yang khas dengan gaya ala Orkes Sinten Remen selalu menghadirkan guyonan ala Jogja, selalu khas bernyanyi sekaligus mengkritisi. Karenanya pemerintah selalu hadir untuk mensupport karya-karya Orkes Sinten Remen yang baik bagi masyarakat.

Dalam lagu ‘Protokol Kesehatan, Laksanakan!’, Butet dan Orkes Sinten Remen juga meyampaikan pesan untuk selalu menaati protokol kesehatan. Dengan adanya lagu ini orang-orang akan mudah mendendangkan kemudian menerapkan protokol kesehatan.

“Dalam bayangan saya, kepatuhan terhadap protokol kesehatan itu perjuangannya masih panjang. Paling tidak sampai akhir tahun saat vaksin merata disuntikkan kepada seluruh masyarakat. Nah, supaya masyarakat tetap patuh terhadap protokol kesehatan didorong dengan komunikasi publik melalui lagu ini. Ditambah dengan membuat video klip dapat menjadi cara mendekatkan lagu ini kepada masyarakat,” tambah Butet.

Tak lupa, Endah Laras juga turut hadir dalam acara launching video klip lagu ‘Protokol Kesehatan, Laksanakan!’. Disela acara, Endah Laras juga menghibur awak media dan para penonton di rumah dengan menyanyikan lagu ini menggunakan ukulele-nya. Jika didengarkan dengan sekasama, lagu ini benar-benar  memiliki lirik yang sederhana  (easy listening) ditambah aransemen musik yang sangat menarik dan penuh semangat.

Luncurkan Lagu Protokol Kesehatan, Laksanakan! Orkes Sinten Remen Bantu Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Butet juga menyampaikan bahwa lagu ‘Protokol Kesehatan, Laksanakan!’ sangat terbuka untuk diaransemen ulang, dicover dalam berbagai genre musik: jazz, hiphop, rap dan sebagainya. Ia juga berharap lagu ini dapat disebarluaskan dan menjadi bentuk komunikasi publik agar protokol kesehatan yang telah dibuat pemerintah dapat ditaati semua pihak.

Bagi Butet, lagu ini adalah bentuk ikhtiar dari para seniman untuk turut serta dalam membantu pemerintah menangani lonjakan angka covid-19 di Indonesia.

Lagu ‘Protokol Kesehatan, Laksanakan!’ dapat didengarkan melalui berbagai platform musik digital sedangkan video klipnya dapat disaksikan di kanal Youtube Butet Kartaredjasa. Seperti dalam liriknya, lagu ‘Protokol Kesehatan, Laksanakan!’ berpesan patuhi protokol kesehatan untuk kemaslahatan kita semua.

Load More Related Articles
Load More By Pras Chandrawardhana
Load More In News