Jumat Kliwon, Jumat Berbudaya di Raminten Kaliurang

6 min read
0
137

genpijogja.com – Raminten Berbudaya Jumat Kliwon kembali diadakan pada Jumat (31/10) sore di pelataran Hamzah Batik Kaliurang. Bertemakan “Bali Jawi”, Jumat Kliwon sudah kesembilan kalinya meramaikan jalan Kaliurang Km.15,5 Ngemplak, Sleman, DIY.

Raminten Berbudaya Jumat Kliwon merupakan agenda selapanan setiap 35 hari sekali, yaitu di hari Jumat Kliwon dalam penanggalan Jawa. Acara Raminten Berbudaya Jumat Kliwon bekerja sama dengan sejumlah sanggar, salah duanya Sanggar Sekar dan Sanggar Kirana, sanggar yang mewadahi bakat para penari muda.

Raminten juga merangkul UMKM setempat untuk menjajakan kuliner tradisonal. Sedangkan dari Raminten Group sendiri membuka bazaar, seperti jamu, suvenir dan membatik.

Jumat Kliwon, Jumat Berbudaya di Raminten Kaliurang
Jumat Kliwon, Jumat Berbudaya di Raminten Kaliurang

Dikemas ramah anak, Raminten Berbudaya Jumat Kliwon #9 menjadi tempat kumpul bocah dari berbagai sekolah dasar. Aneka lomba khas 17-an dan pentas seni dari adik-adik sekolah dasar turut mewarnai suasana Raminten Berbudaya Jumat Kliwon.

Salah duanya adalah peserta dari SDN Jetis dan SDN Candirejo yang mengikuti lomba pecah balon. Lomba tersebut menuai gelak tawa penonton, karena balon tak kunjung meletus meski didekap erat-erat. Ada pula lomba memainkan gasing, yang dimenangkan peserta laki-laki karena lebih unggul memainkan gasing.

Selain uji kekompakan dan ketangkasan, para peserta lomba dari berbagai sekolah dasar di sekitar Kaliurang turut unjuk kebolehan. Sejumlah tarian kreasi baru ditampilkan oleh penari belia, berkostum warna-warni, gemulai membius mata.

Jumat Kliwon, Jumat Berbudaya di Raminten Kaliurang
Jumat Kliwon, Jumat Berbudaya di Raminten Kaliurang | Ibu-Ibu Joget Kewer-Kewer

Orang tua yang ikut mendampingi anak-anaknya, tak mau kalah. Ditantang minum Brotowali dan joget Kewer-kewer, para orang tua pun antusias berpartisipasi memeriahkan Raminten Berbudaya Jumat Kliwon. Bingkisan hadiah pemenang memang tidak seberapa, namun sudah cukup membuat para orang tua merasa awet muda.

Raminten Berbudaya Jumat Kliwon merupakan puncak acara dari keseluruhan atraksi seni yang dipentaskan karyawan Raminten Group. Jika biasanya pengunjung hanya dapat menyaksikan drama tari setiap akhir pekan, khusus Jumat Kliwon, semua tarian yang dinantikan bisa langsung ditonton seharian.

Jumat Kliwon, Jumat Berbudaya di Raminten Kaliurang
Jumat Kliwon, Jumat Berbudaya di Raminten Kaliurang | Miss Raminten dan Punakawan

Raminten identik dengan wanita paruh baya yang anggun mengenakan kebaya. Ikon Raminten tersebut menarik perhatian pengunjung karena sebenarnya adalah seorang pria yang berdandan sedemikian rupa, menyerupai wanita.

Pada perhelatan Raminten Berbudaya Jumat Kliwon ini, sosoknya dapat ditemukan dengan mudah. Kebaya merah bawahan jarik dengan belahan tinggi, Miss Raminten tampil paripurna. Cantik dan menggelitik, Miss Raminten menjadi daya tarik tersendiri, sekaligus sebagai ikon yang ramai diajak selfie.

Pukul 16.00 WIB tepat, waktunya Ogoh-Ogoh Raminten menjadi pusat perhatian. Ogoh-ogoh berdiameter sekitar 3 meter tersebut berwujud Hanoman, kehadirannya diawali kemunculan Tari Naga dan penari serupa Reog. Para pengunjung pun tergopoh-gopoh memadati tepi jalan tak mau ketinggalan. Aktivitas sepanjang jalan Kaliurang Km.15,5 dihentikan sejenak demi memberi jalan bagi Sang Hanoman. Aparat kepolisian dan pihak keamanan berperan dalam lancarnya pentas Ogoh-Ogoh Raminten tersebut.

Dalam waktu dekat, drama tari Sang Hanoman akan ditampilkan rutin setiap akhir pekan di The Waroeng of Raminten Kaliurang. Selain sebagai variasi drama tari persembahan Raminten, harapannya bagi pengunjung yang tertarik, tak perlu menunggu sebulan sekali untuk menonton Sang Hanoman.

Jumat Kliwon, Jumat Berbudaya di Raminten Kaliurang
Jumat Kliwon, Jumat Berbudaya di Raminten Kaliurang | Joget Tik-Tok dulu yok!

Raminten Berbudaya Jumat Kliwon diakhiri dengan drama tari Panen Raya, flash mob Panen Raya, prosesi kembalinya Ogoh-ogoh Raminten dan rebutan Gunungan buah-buahan. Baik penari maupun pengunjung bersuka cita atas rangkaian acara Raminten Berbudaya Jumat Kliwon.

Selain Kawasan Raminten Berbudaya yang konsisten menampilkan drama tari dan kirab budaya, Raminten Group juga bergerak di bidang kuliner, kafe dan batik. Mulai dari Bakpia Raminten: Oleh-oleh Jogja, Raminten Boutique & Cafe: The Real Premium Taste of a Lifestyle dan The Praja Coffe & Resto, one stop shopping tempat nongkrong andalan mahasiswa yang terletak di seberang Hamzah Batik Kaliurang.

Untuk restoran, pengunjung dapat memilih antara The House of Raminten Kotabaru atau The Waroeng of Raminten Kaliurang. Keduanya menyajikan kuliner khas Jawa dengan nama-nama dan tampilan unik, berikut interior yang asri memanjakan mata.

Baca juga artikel tentang Raminten atau tulisan menarik lainnya Farras.
Load More Related Articles
Load More By hsnfarra
Load More In Event