Jogja Cross Culture 2019, Jadwal dan Info Lengkap Yang Kamu Perlu Tahu

6 min read
0
236

Julukan Yogyakarta sebagai kota budaya bukan hanya karena kota ini melahirkan banyak seniman, tapi juga karena Yogyakarta menghidupkan ruang-ruang agar seniman bisa bertumbuh dan berkarya. Spirit itu yang kemudian menjiwai Jogja Cross Culture.

Jogja Cross Culture sebuah pilot project gerakan budaya hasil partnership  antara komunitas para budayawan dan seniman muda Jogja dengan Pemerintah Kota Yogyakarta akan digelar pada 3 dan 4 Agustus 2019 di Titik 0 Kilometer Jogjakarta.

Jogja Cross Culture 2019
Jogja Cross Culture 2019

Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta menggandeng komunitas seniman-seniman muda Jogja menyusun Program Jogja Budaya. Program ini sejatinya adalah sebuah gerakan berbasis budaya dan mengusung pula semangat Gandeng Gendong yang diluncurkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.

Gandeng Gendong adalah perwujudan filosofi gotong royong berbagai elemen masyarakat yang terbagi menjadi 5 K: Kota, Kampung, Kampus, Komunitas dan Korporat. Khususnya bagi Jogja, elemen ini ditambah dengan satu lagi elemen yang sakral yaitu Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Ir. Eko Suryo Maharsono, MM selaku Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta menyampaikan bahwa tugas di kebudayaan adalah melakukan pembinaan. Baik untuk para pelaku seni dan juga masyarakat. Beliau mengungkapkan bahwa acara ini juga mengetengahkan hakikat dari kebudayaan di Yogyakarta. Budaya yang telah menyesuaikan dengan perkembangan zaman tetapi ruhnya tidak berubah.

Program ini kemudian mulai diperkenalkan pada elemen masyarakat lainnya. Pada elemen Kampung, 14 Kecamatan di Kota Yogyakarta bergabung dan terlibat langsung di beberapa rangkaian acara, seperti pembuatan Jenang Khas Kota Yogyakarta yang diberi nama Jenang Golong Gilig, yang akan dilaunching di acara tersebut.

Perwakilan wilayah ini akan terlibat pula dalam penampilan tari rakyat yang juga digelar tepat di Titik 0 Kilometer Jogjakarta secara bersama-sama dengan kolaborasi penampilan dalam Njoged Njalar.

Keterlibatan lain dari perwakilan wilayah ini juga pada aktivitas yang mengedepankan edukasi sejarah, dikemas dalam tajuk Historical Trail Njeron Benteng. Aktivitas yang terbuka untuk umum ini mengajak pesertanya menyusuri tempat-tempat bersejarah Njeron Benteng.

Jogja Cross Culture 2019
Jogja Cross Culture 2019

Kampus, sebagai titik temu dari banyak budaya pun diusung sebagai ruang persiapan Cross Culture Performance. Gelaran acara di tanggal 4 Agustus 2019 juga akan diisi dengan launching program Gandhes Luwes dari pemerintah Kota Yogyakarta. Puncaknya adalah Historical Orchestra dan Cross Culture Performance yang mengharmonisasikan karawitan, musik orchestra, choir dan seniman-seniman Jogja yang berkolaborasi dengan seniman internasional di satu panggung.

Representasi akar budaya Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dihadirkan lewat Tepas Keprajuritan akan berpartisipasi juga di Cross Culture Performance.

Bukan hanya itu, elemen Komunitas juga terlibat dalam program ini, mulai dari komunitas seni musik, tari, visual, juga bergabung pada program ini komunitas permainan tradisional, multimedia dan forum-forum masyarakat online Jogja. Komunitas-komunitas ini mewakili budaya tradisi juga budaya kekinian.

“Istimewanya lagi, di Jogja terjadi saling silang budaya sejak awal berdirinya Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat dan semuanya mampu berkembang dan bersanding. Inilah kemudian menciptakan sebuah melting pot budaya dalam satu kota. Tepat kiranya, Jogja menjadi bagian dari Kota Budaya Dunia,” jelas RM Altiyanto Henryawan, Program Director Jogja Cross Culture.

Lintas budaya dalam rentetan era akan dipresentasikan pada tanggal 3 Agustus 2019 dalam penampilan Wayang Kota. Ini merupakan kolaborasi Wayang Ukur yang diperkenalkan oleh Maestro Wayang Sigit Sukasman dengan lima dalang generasi milenial, dengan lakon Kancing Jaya.

Jogja Cross Culture 2019
Jogja Cross Culture 2019

JADWAL ACARA JOGJA CROSS CULTURE 2019:

Sabtu, 3 Agustus 2019:

15:00 WIB Festival Jamu dan Kuliner – JAMFEST

19:30 WIB PAMBUKA

20:00 WIB WAYANG KOTA – Wayang Ukur dengan lakon KANCING JAYA

Minggu, 4 Agustus 2019:

08:00 WIB Historical Trail – JERON JOURNEY

10:00 WIB JOGJA SKETSA bersama MAESTRO

12:00 WIB KERONCONG PARAMUDA

15:00 WIB Dolanan Bocah – nJOBO LATAR

16:00 WIB nJoged nJalar – JOG JAG NONG

19:30 WIB Historical Orchestra – SELARAS JUANG

20:30 WIB CELEBRATION (Launching GANDHES LUWES; Launching JENANG GOLONG GILIG; Road to JOGJA CROSS CULTURE 2020)

21:00 WIB Cross Culture Performance – réUnèn

Baca juga artikel menarik lainnya pacarkecilku.

Load More Related Articles
Load More By pacarkecilku
Load More In News