Launching Ketoprak Hanoman, Raminten Kaliurang Gelar Pawai Ogoh-Ogoh

6 min read
0
18

genpijogja.com – Suasana berbeda terlihat di Kawasan Raminten Berbudaya jalan Kaliurang Km.15,5 pada Jumat Kliwon (1/11) sore. Jalanan sedikit macet dan banyak masyarakat berkumpul.

Terlihat Ogoh-Ogoh Hanoman Putih diiringi rombongan penari berjalan dari arah utara menuju area parkir Kawasan Raminten Berbudaya sisi timur. Keramaian tersebut terjadi dalam rangka peringatan Raminten Berbudaya Jumat Kliwon #9 yang diadakan setiap selapan atau 35 hari sekali.

Launching Ketoprak Hanoman, Raminten Kaliurang Gelar Pawai Ogoh-Ogoh
Launching Ketoprak Hanoman, Raminten Kaliurang Gelar Pawai Ogoh-Ogoh

Ke-9 kalinya diadakan, pawai ogoh-ogoh ini menjadi pembuka Ketoprak Hanoman yang akan segera digelar di Kawasan Raminten Berbudaya pada tahun depan.

“Ogoh-Ogoh Hanoman ini menjadi simbol untuk mengawali acara kami, Ketoprak Hanoman, Kak. Insya Allah dilaksanakan tahun depan”, jelas Aufar marketing The Waroeng of Raminten Kaliurang.

Dalam rangkaian acara pawai Ogoh-Ogoh Hanoman Putih ditampilkan Tari Angguk Raminten dan Tari Panen Raya dan Barongan. Tari-tarian ini ditampilkan setiap akhir pekan di The Waroeng of Raminten Kaliurang bersama Tari Bersih Desa dan Tari Jamu Gendong Raminten.

Pawai Ogoh-Ogoh Hanoman Putih sangat menarik dengan musik yang ceria dan asap warna-warni. Terlihat seorang lelaki berpakaian Jawa lengkap berperan sebagai dukun duduk di pojokan area parkir membakar kemenyan dan merapalkan mantra. Tidak ketinggalan, dua Miss Raminten yang centil dan genit menjadi sasaran pengunjung untuk berfoto bersama.

Acara Raminten Berbudaya Jumat Kliwon #9 dihadiri oleh Kapolsek Sleman dan beberapa tamu undangan. Mereka sangat terhibur dengan acara ini. Pawai Ogoh-Ogoh Hanoman Putih ditutup dengan flashmob bersama para karyawan dan masyarakat. Kemudian Ogoh-Ogoh Hanoman Putih dikembalikan ke lokasi awal di sebelah utara Kawasan Raminten Berbudaya.

Sebelum acara berakhir, karyawan dan warga yang menonton bersama-sama melakukan rayahan Gunungan yang terbuat dari buah-buahan hasil panen.

Launching Ketoprak Hanoman, Raminten Kaliurang Gelar Pawai Ogoh-Ogoh
Launching Ketoprak Hanoman, Raminten Kaliurang Gelar Pawai Ogoh-Ogoh

Kegiatan Raminten Berbudaya Jumat Kliwon #9 didukung segenap karyawan dari Hamzah Batik Malioboro. Ini dikarenakan memang setiap acara seperti Raminten Berbudaya Jumat Kliwon #9 membutuhkan banyak tenaga SDM.

“Karyawan dari Hamzah Batik Malioboro support kita setiap acara Jumat Kliwon, Kak. Kami yang di Jakal juga support ketika mereka ada acara Selasa Wage,” ujar Aufar.

Aufar juga menyampaikan, sebelum pawai Ogoh-Ogoh Hanoman Putih berlangsung, mereka terkendala karena ogoh-ogoh yang mereka pesan tidak sesuai dengan ekspektasi. “Akhirnya kami rombak dan percantik sendiri dalam waktu satu minggu”, imbuh Aufar.

Di dalam Raminten Group memang terdapat Paguyuban Moendhi Dharma, paguyuban ini mewadahi karyawan untuk berkesenian melestarikan tradisi dan budaya Jawa.

Sebelum pawai Ogoh-Ogoh Hanoman Putih dimulai, rangkaian kegiatan Raminten Berbudaya Jumat Kliwon #09 diwarnai dengan lomba membatik oleh para murid SD sekitar Kaliurang. Salah seorang wali murid mengatakan baru sekali ini mengikuti kegiatan ini.

“Kami dari SD Kaliurang 2, Mbak. Baru sekali ini ikut acara ini. Memang dari sekolah diminta ikut. Anaknya juga seneng”, ungkap Ibu yang tidak mau disebutkan namanya itu.

Selain lomba membatik, ada lomba untuk anak-anak seperti lomba memasukkan pensil ke dalam botol dan kursi goyang. Pengunjung makin terhibur dengan adanya penampilan violin muda berbakat.

Launching Ketoprak Hanoman, Raminten Kaliurang Gelar Pawai Ogoh-Ogoh
Launching Ketoprak Hanoman, Raminten Kaliurang Gelar Pawai Ogoh-Ogoh

Event Raminten Berbudaya Jumat Kliwon #9 pun tak ketinggalan menggandeng anggota Usaha Kecil Menengah (UKM) setempat untuk membuka stand kuliner di acara ini. Ada jajanan pasar, olahan kuliner khas dari salak, bakso, dawet dan sebagainya. Cara bertransaksinya pun unik. Pengunjung harus menukarkan uangnya dengan uang keping. Satu keping bernilai Rp5.000.

Pengunjung juga dapat mencicipi makanan khas The Waroeng of Raminten Kaliurang. Minuman paling hits di sini adalah Jus Ndoro Bei. Minuman jus dari beberapa campuran buah ini sangat segar dan besar. Iya, gelasnya yang besar membuat pengunjung kewalahan menghabiskannya. Selain jus, ada juga wedang rempah dan smoothies serta racikan minuman bersoda di The Waroeng of Raminten Kaliurang.

Tidak hanya itu, makanan di The Waroeng of Raminten Kaliurang terkenal karena racikan bumbunya yang khas. Ada Mie Spesial Raminten, Ayam Rempah Raminten, Iga Bakar, Kwetiauw dan lainnya. Jika Anda bingung dengan banyaknya menu menarik, saya sarankan meminta salah seorang karyawan The Waroeng of Raminten Kaliurang untuk menjelaskan menu yang ingin Anda pesan.

Load More Related Articles
Load More By Sany Maya
Load More In News