Kopilimo, Homestay Istimewa di Gunungkidul Jogja

7 min read
0
45

genpijogja.com – Sunyi, jauh dari hiruk pikuk kota. Tidak terdengar pekik klakson yang terkadang mengganggu telinga. Sesekali, angin sepoi-sepoi menyapa, membawa sejuk yang menentramkan dada. Tempat yang pas untuk sejenak menepi dari riuhnya aktivitas sehari-hari.

Kamu bisa tebak kemana Tim Web GenPI Jogja pergi untuk menghabiskan waktu akhir pekan yang terbilang singkat ini?

Jogja Lantai Dua menjadi pilihan untuk membunuh waktu libur kami. Jogja Lantai Dua merupakan sebutan bagi Gunungkidul, kabupaten di Jogja yang letaknya lebih tinggi dari kabupaten-kabupaten lainnya. Kabupaten Gunungkidul memiliki berbagai ragam pilihan wisata. Perbukitan, pantai, air terjun dan gua menjadi daya tariknya.

Belakangan, berwisata di daerah ini cukup diminati. Wisatawan lokal maupun mancanegara seringkali mengagendakan berlibur kemari.

Gunungkidul memang menjadi salah satu pilihan destinasi wisata Jogja. Akan tetapi, para pelancong ini rata-rata hanya menghabiskan waktu beberapa jam saja. Pagi pergi, malam sudah turun gunung lagi. Banyak yang lebih memilih untuk menginap di sekitar kota Yogyakarta.

IMG-20200301-WA0155

Sebenarnya, di Kabupaten Gunungkidul tersedia beberapa alternatif penginapan. Salah satunya Kopilimo Cofe and Homestay yang terletak di jalan Ngoro-oro Ombo, Gunungkidul DIY. Penginapan ini tidak terlalu jauh dari jalan raya yang menghubungkan Wonosari dengan perbatasan Bantul dan Sleman.

Kalau kamu datang dari arah Jogja, Polsek Patuk bisa menjadi salah satu patokannya. Dari Polres Patuk, belok kiri lantas lurus ikuti jalan saja. Sampai menemukan tulisan “OYO KOPILIMO HOMESTAY”.

Sebagai salah satu penyedia layanan penginapan, Kopilimo Cofe and Homestay menghadirkan konsep yang berbeda. Para pengusungnya membuat konsep “homey” yang membuat para tamunya merasa seperti berada di rumah sendiri. Bentuk Kopilimo Cofe and Homestay sekilas seperti kompleks perumahan biasa. Rumah berbagai tipe berderet rapi. Seluruhnya digunakan sebagai layanan akomodasi.

“Sebenarnya, Kopilimo mulanya adalah bisnis properti. Kami menjual rumah-rumah yang akhirnya dibeli oleh beberapa orang yang tinggal di Gunungkidul ini. Hanya saja, akhirnya properti-properti yang ada lantas dikembangkan untuk keperluan penunjang pariwisata, menyediakan penginapan bagi orang-orang yang sedang berlibur di Gunungkidul”, ungkap salah satu pengembang Kopilimo Coffe and Homestay, bapak Syamsuddin saat ditemui Tim Web GenPI Jogja beberapa waktu lalu.

Kopilimo Homestay

Pengelola Kopilimo Coffe and Homestay sepertinya cukup niat untuk mengembangkan penginapan ini. Dibuktikan dengan adanya pelayanan-pelayanan yang baik. Kedatangan kami disambut dengan ramahnya pekerja homestay ini.

Kami diberi rumah nomor enam sebagai tempat singgah semalam kami. Rumah nomor enam ini berlantai dua, dengan dua kamar di dalamnya. Kamar yang kami pakai dilengkapi balkon yang menghadap rumah di depannya.

Saat kami menginap di Kopilimo Coffe and Homestay, tidak seluruh homestay sedang terisi. Hanya beberapa homestay saja yang terdapat penghuninya. Jadi, kami mendapatkan kesempatan emas, berkeliling dan melihat seluruh homestay yang sedang tidak diisi.

Secara keseluruhan, homestay yang ada di Kopilimo menghadirkan suasana yang bersih dan nyaman. Ada dua homestay yang menarik yakni dua homestay VIP. Homestay kelas VIP ini letaknya berada di paling ujung kompleks Kopilimo Coffe and Homestay.

Kedua homestay ini lebih mewah dari homestay-homestay lainnya. Interiornya terlihat lebih elegan. Bahkan, di dalam salah satu homestay ini terdapat kolam renang yang bisa digunakan bersantai di waktu senggang.

Homestay Kopilimo

“Kopilimo memiliki 12 homestay yang masing-masing punya harganya sendiri. Homestay yang paling mahal itu VIP, satu rumah bisa dihuni sampai dengan 11 orang. Kalau secara keseluruhan, Kopilimo bisa menampung sekitar 140 orang”, tutur Syamsudin pada Tim Web GenPI Jogja.

Harga masing-masing homestay di Kopilimo Coffe and Homestay berbeda-beda, berkisar antara Rp100.000 hingga Rp350.000. Para tamu dapat mengecek detail harga dan memesan kamar melalui aplikasi-aplikasi pemesanan online yang tersedia. Namun, pengelola juga menerima pemesanan secara offline. Bagi yang berminat, silakan datang saja. Penginapan ini pernah dipilih orang-orang mancanegara juga, lho.

Kopi Limo & Singkong Krispy

Kopilimo Coffe and Homestay menawarkan beragam keunikan lainnya. Di tempat ini, tersedia kafe yang menghadirkan menu enak, sederhana, tetapi tidak terlalu mahal.

Menu unggulan dari kafe ini adalah singkong goreng dan kopi limo. Kopi limo memiliki cita rasa yang unik. Katanya diracik dari lima jenis kopi yang berbeda. Rasanya unik, terasa ada rempah-rempahnya. Cocok dipadukan dengan singkong goreng krispi, endeus!

Kopilimo Coffe and Homestay sebenarnya cocok untuk diinapi siapa saja. Hanya saja, akan lebih menyenangkan apabila homestay ini dihuni bersama keluarga atau sahabat-sahabat dekat. Sebab, Kopilimo Coffe and Homestay menawarkan fasilitas yang lebih menyenangkan jika dipakai bersama-sama, mini teater misalnya.

Selain itu, Kopilimo Coffe and Homestay juga menyediakan paket wisata berlibur di sekitar Gunungkidul. Para tamu dapat mengatur paket wisatanya sendiri, sesuai dengan yang dikehendaki. Kamu tertarik untuk mencoba penginapan di Gunungkidul ini?

Reporter: Hernawan
Editor: Pietha Damayanti

Load More Related Articles
Load More By Hernawan
Load More In Penginapan