Jawara Jakarta Goes to Prambanan Jazz Festival 2021 Telah Dimulai

6 min read
0
60

genpijogja.com – Setelah tahun lalu Prambanan Jazz sukses hadirkan program pencarian bakat bertajuk: “Borneo Goes to Prambanan Jazz Festival 2021”, tahun ini Prambanan Jazz Kembali hadirkan program serupa.

Di edisi yang ke-8 ini, Prambanan Jazz Festival bekerja sama dengan Telkom Regional 2 dan 3 untuk menggelar sebuah program ajang pencarian bakat yang bertajuk “JAKARTA menuju Prambanan Jazz Festival 2022”, untuk wilayah Banten, Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi, dan Bogor (Telkom Regional 2). Dan untuk wilayah Jawa Barat (Telkom Regional 3) mengusung “JAWARA menuju Prambanan Jazz Festival 2022”.

Jawara - Jakarta Menuju Prambanan Jazz 2022
Jawara – Jakarta Menuju Prambanan Jazz 2022

Prambanan Jazz sebagai festival musik yang mengusung semangat kolaboratif, selalu berusaha menyajikan beragam hal yang cukup segar. Salah satunya dengan menampilkan musisi-musisi baru potensial yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Festival Pendaftaran JAWARA menuju Prambanan Jazz dibuka pada tanggal 6 sampai 21 April 2022 dan proses penyisihan berlangsung hingga tanggal 6 Juni 2022. Sedangkan JAKARTA menuju Prambanan Jazz Festival dibuka pada tanggal 6 sampai 21 April 2022 dengan proses penyisihan berlangsung hingga tanggal 18 Juni 2022.

Para peserta bisa mendaftar di website www.ikonser.id disertai 2 video (video klip atau live session) dan persyaratan lain yang terdapat dalam formular registrasi. Peserta adalah musisi/band yang berdomisili di setiap regional, dibuktikan cukup dengan 1 KTP dan terbuka untuk seluruh genre musik dan jenis penampil musik (solo, duo, band, dan sejenisnya) yang sesuai dengan karakter festival.

Para peserta diharapkan telah memiliki 2 karya orisinal dalam bentuk video musik (klip) atau video live session. Untuk seleksi awal 1 peserta cukup submit 1 karya. Seluruh peserta yang mendaftar akan melalui proses kurasi oleh promotor Prambanan Jazz Festival dan akan terpilih maksimal 100 peserta terbaik.

Jawara - Jakarta Apa itu Jawara Jakarta Prambanan Jazz 2022
Jawara – Jakarta Apa itu Jawara Jakarta Prambanan Jazz 2022

Peserta akan melalui 3 tahapan babak acara. Pada babak 1 video peserta yang sudah disubmit akan langsung ditayangkan pada kanal youtube iKonser Channel selama periode 5-15 Mei 2022 untuk Telkom Regional 3 (Jawa Barat) dan periode 17-27 Mei 2022 untuk Telkom Regional 2 (Banten, Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi, dan Bogor).

Selanjutnya Promotor akan memilih 20 band/peserta berdasarkan viewers tertinggi dan engagement YouTube iKonser Channel, kemudian 20 peserta yang lolos mengikuti babak 2 dari setiap regional tersebut, wajib mengirimkan tambahan 1 karya orisinal dalam bentuk video dan akan ditayangkan secara terjadwal pada program iKonser Channel IndiHomeTV.

Jadwal penayangan akan diinfokan melalui Instagram @ikonserchannel. Kemudian 10 peserta dengan viewers terbanyak di iKonser Channel IndiHomeTV akan mengikuti babak final pada tanggal 6 Juni 2022 untuk Telkom Regional 3 (Jawa Barat) dan 18 Juni 2022 untuk Telkom Regional 2 (Banten, Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi, dan Bogor).

Jawara - Jakarta Syarat & Ketentuan Prambanan Jazz 2022
Jawara – Jakarta Syarat & Ketentuan Prambanan Jazz 2022

Babak final akan dilaksanakan secara Tapping melalui iKonser Channel IndiHomeTV untuk menentukan siapa yang akan tampil di Prambanan Jazz Festival 2022.

“Semua musisi dalam program Jawara menuju Prambanan Jazz Festival 2022 dan Jakarta menuju Prambanan Jazz Festival 2022 memiliki hak dan porsi yang sama untuk tampil, kami juga sepakat untuk mengedepankan aspek regenerasi dalam program ini”, tutur Yanuadi Unggun, Project Manager Jawara | Jakarta menuju Prambanan Jazz Festival 2022.

Dua pemenang dari setiap regional (Telkom Regional 2&3) akan tampil secara langsung di Prambanan Jazz Festival 2022 dengan membawakan setidaknya 4 karya orisinil.

”Dengan adanya ’JAKARTA menuju Prambanan Jazz Festival 2022’ dan ‘JAWARA menuju Prambanan Jazz Festival 2022’ ini diharapkan akan muncul nama-nama baru dari setiap regional JAKARTA dan JAWARA yang berkilau di belantika musik Indonesia”, ujar Anas Syahrul Alimi, CEO Prambanan Jazz Festival. “Tidak hanya regional tersebut, nantinya seluruh daerah di Indonesia juga akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa tampil di Prambanan Jazz Festival, maupun tayangan-tayangan di iKonser Channel”, lanjut Anas.

Sejak pertama kali digelar pada 16 Oktober 2015, Prambanan Jazz Festival (PJF) tidak pernah absen menghadirkan perhelatan musik tahunan berskala internasional yang selalu digelar di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta, dengan memadukan festival musik jazz internasional dan warisan agung dari Candi Prambanan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Prambanan Jazz Festival digelar dengan konsep hybrid.

 

Load More Related Articles
Load More By pacarkecilku
Load More In News