Kafe 80’s Bocor Alus, Kafe Nyentrik Ala Tahun 80an

6 min read
0
32

genpijogja.com – Yogyakarta sebagai kota pelajar dan salah satu kota tujuan wisata, tentu memiliki banyak tempat nongkrong yang unik dan instagramable. Salah satu tempat nongkrong yang unik bahkan nyentrik menurut saya adalah Kafé 80’s Bocor Alus.

Dari namanya saja sudah unik, pastinya tampilan Kafé 80’s Bocor Alus menyajikan suasana tahun delapan puluhan. Rencana untuk datang ke kafe ini sudah lama, tapi karena padatnya jadwal dan letak kafe yang lumayan jauh dari pusat kota, maka baru kali ini saya memiliki kesempatan menikmatinya.

Kafe 80’s Bocor Alus, Kafe Nyentrik Ala Tahun 80an
Kafe 80’s Bocor Alus, Kafe Nyentrik Ala Tahun 80an

Kafé 80’s Bocor Alus berdiri sejak pertengahan tahun 2017 di Kabupaten bantul, tepatnya terletak di jalan Parangtritis KM 5,5, Tarudan, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buat kalian yang tidak hapal area Bantul jangan khawatir, karena kafe ini sudah ada di google maps. Tinggal ikuti saja petunjuk yang ada di peta, maka sampailah di kafe nyentrik ini.

Pemilik Kafé 80’s Bocor Alus adalah Bayu Arta Setiawan, seorang kolektor barang lawas era tahun 80an dan memiliki sekitar seribu koleksi.

Koleksi barang lawas yang digunakan sebagai bagian dari interior Kafé 80’s Bocor Alus tidak hanya sebagai hiasan semata, tapi pengunjung bisa membeli koleksi tersebut. Benda koleksi milik Bayu mulai dari radio hingga perkakas rumah tangga.

Lagu-lagu yang diputar di Kafé 80’s Bocor Alus juga merupakan lagu-lagu Indonesia yang hits di era tahun 80 dan 90-an. Mungkin anak muda zaman sekarang tidak familiar dengan lagu-lagunya, tapi percayalah lagu-lagu Indonesia pada era itu tidak norak-norak banget kok. Jadi masih bisa dinikmati semua generasi.

Bangunan Kafé 80’s Bocor Alus cukup mencolok, terdiri dari tiga rumah Joglo dengan berbagai interior warna-warna dan berbagai coretan maupun tulisan-tulisan lucu berbahasa Indonesia maupun Jawa di setiap sudutnya. Tak jarang quotes yang ditulis bisa membuat baper bagi yang membacanya.

Penerangan di kafe ini menggunakan bohlam-bohlam warna kuning. Kebetulan kami datang selepas maghrib, suasana Kafé 80’s Bocor Alus terkesan romantis karena penerangannya yang temaram. Cocok bagi yang datang bersama pasangan.

Untuk menu makanan di Kafé 80’s Bocor Alus, sengaja diolah semirip mungkin dengan masakan rumahan. Ada sayur lodeh, sayur asem, tempe, hingga gorengan. Minuman seperti kopi dan teh tubruk juga dijual. Hampir semuanya dipatok dengan harga murah mulai Rp2.000 saja, jadi aman untuk kantong.

Kami pesan makanan ringan seperti nangka goreng dan onion ring crispy. Sedangkan minumnya kami sama-sama memesan es tape ketan. Total tagihan yang harus kami bayarkan untuk semua pesanan ternyata tidak sampai Rp40.000. Wah, senangnya! Harga yang bersahabat ditanggal yang menjelang dompet semakin menipis ini.

IMG20191116170115

Selain harga makanan yang murah, Kafé 80’s Bocor Alus juga buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB. Sangat cocok jadi tempat kumpul anak muda, juga orang-orang tua yang ingin bernostalgia.

Kafé 80’s Bocor Alus seperti mesin waktu, tempat ini bagi generasi 80-an bisa melemparkan kembali ke masa lalu. Sedangkan bagi anak muda, Kafé 80’s Bocor Alus membantu mereka untuk membayangkan bagaimana suasana di tahun 80-an.

IMG20191116192720

Suasana kafe yang dekat dengan persawahan dan jauh dari bisingnya kendaraan membuat betah untuk tinggal berlama-lama. Untuk yang hobi foto, Kafé 80’s Bocor Alus bikin betah, karena setiap sudut kafe ini instagramable dan unik untuk dijadikan spot foto. Bahkan jika tidak ada model, foto kamu akan tetap catchy karena setiap sudutnya memiliki ciri khas.

Nah, buat kalian yang ingin mencari tempat nongkrong yang unik dan nyentrik, Kafé 80’s Bocor Alus bisa dijadikan pilihan. Selain untuk melepas penat karena aktifitas sehari-hari, bisa juga untuk bernostalgia.

Load More Related Articles
Load More By Nurya Auris
Load More In Tempat Nongkrong