Home Homestay Kampoeng Joglo Boutique Cottage, Serasa Berkunjung ke Rumah Eyang

Kampoeng Joglo Boutique Cottage, Serasa Berkunjung ke Rumah Eyang

7 menit waktu baca
103

Keberadaan penginapan di Jogja yang beraneka macam membuat wisatawan bebas memilih tempat bermalam sesuai dengan budget dan kriteria yang diinginkan. Tak hanya penginapan dengan sistem hotel jaringan saja yang tumbuh subur di Jogja, beberapa penginapan unik dengan konsep klasik pun juga bermunculan di Kota Gudeg ini.

P2010086

Salah satu penginapan unik dan bernuansa Jawa klasik yang baru saja dibuka adalah Kampoeng Joglo Boutique Cottage. Penginapan yang berlokasi di Jalan Kaliurang km.10 ini menawarkan bangunan joglo klasik dan kuno lengkap dengan detail interior dan eksterior yang tetap dipertahankan keasliannya dari tahun 1700-an.

Memasuki bagian depan area penginapan, kita akan disambut dengan sebuah bangunan joglo lawasan yang difungsikan sebagai lobi area dan butik mini yang menjual kerajinan batik. Setelah mengkonfirmasi pesanan dan meninggalkan uang untuk deposit selama menginap, saya diantar langsung oleh mas Deny, owner dari penginapan ini untuk menuju ke kamar.

Penginapan yang baru dibuka bulan Desember 2018 ini memang tergolong unik dan klasik. Ada empat buah bangunan joglo yang ada di penginapan ini, yaitu Parang Garudo, Pringgodani, Madukoro dan Limas Plongkowati.

Saat ini baru tersedia enam buah kamar yang sudah siap digunakan untuk para tamu, sedangkan kamar yang lainnya masih dalam tahap pengerjaan lanjutan. Untuk pengembangan ke depan, penginapan ini direncanakan akan memiliki sekitar 16 buah kamar yang siap menampung para tamu yang akan datang menginap.

Saya memesan kamar dengan tipe Suite Room yang berada di bangunan Joglo Parang Garudo. Masing-masing bangunan joglo ini memiliki tiga buah kamar, sehingga privasi dan kenyamanan tamu benar-benar diperhatikan.

P1310044

Memasuki bagian bangunan joglo, kita akan disambut dengan meja dan kursi kayu ukir dengan detail yang cantik yang terletak di bagian teras bangunan. Di bagian tengah, kita akan mendapati kursi sedan dengan penjalin rotan yang difungsikan sebagai ruang bersantai dan kumpul bersama.

Suasana di dalam bangunan joglo kuno ini benar-benar mengingatkan saya akan rumah eyang yang ada di kampung halaman. Rumah joglo kayu lengkap dengan ukiran lawas yang masih sangat terawat keberadaannya. Pantas saja, sang owner sendiri memiliki hobi kayu sehingga setiap detail bangunan joglo tua ini benar-benar dikerjakan dengan teliti, penuh perasaan dan kehati-hatian.

P1310053

Suasana modern cukup kontras terasa pada pemilihan furniture di dalam ruangan kamar. Bed dengan ukuran yang cukup besar lengkap dengan bantal dan selimut berbalut linen, pendingin ruangan, televisi dengan akses tivi kabel yang menjadi sumber hiburan, lemari pakaian, serta meja dan kursi santai tersedia di dalam kamar. Tak lupa fasilitas air mineral dan minibar yang berisi minuman softdrink pun juga tersedia.

P1310056

Bagian kamar mandi dan toilet terasa lega, walaupun bentuknya memanjang mengikuti pola bangunan. Di dalam kamar mandi terdapat fasilitas shower air panas dan dingin, handuk, sikat gigi dan pasta gigi, sabun mandi dan shampo, lotion serta hairdryer. Air panas dan air dingin di bagian shower bekerja dengan baik, begitu pula dengan saluran pembuangan air yang lancar tanpa khawatir terjadi genangan saat digunakan untuk mandi.

Hal yang paling saya suka dari kamar yang berada di Parang Garudo 1 ini adalah dinding kaca yang mengelilingi ruangan dan menghadap keluar. Di saat sore tiba, kita bisa melihat pemandangan semburat cahaya matahari terbenam, asal cuaca lagi bagus ya!

DSC_0015

Penataan bangunan joglo di penginapan ini dibuat seperti layaknya suasana perkampungan Jawa di masa lalu. Terdapat sebuah taman dengan beberapa tanaman pohon serut yang juga tak kalah tua usianya. Ada pula bangunan bale-bale yang diletakkan di dekat taman yang bisa digunakan para tamu untuk leyeh-leyeh menikmati udara segar.

Di pagi hari, selain dapat menghirup udara segar dan menikmati birunya langit, kita masih dapat mendengar kicau burung liar yang datang silih berganti. Sebuah pengalaman yang akan selalu membekas di dalam ingatan.

DSC_0011

Rate harga yang ditawarkan di Kampoeng Joglo Boutique Cottage mulai dari Rp 200.000-an per kamar per malam (tergantung seasons). Ingin menyewa satu rumah joglo untuk kumpul-kumpul dengan keluarga? Bisa kok! Tinggal hubungi saja pihak pengelolanya.

Kampoeng Joglo Boutique Cottage dapat menjadi pilihan untuk menginap selama piknik di Jogja, khususnya bagi Anda yang senang dengan penginapan berkonsep jawa klasik. Akses ke lokasi penginapan pun cukup mudah dijangkau dengan moda transportasi. Ingin berpetualang di kawasan Kaliurang pun juga tergolong dekat. Warung makan bahkan minimarket pun lokasinya juga relatif terjangkau.

Ingin mencari penginapan dengan konsep unik dan klasik ala Jawa selama di Jogja? Kampoeng Joglo Boutique Cottage bisa jadi pilihan tempat menginap Anda!

 

Keterangan :

Kampoeng Joglo Boutique Cottage

Jalan Kaliurang Km 10.8, Gentan, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta

Telp. 0822-9929-9227

Muat Lagi Dari andikahermawan
  • Balkondes Karanganyar, Balkondes di Desa Gerabah Borobudur

    Siapa sih yang tidak kenal Candi Borobudur? Candi ini di bangun tahun 780-840 Masehi oleh …
Muat Lebih Banyak Di Homestay