Lima Tempat Seru Untuk Kamu Mahasiswa Baru!

7 min read
0
170

Selamat datang di Jogja akademika muda! Sudah siap memasuki dunia baru di tempat yang jauh dari kampung halamanmu? Tenang saja, Jogja itu istimewa kok. Kamu bisa memulai pengalaman berkelana pertamamu sebelum seabrek kegiatan perkuliahan menyibukkan hari-harimu. Lima tempat ini bisa kamu akses tanpa takut tersesat sekaligus berkenalan dengan suasana Jogja yang hangat:

1. Malioboro

Siapa yang tak kenal jalan ikonik satu ini? Tempat yang berdekatan dengan stasiun besar Yogyakarta ini selalu mengundang perhatian wisatawan bagi lokal maupun mancanegara. Jalan ini terkenal dengan deretan lapak pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai produk. Untuk sampai ke tempat ini, kamu bisa menggunakan transportasi umum Trans Jogja dan turun di Halte Malioboro, harganya hanya Rp 3.600. Seiring masuknya teknologi, tempat ini juga bisa dicapai menggunakan transportasi daring yang bisa dipesan melalui aplikasi.

Di daerah Malioboro kini makin dibuat nyaman oleh pejalan. Sejak tahun 2017 pedestrian kawasan ini dibenahi dengan diperlebarnya trotoar untuk pejalan kaki. Sepanjang pedestrian Jalan Malioboro kini dibangun sejumlah instalasi seni buatan seniman Jogja. Kamu harus lihat sendiri bagaimana warga lokal menuangkan kreatifitas dan pemikirannya dalam berbagai media.

Foto milik IG @andiwahyoedi
Foto milik IG @andiwahyoedi

2. Taman Sari

Jogja banyak menyimpan situs-situs bersejarah. Hal ini tidak terlepas dari kebudayaan Jogja yang sudah dibentuk dari masa kerajaan dan tetap dipertahankan hingga kini. Tamansari menjadi salah satu tempat yang dipertahankan sejak tahun 1765. Tempat ini berlokasi di barat daya area Kraton Ngayogyakarta. Kamu bisa mengunjungi tempat ini dengan berjalan kaki atau menggunakan becak dari kunjunganmu ke Kraton.

Bangunan yang sudah ada sejak Sultan Hamengku Buwono I bertahta ini memang dibuat sebagai tempat rekreasi bagi raja dan kerabat. Kamu masih bisa melihat kemegahan tempat ini. Sejak masuk, kamu akan disambut dengan gapura megah berwarna putih yang akan menarik pandanganmu. Ada kolam yang masih dipertahankan hingga ruang tanah yang strukturnya unik.

Foto milik IG @pandesatyaa
Foto milik IG @pandesatyaa

3. Museum Jogja Kembali atau Taman Pelangi

Apabila kamu ingin menikmati suasana malam Jogja, Taman Pelangi bisa menjadi pilihan bersama teman baru atau juga keluarga yang berkunjung. Pelangi yang ada di taman ini dihasilkan dari ratusan lampion warna-warni yang dirangkai menjadi instalasi seni dalam berbagai tema. Untuk bisa memasuki Taman Pelangi, kamu cukup membayar tiket masuk seharga Rp 15.000 di hari biasa dan Rp 20.000 untuk akhir pekan. Setelah itu kamu bisa berkeliling hingga puas sampai pukul 22.00 WIB.

Destinasi Teman Pelangi ini terletak di Jl. Ringroad Utara, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Kamu bisa menggunakan Trans Jogja dan turun di halte Monjali. Selain instalasi cahaya, kamu juga bisa menemukan beberapa wahana permainan dan pusat kuliner di tempat ini. Lokasi ini juga bisa dikunjungi pada siang hari sebagai Museum Jogja Kembali. Museum ini meyimpan benda-benda bersejarah pada masa perang kemerdekaan terutama yang terjadi di Daerah Istimeewa Yogyakarta.

Taman Pelangi - Foto milik IG @shita__ariesta0607
Taman Pelangi – Foto milik IG @shita__ariesta0607

4. Museum Affandi

Museum-museum di Jogja tak hanya berisi benda-benda peninggalan pada masa kerajaan atau penjajahan. Banyak museum atau galeri seni yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Museum Affandi. Museum yang dibangun pada lahan seluas 3.500 m2 ini berbentuk seperti puri yang menarik perhatian, letaknya di tepi Sungai Gajah Wong. Tempat ini terdiri dari 3 galeri dan dua studio yang biasanya berisi banyak aktifitas.

Museum Affandi tak hanya menampilkan karya Sang Maestro yang beraliran ekspresionis romantis. Ada juga lukisan-lukisan karya keluarga dan sahabat dekatnya sesama pelukis. Museum ini juga berisi barang-barang yang pernah digunakan Affandi sehari-hari seperti mobil, sepeda, peralatan melukis, hingga pipa cerutu pribadinya. Museum yang juga dipenuhi pepohonan rindang ini beralamatkan di Jl. Laksda Adisucipto No.167, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY. Kamu bisa menggunakan bus kota jalur 7 atau bus TransJogja.

Museum Affandi - Foto milik IG @pacarkecilku
Museum Affandi – Foto milik IG @pacarkecilku

5. Candi Sambisari

Terletak tak jauh dari Bandara Adisujipto, candi hindu ini berlokasi unik karena berada di bawah permukaan tanah di sekelilingnya. Candi Sambisari menjadi salah satu wisata sejarah dan religi yang bisa kamu tempuh sekitar 30 menit dari pusat kota menggunakan kendaraan pribadi. Tiket masuk ke tempat ini hanya sebesar Rp 3.000.

Kamu bisa berkunjung ke tempat ini di waktu pagi atau sore hari jika tak ingin menghadapi terik matahari yang terlalu menyengat. Keuntungan lainnya jika kamu datang di pagi hari, kamu bisa mencicipi kuliner khas setempat yakni Soto Bathok Sambisari.

Candi Sambisari
Candi Sambisari – Foto milik IG @ghifarialbar

Nah silakan dikunjungi satu persatu, jangan lupa siapkan botol minummu sendiri ya agar tak kehausan selama menjelajah. Kamu bisa mendatangi semua atau sesuai dengan kesukaanmu, ada yang berbau sejarah hingga wisata belanja. Selamat berlibur sebelum jadwal kuliah dan tugas menggempur!

Load More Related Articles
Load More By rizkaita
Load More In Destinasi Wisata