Home Destinasi Wisata Kesegaran Alami Taman Sungai Mudal

Kesegaran Alami Taman Sungai Mudal

5 menit waktu baca
22

Sobat liburan, sudah tahukah kamu tentang destinasi wisata bernama Taman Sungai Mudal yang ada di Kabupaten Kulon progo? Destinasi ini merupakan salah satu wisata favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun internasional. Selain menawarkan kesegaran disini kalian juga bisa merasakana dinginnya mata air pegunungan yang benar-benar keluar dari tebing gunung.

Cethuk / Taman Sungai Mudal

Jika kalian sudah biasa bermain air dan berenang di pantai atau kolam, maka kini saatnya kalian mencoba sensasi baru berenang di taman Sungai Mudal ini, seperti yang disebutkan diatas bahwa tempat ini merupakan sungai yang dialiri langsung oleh mata air pegunungan yang kemudian dikelola oleh masyarakat sekitar untuk dijadikan tempat wisata pemandian. Selain itu terdapat pula gerojogan yang tak kalah menarik.

Lokasi Taman Sungai Mudal berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo Jogjakarta, sekitar 40 km dari Jogjakarta, dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 maupun 4 selama 1 jam saja. Terletak di kawasan perbukitan Menoreh tentu menyajikan suasana yang sejuk dan segar khas pegunungan. Sepanjang perjalanan akan disuguhi keindahan pepohonan yang menghijau.

Taman Sungai Mudal sendiri terbagi menjadi dua lokasi, yaitu bagian atas dan bawah, keduanya sama-sama dikelola dan dijadikan tempat wisata, yang membedakan hanya tingkat kedalaman kolamnya saja, smenurut keterangan warga kolam yang berada di bawah lebih dalam yakni sekitar 2 meter, sedangkan yang kolam atas lebih pendek yaitu sekitar 1 meter saja, namun dari segi kesegaran semuanya sama saja.

Kalau gak bisa berenang gimana kak? Tenang saja di taman sungai Mudal ini sudah tersedia persewaan ban serta pelampung kok, jadi bagi yang ingin menikmati dinginnya mata air pegunungan namun kurang bisa berenang bisa menyewa pelampung maupun ban tersebut, tentunya dengan menghubungi pemandu yang ada disana, mereka akan dengan ramah membantu para pengunjung.

Untuk harga tiket masuk ke Taman Sungan Mudal sendiri sampai saat ini masih Rp6000,- per orang, sedangkan untuk parkirnya Rp2000,- (motor). Dengan biaya tersebut kalian sudah bisa berenang dan main air sepuasnya. Murah bukan? Oiyah harga tiket masuk tadi belum termasuk dengan biaya sewa pelampung atau ban ya, jadi ada biaya sendiri untuk sewa pelampung.

Jika sudah puas bermain air jangan lupa untuk mampir warung yang ada di lokasi juga, disana tersedia aneka makanan, mulai nasi goreng, mie rebus, aneka camilan serta minuman dengan harga yang tentu bersahabat. Soo tidak perlu khawatir jika terasa lapar setelah berenang. Atau kalian bawa bekal dan mau makan bersama dengan keluarga juga bisa kok, tersedia area untuk bersantai bersama keluarga di samping sungai.

Tertarik berkunjung? simak rutenya berikut ini ya. Dari arah jogjakarta cukup arahkan kendaraan kalian ke barat menuju kabupaten kulon progo, memasuki daerah Godean lanjut lurus kearah barat menyebrangi sungai progo lurus sampai menemukan pertigaan lalu ambil kanan, sudah tersedia rambu-rambu petunjuk yang tersedia di pinggir jalan, namun jika masih bingung jangan ragu untuk bertanya kepada warga sekitar, mereka akan dengan senang hati membantu menunjukkan jalan, namun sebaiknya sopan dalam bertanya ya.

Dikarenakan ini kawasan pegunungan maka sudah tentu akan meleawti jalan yang berliku dan menanjak, dengan keadaan semacam itu maka sebaiknya pastikan kendaraan kalian dalam keadaan fit sebelum memulai perjalan menuju Taman Sungai Mudal, namun saat sampai lelah selama perjalanan akan terbayar tuntas oleh kesejukan dan keindahan yang diberikan oleh Taman Sungai Mudal ini.

 

Muat Lagi Dari Rohmad Dangu Purwanto
Muat Lebih Banyak Di Destinasi Wisata