Jogja VolksWagen Festival 2022 Sapa Pecinta Otomotif

6 min read
0
27

genpijogja.com – Helatan tahun kelima Jogja VolksWagen Festival (JVWF) 2022 di pelataran Candi Prambanan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta resmi dibuka pada Sabtu malam (17/07).

Opening ceremony JVWF diisi oleh sambutan dari Head Manager VolksWagen Club Yogyakarta Sumartoyo, Ketua Umum VolksWagen Indonesia Nanan Soekarna, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, dan Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho.

Puluhan mobil VW dipamerkan di JVWF 2022.

“Semoga klub VolksWagen Yogyakarta semakin solid,” tutur Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho.

JVWF # Usung Konsep Hybrid

Mengusung konsep hybrid, JVWF terbagi menjadi tujuh titik dengan kuota maksimal 150 orang per zona. Display VW memamerkan puluhan mobil VW klasik hingga kustom. Sejumlah mobil Porsche juga dipamerkan dengan seri tertua tahun 1951. Kolektor VW dari mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Australia, Eropa, dan Amerika turut menampilkan 40 koleksinya secara virtual melalui layar digital 360.

JVWF 2022 yang bertajuk “Long Time No See” kembali menyapa pencinta otomotif lewat berbagai kontes. Ajang utama Show & Shine mewadahi para builder dan owner VW berpengalaman untuk adu kreativitas dan keahlian untuk menciptakan karya seni mobil VW.

Kontes kelas advance ini mendapatkan kesempatan tampil dalam Web Virtual Tour JVWF serta ulasan di Youtube 360 JVWF. Selain itu, media otomotif nasional dan internasional ternama juga meramaikan Show & Shine dengan penghargaan spesial.

Para pemenang dengan kategori Best 10, Best Pick, People Choice, dan Best of Kings akan masuk dalam JVWF Virtual Hall of Fame yang dapat disaksikan publik bahkan setelah penyelenggaraan JVWF selesai.

Apa itu Kontes Rookies Show & Shine?

Tahun ini JVWF perdana mengadakan kontes Rookie Show & Shine, yakni lomba bagi kelas builder pemula dan pemilik mobil Volkswagen yang belum pernah mengikuti kontes. Sejumlah 40 mobil VW bertanding dan memperebutkan Piala Bergilir Paku Alam X. Adanya kontes ini merupakan hasil audiensi dengan Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Pakualam X. Tujuannya agar bakat terpendam dan karya hidden gems dari para pemain baru mobil VW dapat memperkaya dunia otomotif kreatif Indonesia.

Bergeser dari venue display VW menuju venue music, JVWF 2022 menampilkan The Nameks, band beraliran funk & soul asal Bali yang membuka gelaran JVWF hari pertama.

The Nameks mengajak para penonton berjoget lewat lagu “Crazy Cidomo”, “Duh Mill’a”. Visual warna-warni, tata cahaya apik, dan alunan music The Nameks sangat menarik dan asik untuk berdansa dan bernyanyi bersama. Sejumlah penonton pun diajak ke atas panggung lalu diajari menari khas Papua oleh Iwanouz vokalis The Nameks.

Bapak Reggae Indonesia, julukan bagi Tony Q Rastafara yang ‘turun gunung’ menyapa para penggemarnya sukses memanaskan panggung JVWF Music Festival 2022. Membawakan lagu “Don’t Worry U… Yeah”, “Ngayogjokarto”, dan “Republik Sulap”, aksi panggung Tony Q disambut meriah oleh penonton.

Suara khas musisi ‘rambut gimbal’ yang bermusik sejak 1989 ini tuntas mengobati kerinduan para penikmat musik reggae di Jogja.

Lokasi, Jadwal & Performance JVWF #5 Hari Kedua

JVWF berlangsung sejak Sabtu, 16 Juli hingga Minggu, 17 Juli 2022 di pelataran Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berkonsep hybrid, JVWF tahun ini diramaikan dengan jual-beli jual-beli part, merchandise, serta pernak-pernik otomotif selama acara berlangsung.

Karnaval Performer Art yang dimeriahkan oleh Danudjaditya, Lawrider, A6 Ensemble, Archiblues, Bekubang, Des Basito, Los Fungos, Nosca, Philanthropist, Riinggrootzz, Semsbreak, The Son, Vero.BK and the Tumbleboys, Blend.id, Dua Lima Dua Puluh, The Jealous Guys, Kronconk E, dan sejumlah komunitas seni Indonesia Reggae Community, Perempuan Berkebaya Indonesia, Sanggar Pawojongan Creative, serta Tumandang Nyambut Gawe turut menghadirkan spirit seni budaya yang diselaraskan dengan gelaran otomotif.

Ada juga Food Truck & Foud Court dari berbagai UMKM Jogja.

Panggung JVWF Music Festival hari kedua (17/07) dimeriahkan dengan penampilan dari King Masmus, Ipang Lazuardi, dan ditutup oleh Sheila On 7. Sampai jumpa di JVWF @jogjavwfestival selanjutnya!

Load More Related Articles
Load More By Farras Hasna Taqiyya
Load More In Event