Legitnya Dodol Salak Sarisa Merapi

8 min read
0
60

genpijogja.com – Bagi penyuka salak, wajib mencicipi olahan salak satu ini. Dodol Salak Sarisa Merapi, salah satu produk olahan salak pondoh yang diproduksi oleh Sarisa Merapi.

Sarisa Merapi merupakan UMKM di Kabupaten Sleman yang dikelola oleh Rini Handayani.

Memanfaatkan potensi salak pondoh yang belum dikelola secara maksimal, Sarisa Merapi hadir untuk meningkatkan daya jual salak pondoh dari hulu ke hilir.

Baca juga: Melawan Pandemi dengan Inovasi, Bakpia Gong Jogja Tawarkan Bakpia Jagung Keju.

Legitnya Dodol Salak Sarisa Merapi

Salak umumnya tumbuh di daerah tropis. Salak yang dalam bahasa Inggris disebut snake fruit ini tersebar di beberapa wilayah di Asia, seperti Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Salak juga dibudidayakan di Sumatra, Maluku dan Papua Nugini. Banyak manfaat dari salak, salah satunya adalah mengurangi gejala diare.

Selain itu, tanaman salak juga sering digunakan sebagai pagar kebun atau pekarangan rumah, karena berduri dan sulit ditembus.

Salak banyak jenisnya. Salak yang dimanfaatkan sebagai bahan baku Dodol Salak Sarisa Merapi adalah salak pondoh yang umum tumbuh di Kabupaten Sleman bagian utara.

Salak pondoh telah berkembang di Kabupaten Sleman sejak tahun 1917.

Menurut sejarah, seorang Belanda yang sudah selesai masa tugas dan hendak kembali ke Belanda, memberikan 4 (empat) butir biji salak pada Partodiredjo, salah satu penduduk Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman.

Biji salak tersebut kemudian ditanam, dan terus dibudidayakan hingga generasi Muhadiwinarto, anak Partodiredjo, pada tahun 1948-an.

Memasuki tahun 1980-an, salak pondoh mulai dikembangkan menjadi sejumlah varian, antara lain salak pondoh super, salak pondoh hitam, salak pondoh merah, salak pondoh kuning, salak pondoh gading, salak pondoh manggala, dan salak pondoh lumut.

Baca juga: Nugget Tempe Daun Kelor, Jadi Lauk atau Cemilan Sama Lezatnya

Legitnya Dodol Salak Sarisa Merapi 1

Salak pondoh menjadi ikon pariwisata DIY, yang berpusat di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Kecamatan Turi, Sleman. Salak pondoh terkenal akan rasanya yang manis dan tidak sepat.

Itulah yang menjadikan salak pondoh cocok diolah sebagai makanan ringan, salah satunya dodol salak.

Meskipun begitu, salak pondoh pernah mengalami penurunan harga jual. Para petani salak pun tidak terpenuhi kebutuhan hariannya, meski sudah menjual seluruh hasil panennya.

Rini Handayani, ketua dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Kemiri Edum, yang kemudian berinovasi membangun usaha Sarisa Merapi.

Usaha inilah yang menaungi para petani salak, ibu-ibu rumah tangga, dan penduduk setempat dalam mengelola salak pondoh.

Sarisa Merapi memproduksi sejumlah olahan salak pondoh, yang diracik dengan resep tersendiri.

Menurut keterangan Rini Handayani, ia tidak pernah mengikuti kursus secara khusus untuk membuat olahan salak, semua produksi dipelajari secara otodidak.

Berawal dari niat menyejahterakan petani salak pondoh, usaha Sarisa Merapi mulai dikenal masyarakat luas. Salah satu produk yang dicari adalak Dodol Salak Sarisa Merapi.

Dibanderol dengan harga Rp16.000 per kotak, rasa dan kualitas Dodol Salak Sarisa Merapi terjamin mutunya.

Satu kemasan Dodol Salak Sarisa Merapi berisi 15 biji dengan daya tahan sekitar 3 bulan.

Teksturnya legit disertai serat salak asli, membuat Dodol Salak Sarisa Merapi ini tak semanis dodol biasanya, tapi tetap nikmat dan terasa salaknya. Manisnya pas, dan mengenyangkan meski hanya makan 1 biji.

Baca juga: Cao Kelor Pawon Teges, Minuman Sakti Inovasi UMKM Sleman

Legitnya Dodol Salak Sarisa Merapi 2

Bagi Anda yang bukan penggemar salak, tak perlu khawatir akan rasa Dodol Salak Sarisa Merapi ini. Dodol ini dapat dinikmati siapapun, karena rasa asli buah salak pondoh berpadu dengan manis dan legitnya dodol.

Pun bagi Anda yang tidak bisa terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, Dodol Salak Sarisa Merapi aman dikonsumsi karena terbuat dari bahan alami dan gula asli.

Selain Dodol Salak Sarisa Merapi, Anda juga bisa mencicipi Sari Salak Sarisa Merapi, Bakpia Salak, Manisan Salak, Teh Telang dan Egg Roll Enthik.

Untuk mendapatkan produk-produknya, Anda bisa mengunjugi akun Instagram @olahansalaksarisamerapi.id atau membeli melalui SlemanMart.id.

Produk-produk Sarisa Merapi juga tersedia di gerai daring, antara lain Shopee, Tokopedia, Blibli, dan layanan GoFood dengan kata kunci “Sarisa Merapi”.

Baca juga artikel tentang Kuliner atau tulisan lainnya Farras Hasna Taqiyya.

Cara membeli Dodol Salak Sarisa Merapi

Dodol Salak Sarisa Merapi bisa dibeli secara online melalui Slemanmart.id, akun instagram @SlemanMart atau langsung chat admin wa.me/+6289523390203

Satu kotak Dodol Salak Sarisa Merapi berisi 15 buah dodol dan dibandrol dengan harga Rp16.000 per kotak.

Dodol Salak Sarisa Merapi diproduksi oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Kemiri Edum, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi PLUT Koperasi & UKM Sleman

PLUT Sleman berlokasi di jalan Candi Gebang, Beran Kidul, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511. Tepat di depan rumah dinas Bupati Sleman.

Silakan klik google maps untuk lokasi PLUT Sleman yang lebih lengkap.

Sleman Mart adalah fasilitas layanan dari Pemerintah Kabupaten Sleman di bawah garis komando Dinas Koperasi dan UKM Sleman melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sleman.

Produk-produk yang dijual di PLUT Sleman adalah produk UMKM Sleman.

Ayo, kita borong bareng produk UMKM!

Load More Related Articles
Load More By Farras Hasna Taqiyya
Load More In Review