KAI hadirkan Kereta Tidur KA Bima Setelah Puluhan Tahun Menghilang

6 min read
0
7,128

Suite Class

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan Kereta Suite Class Compartment di Stasiun Gambir, Selasa (10/10). Kereta tersebut dirangkaikan pada KA Bima relasi Gambir – Surabaya Gubeng pp (keberangkatan dari Gambir pukul 17.00, tiba di Surabaya Gubeng pukul 03.30. Dan Keberangkatan dari Surabaya Gubeng pukul 19.20, tiba di Gambir pukul 06.00), serta KA Argo Semeru relasi Gambir – Surabaya Gubeng pp (keberangkatan dari Gambir pukul 06.20, tiba di Surabaya Gubeng pukul 16.50. Dan Keberangkatan dari Surabaya Gubeng pukul 09.05, tiba di Gambir pukul 19.40). 

Kereta Suite Class Compartment didesain untuk privasi pelanggan secara maksimal. Dalam 1 kereta, terdapat 16 ruang privat untuk masing-masing pelanggan. Di tiap ruangan tersebut, telah terpasang pintu geser yang dapat digerakkan secara otomatis. Desain ruangan didominasi oleh warna coklat keemasan dengan pencahayaan temaram guna memberikan kenyamanan untuk pelanggan. Kereta Suite Class Compartment dihiasi dengan dekorasi yang terinspirasi dari suku Dayak.

Kabin Suite Class

Adapun kursinya dapat direbahkan (reclining) hingga 180 derajat sehingga dapat berfungsi sebagai kasur tidur. Kursi tersebut juga dapat diputar (revolving) sehingga penumpang dapat menyesuaikan dengan arah perjalanan kereta api. Selain sudut kemiringan sandaran kepala, kaki, dan badan, tingkat kehangatan dari kursi ini juga bisa diatur. Kursi ini juga memiliki fitur pijat yang bisa disetel untuk berbagai teknik pijatan. Pada kursi ini juga ada baki lipat yang bisa difungsikan untuk meja makan atau meja kerja. 

Di sisi dekat jendela terdapat Train Onboard Infotainment System berisi aneka film populer, musik dengan berbagai genre, hingga kanal televisi nasional yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan. Pelanggan juga dimanjakan dengan layanan makanan berupa hidangan pembuka, hidangan utama, hidangan penutup, serta aneka minuman dan berbagai layanan spesial lainnya.

Melalui hadirnya Kereta Suite Class Compartment, KAI ingin menciptakan customer experience yang exceptional dan extraordinary guna meningkatkan kualitas pelayanan lebih baik. New customer experience yang sifatnya pengalaman pribadi dan privasi yang penuh dengan kemewahan.

Kereta Suite Class Compartment diluncurkan dalam rangka HUT ke-78 KAI yang jatuh pada tanggal 28 September 2023. KAI terus melakukan Inovasi dan layanan sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan yang lebih baik pada pelanggan.

Kereta Suite Class Compartment merupakan konsep kelahiran kembali KA Bima atau KAI memaknainya dengan Bima Reborn, dimana dulu KA tersebut merupakan kereta api kelas tertinggi. KAI terus melakukan inovasi, kreasi, dan adaptasi dalam menghadapi perubahan yang terjadi. 

Customer KAI sekarang ini 80% merupakan Gen y dan Gen z yang salah satu karakteristiknya selalu mendambakan suatu pengalaman baru. Kereta Suite Class Compartment ini merupakan pengalaman baru tetapi diilhami oleh KA Bima yang terdahulu merupakan suatu layanan yang sangat eksklusif.

Train Attendant Suite Class

Kereta Suite Class Compartment merupakan suatu layanan yang sifatnya high-end. Yang merupakan suatu kelas yang lebih tinggi satu level dibandingkan kereta Luxury, dan ini sekelas dengan first class maskapai penerbangan kelas dunia. Untuk itu, mari sambut dengan pelayanan yang betul-betul berkelas, menuju the next level, menuju KAI baru untuk Indonesia yang maju. 

Kereta Suite Class Compartment memang dihadirkan untuk menggaet pangsa pasar masyarakat ekonomi kelas atas. KAI memberikan tarif promo Kereta Suite Class Compartment untuk periode 10-31 Oktober 2023 dengan harga Rp1.950.000 saja. 

KAI optimis kehadiran kereta suite Class Compartment akan mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat dan menjadi pilihan utama bagi pelanggan yang melakukan perjalanan jarak jauh dengan nuansa kemewahan.

Seiring dengan menghilangnya pandemi Covid-19, terdapat peningkatan tren belanja masyarakat kelompok menengah ke atas untuk hiburan dan wisata. Fasilitas mewah di kereta api juga merupakan produk wisata yang semakin diminati oleh masyarakat.

KAI mendata bahwa keterisian Kereta Luxury selalu tinggi, sehingga berencana akan menambah 11 kereta Luxury. Sehingga demand layanan kereta api kelas luxury dan di atasnya harus dipenuhi.

Load More Related Articles
Load More By Dewangga Liem
Load More In Info KAI